Tampilkan postingan dengan label Masakan. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Masakan. Tampilkan semua postingan

Bakso Klenger Mas Agus Kediri

Posted by with 4 comments
Bakso merupakan menu masakan yang disukai banyak kalangan. Bulatan kecil dari olahan daging sapi itu tidak hanya disukai anak-anak. Orang dewasa pun juga suka bakso. Hampir penjual bakso atau pentol dimana-mana laku. Apalagi, kalau kualitas bakso juga oke, mulai dari rasa, penampilan, harga terjangkau dan yang paling penting juga adalah bisa kenyang. Hehe

Ngomongin kenyang, sebenarnya saya sendiri juga tidak berharap banget usai makan bakso bakal kenyang. dan ini sudah terbukti hingga usia segini, belum pernah merasakan bakan bakso bisa kenyang? biasanya sih jarak 2 jam usai makan, perut sudah bunyi, pertanda lapar.

Eits, Sabtu kemarin (16/1/206) saya lagi jalan-jalan bareng suami menikmati malam mingguan ke kota Kediri. Nggak sengaja lihat jualan bakso yang beda dari lainnya. Namanya BAKSO KLENGER MAS AGUS. 
cara membuat bakso enak klenger mas Agus
Bakso Klenger Mas Agus Kediri

Wooow, klengeeer??? serius nih, bikin klenger?

Pengunjungnya lumayan rame banget. Lokasi memang strategis sih berada di tengah-tengah toko baju. Karyawan berseragam tampak sibuk melayani. Ada yang berkeliling nge-cek pembeli yang baru datang, Ada yang sibuk meracik bakso, ngitung uang hasil penjualan dan yang bikin mata saya nggak berhenti memandang itu. lihat porsi-porsi bakso yang mangkoknya guede banget. Ini bukan bakso jumbo dengan bulatan pentol guede seperti bola, bukan. ini mangkok isinya bakso standrat tapi penuh banget dengan beragam olahan daging. Seperti, siomay, tahu isi, keripik, risol dan masih banyak lagi. 

Lagi-lagi, woooow....Ini pasti yang bikin klengeeeeer??

Masa iya sih bikin kelenger. Apa perlu ya, kita beli dua porsi saja,"kata suami

Lho iya, jawabku

ini perut lapar banget butuh makan sejak tadi siang. Ya sudahlah, akhirnya kami memilih bakso campur dan bakso mercon. Butuh waktu yang cukup lama, kedua mangkok itu diantar ke meja kami karena pengunjung waktu itu membludak. Hihi...pada malem mingguan nih 

Obrolan ringan dengan suami yang suka icip kuliner dimana-mana sekaligus pengamat usaha. Bakso klenger mas Agus ini masih berumur jagung lho. Tiga tahun yang lalu, beliau buka di ruko kecil dan sepi pengunjung. Ditahun kedua, sudah ada kemajuan dan desain ruko keliatan eye catching. Ih bener-bener keren untuk pengusaha pemula. Dalam hati nih, pasti nih ada mentornya hingga bisa berkembang se-keren ini.. Udah kelihatan, omsetnya ratusan juta...

Lho..kok ngomongin bisnis sih. Biasanya, suamiku tuh memang begitu, dikit-dikit peluang usaha. sampai saya kadang tutup telinga, bikin hati galau karena pengen bisnis ini itu padahal hati ini masih ingin berlabuh di dunia internet marketing #eh curhat lagi hehe

Klenger, nyaris nggak ada "SPACE"dalam perut 

Dua mangkok bakso pesanan kami datang bersama dua gelas gueeede super jumbo juga yang berisi es jeruk dan es teh. Gilak! ini habis apa enggak ya? pikirku

cara membuat bakso enak klenger mas Agus kediri


Bismillah dah makan, waaaah aromanya memang beda dibanding bakso lainnya. Semacam ada aroma bakar, kayaknya sih ini dimasak diatas tungku yang berisi arang dan berapi kecil. hihi...tuh udah keluar feel memasaknya.

Baru dapet separo makan ajah udah kenyang banget euy. Tapi tak apalah dibantu suami yang doyan banget sama bakso. ..Harga satu porsi bakso beragam, banyak pilihan. Antara Rp. 11.000 hingga Rp. 15.000. Yang membuat beda dengan bakso lain, selain porsi lengkap. Pilihan minumnya juga banyak, tidak hanya teh atau es jeruk ada juga es campur mas Agus yang pastinya segeeeer banget   

Haddehhh

Serius, ini bakso sukses bikin saya dan suami KLENGER...

