Si Pengobar Spirit itu Telah Tiada

Posted by
Mudrika Ilma


Rabu, 13 Mei 2014 kau telah berpulang. Aku ngerti kabar itu di hari Kamis. Baca status berseliweran bela sungkawa atas kepergianmu. Aku masih belum percaya, Mud. Apa berita ini beneran? Aku pun menemukan kronologi kejadian detik-detik kepergianmu. Allah lebih menyayangimu, Mud. Allah tidak ingin kau merasakan sakit yang bisa saja kambuh di lain waktu.

TB Bisa Disembuhkan Tanpa ‘Benda Keramat’

Posted by with 2 comments
Lima tahun silam, dunia medis dikejutkan oleh kehadiran bocah ajaib. Ia memiliki batu petir sakti yang dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Hm, masih ingat dengan Ponari, ‘Si dukun cilik’ asal Jombang? Saat Ponari lagi naik daun, masyarakat (terutama dari desa) berduyun-duyun ikut antri. Perjalanan ratusan kilo meter ditempuh untuk mendapatkan air yang sudah dicelupkan batu milik Ponari. Kok bisa ya? tanpa minum obat secara rutin, seteguk air tersebut bisa menyembuhkan berbagai penyakit?

Rona Bahagia di Wajah Warga Desa Tegalwaru

Posted by


Gambar dari sini

Beberapa tahun lalu tidak ada yang istimewa dari desa Tegalwaru. Sebagian perempuan di sana memilih untuk menikah dini dan banyak anak-anak yang putus sekolah. Para pelaku bisnis seakan mati suri karena terkendala modal dan pemasaran. Bermula tahun 2006, desa ini menjelma menjadi lumbung berbagai produksi pertanian serta wirausaha. Ajaib! Apa yang terjadi dengan desa Tegalwaru?


Dulu Jaya sekarang ‘Sengsara’, apa sebabnya?

Posted by
Gambar pinjam


Begitu kerasnya kehidupan? Sampai-sampai saya juga pernah ‘merasa’ ketakutan menghadapi masa depan. Tapi sungguh, dari temuan kisah hidup orang-orang sekitar saya yang kini masih mencari sebongkah berlian akan memantik semangat saya untuk terus berkarya dan merajut kesejahteraan di usia muda.

Menikmati Hari Tua dengan Merumput

Posted by
Namanya Mbah Gemi dan Mbah Jan, sepasang suami istri yang sering membantu saya ‘merumput’ di pekarangan belakang rumah. Keduanya selalu semangat merumput untuk memenuhi jatah makan 3 ekor kambing milik mereka.



Sejak dulu hingga sekarang, tanah di sekitar rumah memang sangat subur, dalam seminggu rumput sudah memenuhi pekarangan. Kalau urusan merumput, saya dan suami kurang telaten bersih-bersih. Biasanya, saya memanggil pak Sajid yang pekerjaannya membersihkan kebun. Hanya membayar 20 ribu sudah beres dan tidak capek.

Obat TB gratis, Semangat Untuk Sembuh

Posted by with 3 comments
Di saat kita sakit, siapa yang jadi orang pertama mengingatkan kita untuk minum obat? Ayah, ibu, suami, atau anak? Orang-orang terdekat lah yang jadi ‘alarm’, pengingat jadwal untuk minum obat. Di balik perhatian itu, keluarga punya harapan yakni pengen kita cepet sembuh dan bisa senyum lagi menikmati hari-hari.
“Dek, udah diminum obatnya?” kalimat yang kerap disampaikan suami pada saya saat sedang sakit demam, kadang-kadang anak saya yang masih balita juga turut serta berceloteh ria menanyakan hal yang sama.

Sehari Tanpa Internet? Gak Mati Gaya!

Posted by
Loading google di hape lagi lemot. Melototin layar hape sampai mata pedes, nggak berhasil juga. Owh, ternyata kuota data internet sudah habis. Kirain sinyal jaringan yang susah didapat? Hiks....

Dalam posisi ‘urgent’ kayak gini, internet nggak terkoneksi? Saya kerap dilanda galau. Gejolak batin saling beradu, “Iiissh, perasaan belum ada satu bulan ngisi pulsa, kok sekarang sudah habis kuotanya?” Kalau sudah seperti ini, saya wajib ‘puasa’ internet. Minimal sehari. Malu, kalau langsung nodong suami lagi, kan dapetnya jatah internet bulanan? Hehe….

Tentukan Pilihanmu

Posted by with 1 comment
Sejak subuh, saya udah niatin mau ke calon sekolahan Azzam. Deg degan juga sih, karena kayak nggak tega githu bocahku sudah harus sekolah jauh-jauh.

