Generasi Muda Bisa Mengubah ‘Dunia’

Posted by with 7 comments
Emang bisa apa sih anak muda tuh? Pengalaman dikit, uang nge-pas, sibuk pacaran dan sibuk ma tugas sekolah? Anak muda bisanya cuma nge-galau, nggak punya prinsip daaaan nggak bisa peka ama masalah sosial.

Ah...masa’ sih?

Sukses Bikin Brownies Kukus Ny. Liem

Posted by with 1 comment
Udah berkali-kali bikin brownis gagal. meski takaran bahan dan resep udah pas, masiiiih juga gagal. hm...berhubung adek ada acara lamaran. Saya tantang diri lagi deh mencoba bikin brownis lagi. kan kelihatan elegant githu hantaran buat lamaran ada brownisnya. pasti yang nerima seneng, yakin banget deh, nyoklatnya itu disukai semua kalangan. Tua, muda, remaja dan apalagi anak-anak? mumpung juga nih bahan kue dan aneka coklat di lemari numpuk.

Pohon, ‘Sahabat’ Nabi Muhammad Masih Hidup

Posted by with 2 comments
Temaaan, Rasulullan hidup ribuan tahun yang lalu. Percaya nggak sih, ada peninggalan jejak Nabi yang sampai saat ini masih ada? Yakni, pohon. Hm…ada yang tau?

Dulu, ketika nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan menuju Syam bareng Maisarah (pembantu Sayyidatuna Khadijah Ra) untuk berdagang. Nabi kecapekan dan istirahat di bawah sebuah pohon. Saat Nabi berada di bawah pohon, dahan dan ranting-ranting pohon bergerak menaungi beliau dan panasnya terik matahari.

Inilah Pengisi Suara Masha

Posted by with 24 comments
Masha and The Bear. Film kartun yang disukai kedua anak saya. Nggak bosan lihat kegokilan Masha. Lucu, imut, banyak tingkah dan animasi kartunya keren banget. Bukan hanya anak saya, mungkin banyak penonton lain dari kalangan dewasa yang suka Masha. Saking senengnya, anak perempuan saya punya dua baju bergambar Masha. Hihi...


Penasaran nggak sih, suara siapa dibalik sosok kartun masha yang lucu bin ngegemesin itu? 

Ingin Tidur Nyenyak? Minum Susu Sapi Segar!

Posted by with 7 comments
Sudah dua hari ini saya mengkonsumsi susu sapi segar saat berbuka puasa. Awalnya, hanya iseng beli minuman susu sapi segar yang kini menjamur di pasaran. Susu sapi segar yang dijual ala gerobakan ternyata menarik konsumen yang berlalu lalang di jalan termasuk suami saya. 
Kok rameee? 
Seenak apa sih susunya? 
Begitulah alasan suami beli susu sapi segar, penasaran!

Credit

Waspada Terhadap 3 Godaan Saat Ramadhan

Posted by with 1 comment
Bulan Ramadhan selalu dinanti umat Islam, keberkahan dan pahala kebaikan yang berlipat ganda menjadi magnet dalam berlomba menjalankan ibadah wajib maupun sunnah. Seorang muslim wajib berpuasa, menahan diri dari makan dan minum mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan syarat tertentu, untuk meningkatkan ketakwaan.

Euforia memasuki awal bulan Ramadhan begitu terasa, kita menyambut kehadiran bulan suci dengan suka cita. Setan-setan Dibelenggu, Pintu-pintu Neraka Ditutup dan Pintu-pintu Surga Dibuka. Betapa bahagianya umat Islam sedunia bisa merasakan nikmatnya bulan suci Ramadhan.

Tanpa kita sadari, sebenarnya ketakwaan seorang muslim pada bulan Ramadhan benar-benar diuji, tidak sekedar menahan lapar dan haus saat berpuasa namun juga dalam menjalani ibadah lainnya. Banyak sekali godaan-godaan yang mengintai fokus kita dalam mencari keberkahan bulan Ramadhan. Godaan apa saja itu? sebagai seorang muslimah dan ibu rumah tangga, saya kadang tergoda dengan 3 hal berikut; 


Menikmati Speedy Instan Kediri

Posted by
Kangen rasanya berlama-lama didepan laptop yang terkoneksi internet. Meski di rumah punya modem, beda kecepatan kerja jari ini. Di rumah suka nggak fokus. Lihat tepung pengen nge-baking, lihat cucian numpuk tergoda untuk nyuci.

Kreasi Kolak Pisang yang Mendunia

Posted by with 2 comments
Bicarain kolak pisang jadi kebayang ya nuansa Ramadhan? Yah…sebentar lagi kita memasuki bulan puasa. Emak-emak udah pada siapin menu belum?

Si Pengobar Spirit itu Telah Tiada

Posted by
Mudrika Ilma


Rabu, 13 Mei 2014 kau telah berpulang. Aku ngerti kabar itu di hari Kamis. Baca status berseliweran bela sungkawa atas kepergianmu. Aku masih belum percaya, Mud. Apa berita ini beneran? Aku pun menemukan kronologi kejadian detik-detik kepergianmu. Allah lebih menyayangimu, Mud. Allah tidak ingin kau merasakan sakit yang bisa saja kambuh di lain waktu.

TB Bisa Disembuhkan Tanpa ‘Benda Keramat’

Posted by with 2 comments
Lima tahun silam, dunia medis dikejutkan oleh kehadiran bocah ajaib. Ia memiliki batu petir sakti yang dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Hm, masih ingat dengan Ponari, ‘Si dukun cilik’ asal Jombang? Saat Ponari lagi naik daun, masyarakat (terutama dari desa) berduyun-duyun ikut antri. Perjalanan ratusan kilo meter ditempuh untuk mendapatkan air yang sudah dicelupkan batu milik Ponari. Kok bisa ya? tanpa minum obat secara rutin, seteguk air tersebut bisa menyembuhkan berbagai penyakit?

Rona Bahagia di Wajah Warga Desa Tegalwaru

Posted by


Gambar dari sini

Beberapa tahun lalu tidak ada yang istimewa dari desa Tegalwaru. Sebagian perempuan di sana memilih untuk menikah dini dan banyak anak-anak yang putus sekolah. Para pelaku bisnis seakan mati suri karena terkendala modal dan pemasaran. Bermula tahun 2006, desa ini menjelma menjadi lumbung berbagai produksi pertanian serta wirausaha. Ajaib! Apa yang terjadi dengan desa Tegalwaru?


Dulu Jaya sekarang ‘Sengsara’, apa sebabnya?

Posted by
Gambar pinjam


Begitu kerasnya kehidupan? Sampai-sampai saya juga pernah ‘merasa’ ketakutan menghadapi masa depan. Tapi sungguh, dari temuan kisah hidup orang-orang sekitar saya yang kini masih mencari sebongkah berlian akan memantik semangat saya untuk terus berkarya dan merajut kesejahteraan di usia muda.

Menikmati Hari Tua dengan Merumput

Posted by
Namanya Mbah Gemi dan Mbah Jan, sepasang suami istri yang sering membantu saya ‘merumput’ di pekarangan belakang rumah. Keduanya selalu semangat merumput untuk memenuhi jatah makan 3 ekor kambing milik mereka.



Sejak dulu hingga sekarang, tanah di sekitar rumah memang sangat subur, dalam seminggu rumput sudah memenuhi pekarangan. Kalau urusan merumput, saya dan suami kurang telaten bersih-bersih. Biasanya, saya memanggil pak Sajid yang pekerjaannya membersihkan kebun. Hanya membayar 20 ribu sudah beres dan tidak capek.

Obat TB gratis, Semangat Untuk Sembuh

Posted by with 3 comments
Di saat kita sakit, siapa yang jadi orang pertama mengingatkan kita untuk minum obat? Ayah, ibu, suami, atau anak? Orang-orang terdekat lah yang jadi ‘alarm’, pengingat jadwal untuk minum obat. Di balik perhatian itu, keluarga punya harapan yakni pengen kita cepet sembuh dan bisa senyum lagi menikmati hari-hari.
“Dek, udah diminum obatnya?” kalimat yang kerap disampaikan suami pada saya saat sedang sakit demam, kadang-kadang anak saya yang masih balita juga turut serta berceloteh ria menanyakan hal yang sama.

Sehari Tanpa Internet? Gak Mati Gaya!