Si Zam yang lagi mati gaya *cibiiiiy*hihi

Trauma Healing For Kelud (Part 2)

Posted by
Ahad, 23 Februari 2014
Pukul 04.00 saya udah jumpalitan dengan kerjaan rumah. Target-nya sih pukul 05.00 bisa berangkat ke rumah mb Kenzie di Plaosan, Wates. Lebih pagi kan lebih baik. Biar bisa bantu nyiapin 500 bungkusan snack untuk adik-adik, acara akan dimulai pukul 10.00, jadi panitia harus stand by di sana harus pukul 09.00 


500 bingkisan yang akan dibagikan ke adik-adik
Apalagi, temen-temen dari jauh pada begadang. Kan masih capek? Mb Rochma yang sempet mengeluhkan pusing, gara-gara nggak tidur di kereta karena ketemu si brondong, jahit bonjar (boneka jari), ditambah bau durian (kak Maya sih makan durian sebanyak 2 buah, ih kok kuat sih), saking sukanya kali ya. padahal udah saya bantuin habisin loh. Hihihi…*map deh mb Rochma, ente jadi pusing 
Boneka jari yang dibuat Mb Rochma saat perjalanan di kereta menuju Kediri


Trauma Healing For Kelud (Part 1)

Posted by
Kota Kediri Jawa Timur di tahun 2014 makin dikenal banyak orang. Kabar apa yang bikin cetar akhir-akhir ini? apalagi kalau bukan tentang erupsi Kelud. Di tahun 2007, sebenarnya Kelud mau ‘lairan’ juga lho. Jauh-jauh hari, pengungsi sudah diboyong ke sana sini. Tapi, nyatanya nggak jadi erupsi. Erupsi tahun ini punya kenangan sendiri bagi saya, sebuah pengalaman yang nggak akan pernah terlupakan, bersama kawan maya yang care banget terhadap misi kemanusiaan.

Awalnya, program ini hanya sekedar memberikan bantuan masker dan logistik kepada para pengungsi Kelud. Bertajuk “Sejuta Masker untuk Kelud”. Penggalangan dana yang digawangi teman-teman IIDN ini merangkul semua anggota untuk berbagi. Mb Sri Rahayu sebagai koordinator, aktif online ngajak teman-teman untuk berbagi. Sebagai orang Kediri, saya ingin bergabung di tim.

Kelud-kelud Pasir

Posted by
Tiga hari yang lalu, gunung Kelud meletus. Dari baca judulnya, mungkin temen-temen pada bingung, ya? Kok kelud-kelud pasir? Kelud berasal dari bahasa Jawa yang artinya membersihkan. Jadi selama dua hari ini, saya dan para tetangga juga masih sibuk membersihkan pasir kiriman Kelud.

Sehari sebelum meletus, Kelud masih siaga 3. Saat suami ke sana, masih banyak para petani yang bercocok tanam meskipun lokasi desa tersebut hanya berjarak radius 10 m dari puncak Kelud. Belum ada tanda-tanda yang tampak kalau beberapa jam lagi akan meletus. Begitulah kelud, selama 4 kali meletus selalu suka bikin kejutan. Tahun 1901, 1919, 1990 (waktu saya masih kecil, usia 4 tahun) dan kini tahun 2014. Pihak PVMBK sulit memprediksi dengan pasti.

Inilah Alasannya, Makanan Tidak BolehDitiup

Posted by with No comments
“Ayooo, Mi…cepetan aku laper, nih! Tiup aja, biar cepet dingin! Desak Azzam sambil komat-kamit menyembulkan udara lewat mulut mungilnya

“Ops,…..bentar, ya! tak ambilin kipas dulu, jangan ditiup tapi dikipasin aja” Bujuk saya

Semangkok bubur ayam ini memang sungguh menggoda bila dimakan selagi hangat. Pas jika tiap sendok demi sendok ditiup kemudian HAAAAP! Nyam…nyaaam….nyaaaaam.

Membangun “Misi” untuk Calon FD

Posted by
Benarkah orang Indonesia saat ini, banyak yang butuh hiburan? Apa mereka merasa stress banget menjalani keseharian? Sampai-sampai jogetan bisa kita temukan di berbagai tempat. Selama dua pekan kemarin, saya dua kali berkesampatan ikut rekreasi, yakni ke Blitar dan Prigen. Acara anak-anak TK, tempat anak saya bersekolah dan kantor suami. Dalam perjalanan menuju ke lokasi, tersaji hidangan ‘joget’ yang lagi hits di televisi atau radio lokal. Goyang ‘oplosan’, liriknya yang ‘ngeres’. Bikin gendang telinga saya bengkak, nggak karuan.


Kasihaaaaan….ooooy! di sini ada anak-anak!

Awas, Radang Tenggorokan!

Posted by
Sobat Bee-Blog, pernah kepikiran nggak pengen menyelesaikan ‘target’ harian? Ya, semacam ODOJ lah. One Day One Juz?



Kalau saya, pengen banget. Ya, karena tugas IRT kan itu-itu saja, bikin jenuh alias BeTe bagi mantan aktivis macam saya nih ***tssaaaahh. Akhirnya, saya bikin target pribadi.

Taman Safari Prigen

Posted by with 5 comments
Bisa bangun jam 2 pagi itu kesempatan emas buat ‘bersih-bersih’ blog. Sebenarnya, malu juga disebut blogger kalau jarang nge-posting. Tapi, ya memang baru sempat nulis sih. *bilang aja males!!!hihihi

Hari munggu kemarin, 25 Januari 2014. Saya dan keluarga diberi kenikmatan Allah yang luar biasa. Bisa rekreasi bersama keluarga ke Taman Safai Prigen. Gratis. Dari kantor suami, sebenarnya hati ini merasa gimanaaa githu. saudara yang ada di Sinabung, Jakarta dan sekitarnya tengah dilanda bencana, kok saya seneng-seneng? Rada mikir, tapi gimana lagi, acara ini memang jadi program tahunan keluarga pegawai dinas perhubungan. Semoga saudaraku yang dapat musibah selalu dikuatkan Allah SWT.

Happy Milad buat KEB yang ke-2

Posted by
Happy Milad, KEB.

Saya gak ngerti mau kasih kado apa buat kamu? Di usiamu yang ke 2 bisa dibilang masih balita kayak putriku. Masih lucu-lucunya, imut dan ‘aktif’. Kalau putriku yang ultah, mungkin kado boneka atau baju unik kan kubelikan. Buku-buku bantal atau mainan untuknya. Kalau untukmu apa ya?

Kumpulan Emak Blogger, sangat bersyukur, saya bisa bergabung denganmu. Dua tahun yang lalu, saya bisa menemukan ‘sinyal’ buat bekal untuk berselancar. Dua tahun itu pula, saya resmi bergabung denganmu meski dengan bekal pas-pasan sebagai seorang blogger. Blog hasil buatan adek dan ngotak-atik sendiri akhirnya bisa saya hadirkan di tengah-tengah kepiawian emak blogger lainnya.

Akhirnya Bisa 'Jebol' Media

Posted by with 18 comments
Semangat Pagi, sobat Bee-Blog, lagi-lagi nggak terasa awal bulan di awal tahun 2014 sudah memasuki pertengahan. Ini awal postingan saya di tahun baru. Tahun yang diyakini banyak orang sebagai permulaan menorehkan sejarah hidup di lembaran yang lebih apik dengan resolusi yang sudah dirancang sedemikian rupa.

Jembatani e-Learning dengan Program Suka Baca

Posted by with 4 comments
Zaman sekarang, sekolah mana yang tidak ingin melihat anak didik beserta guru, melek perkembangan teknologi? Salah satunya di sekolah SMP Swasta, tempat saya mengajar. Di usianya yang baru menginjak 3 tahun, saya beserta guru lainnya gencar melakukan promosi tentang adanya penerapan program e-learning dalam segala aktivitas pembelajaran di sekolah. Tertulis jelas di brosur sekolah kami One Child One Laptop, harapan nantinya siswa yang akan bersekolah di SMP Islam swasta ini mendapatkan fasilitas laptop untuk menunjang kegiatan belajar yang dilakukan tanpa handbook.

Menarik, bukan?

Spionase Bisnis

Posted by with 4 comments
Beberapa hari yang lalu saya dan suami meeting, pertemuan yang dibuat formal padahal tempatnya di ruang keluarga (sambil lihat tivi juga). Hihi… tak apalah, namanya juga pembisnis pemula yang lagi ngorek keberuntungan di usaha UKM (Usaha Kecil Menengah). Mengapa saya lebih tertarik di jalur ini? karena modal usaha kecil, melibatkan banyak pekerja, bisa mengurangi jumlah pengangguran, meski skala usaha kecil saya berharap suatu saat omsetnya bisa mencapai milyaran. Aamiiiin (pengen banget nih bisa naik haji bareng orang tua)

Postingan lusa kemarin, saya pernah menulis soal ‘sabar’ dalam bisnis. Maksudnya, kalau memang pilih bisnis, jangan keburu akhiri bisnis. Sekecil apapun itu, jalani dulu saja. Biasanya umur bisnis yang bisa dikatakan bagus minimal tiga bulan. Jika dalam tiga bulan tersebut laba sudah kentara, siapin strategi marketing lainnya. Nah, kalau sudah lebih tiga bulan, misalnya setahun. Coba lirik bisnis lain, yang bisa kamu lakukan kemudian terapkan ilmu spionase bisnis.