Posted by
Loading google di hape lagi lemot. Melototin layar hape sampai mata pedes, nggak berhasil juga. Owh, ternyata kuota data internet sudah habis. Kirain sinyal jaringan yang susah didapat? Hiks....

Dalam posisi ‘urgent’ kayak gini, internet nggak terkoneksi? Saya kerap dilanda galau. Gejolak batin saling beradu, “Iiissh, perasaan belum ada satu bulan ngisi pulsa, kok sekarang sudah habis kuotanya?” Kalau sudah seperti ini, saya wajib ‘puasa’ internet. Minimal sehari. Malu, kalau langsung nodong suami lagi, kan dapetnya jatah internet bulanan? Hehe….

Tentukan Pilihanmu

Posted by with 1 comment
Sejak subuh, saya udah niatin mau ke calon sekolahan Azzam. Deg degan juga sih, karena kayak nggak tega githu bocahku sudah harus sekolah jauh-jauh.

Si Zam yang lagi mati gaya *cibiiiiy*hihi

Trauma Healing For Kelud (Part 2)

Posted by
Ahad, 23 Februari 2014
Pukul 04.00 saya udah jumpalitan dengan kerjaan rumah. Target-nya sih pukul 05.00 bisa berangkat ke rumah mb Kenzie di Plaosan, Wates. Lebih pagi kan lebih baik. Biar bisa bantu nyiapin 500 bungkusan snack untuk adik-adik, acara akan dimulai pukul 10.00, jadi panitia harus stand by di sana harus pukul 09.00 


500 bingkisan yang akan dibagikan ke adik-adik
Apalagi, temen-temen dari jauh pada begadang. Kan masih capek? Mb Rochma yang sempet mengeluhkan pusing, gara-gara nggak tidur di kereta karena ketemu si brondong, jahit bonjar (boneka jari), ditambah bau durian (kak Maya sih makan durian sebanyak 2 buah, ih kok kuat sih), saking sukanya kali ya. padahal udah saya bantuin habisin loh. Hihihi…*map deh mb Rochma, ente jadi pusing 
Boneka jari yang dibuat Mb Rochma saat perjalanan di kereta menuju Kediri


Trauma Healing For Kelud (Part 1)

Posted by
Kota Kediri Jawa Timur di tahun 2014 makin dikenal banyak orang. Kabar apa yang bikin cetar akhir-akhir ini? apalagi kalau bukan tentang erupsi Kelud. Di tahun 2007, sebenarnya Kelud mau ‘lairan’ juga lho. Jauh-jauh hari, pengungsi sudah diboyong ke sana sini. Tapi, nyatanya nggak jadi erupsi. Erupsi tahun ini punya kenangan sendiri bagi saya, sebuah pengalaman yang nggak akan pernah terlupakan, bersama kawan maya yang care banget terhadap misi kemanusiaan.

Awalnya, program ini hanya sekedar memberikan bantuan masker dan logistik kepada para pengungsi Kelud. Bertajuk “Sejuta Masker untuk Kelud”. Penggalangan dana yang digawangi teman-teman IIDN ini merangkul semua anggota untuk berbagi. Mb Sri Rahayu sebagai koordinator, aktif online ngajak teman-teman untuk berbagi. Sebagai orang Kediri, saya ingin bergabung di tim.

Kelud-kelud Pasir

Posted by
Tiga hari yang lalu, gunung Kelud meletus. Dari baca judulnya, mungkin temen-temen pada bingung, ya? Kok kelud-kelud pasir? Kelud berasal dari bahasa Jawa yang artinya membersihkan. Jadi selama dua hari ini, saya dan para tetangga juga masih sibuk membersihkan pasir kiriman Kelud.

Sehari sebelum meletus, Kelud masih siaga 3. Saat suami ke sana, masih banyak para petani yang bercocok tanam meskipun lokasi desa tersebut hanya berjarak radius 10 m dari puncak Kelud. Belum ada tanda-tanda yang tampak kalau beberapa jam lagi akan meletus. Begitulah kelud, selama 4 kali meletus selalu suka bikin kejutan. Tahun 1901, 1919, 1990 (waktu saya masih kecil, usia 4 tahun) dan kini tahun 2014. Pihak PVMBK sulit memprediksi dengan pasti.