Penasaran, kan? giimana sensasi rasa baksonya kok bisa bikin klenger? Kalo temen-temen main ke Kota Kediri, jangan lupa mampir ke Bakso Klenger Mas Agus. Pesan saya sih, jangan makan apa-apa dulu sebelum ngicip bakso ini karena bisa-bisa perut nggak muat lho. Oh ya, yang namanya Agus bisa makan gratis seumur hidup dan yang ulang tahun, bisa makan gratis tiss tisss...

Langsungg Cuuusssh aja ke TKP . Klik ini BAKSO KLENGER MAS AGUS KEDIRI



Soto Dok Lamongan Ada di Kota Nganjuk

Posted by with No comments
Info kuliner yang satu ini memang agak unik bagi saya pribadi,  Soto dok Lamongan yang khas dengan dok dok dok suara botol saat penyajian. Soto dok Lamongan tidak hanya bisa anda nikmati di kota Lamongan? Anda warga Nganjuk bisa menikmati Soto dok tanpa harus pergi jauh ke kota Lamongan. Sama seperti soto pada umumnya soto memiliki rasa khas yang segar? Ada soto babat.. soto daging sapi, soto ayam dan lainnya. Keunikan dari soto dog ini adalah suara dok dari botol kecap? 

info kuliner soto ayam soto danging sapi soto daging bening
Add caption

Awal mula mengenal soto dok saya lihat dari liputan televisi tentang  usaha kuliner. Kebetulan waktu itu membahas tentang soto dok yang ada di Lamongan? Nah.. ceritanya nih saat melewati kota, Nganjuk, berhenti di depan lampu lalu lintas. Ada ruko yang berbunyi dak dok ngalahin klakson suara kendaraan yang berhenti. Apaan sih, "pikir saya sambil menengok ke arah suara. Wow, ternyata ada yang menyajikan soto. DUH, bareng suara krucuk dari perut saya. 

Banyak pasang mata, yang akan disilaukan dengan spanduk luar rumah makan soto dok... banner promo yang dipajang di depan ruko terpasang lebar dan besar. Dilihat, dari, lokasinya. Lumayan strategis karena berada tepat diperempatan. Saat lampu merah menyala. Kendaraan yang berhenti akan mencari bunyi dok dari tempat penyajian para karyawan soto dok. Belum lagi. Aroma soto bisa memanjakan hidung dan bakal menggerakan lidah anda untuk mencicipi soto dok Lamongan.

Langsung cuuuush, saya dan keluarga belok kiri dan mencari parkiran yang aman. Ini kesempatan banget ngobati rasa penasaran saya sama soto dok. Setelah menunggu 5-10 menit, soto dataaang.

Hmmm....Yummy

info kuliner soto ayam soto danging sapi soto daging bening

Tuh, melihat penampilan soto daging bening kayak githu memang cocok dengan selera saya. Sotonya bikin nagih dan tidak eneg. Biasanya memang soto yang agak kental ditambah santan atau kemiri. Namun, kali ini sotonya memang bening. Cocok lah dengan lidah saya yang suka kuah bening-bening.

Nah, buat temen-temen yang melewati jalanan anjuk ladang. Jangan lupa mampir ya, rasakan sensasi suara dok dok yang sotonya siap goyangin lidah. Sekian ya info kuliner nya semoga bermanfaat

Resep Sayur Nangka Muda

Posted by

Resep sayur nangka muda menjadi favorit keluarga karena rasa sayur ini ketika dihangatkan berkali kali malah makin gurih. Indonesia kaya akan tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk bahan dasar masakan. sayur nangka muda biasa kita temukan di menu gudeg. kali ini, resep sayur nangka muda ini sangat sederhana dan bisa dipraktekkan siapa saja.



Bahan :

Nangka muda ukuran sedang, potong kecil-kecil atau dicacah
3 gelas santan kental
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
udang kecil-kecil jika suka
garam dan gula secukupnya


Bumbu yang digoreng kemudian dihaluskan;

3 buah cabe merah besar
10 buah cabe rawit atau sesusai selere, ingin nambah pedas bisa ditambah
5 sing bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri

Cara Memasak :

1. Didihkan air di panci khusus sayur lodeh (bisa dipisahkan dengan panci yang biasanya dipakai untuk memasak sayur bening karena akan berpengaruh pada hasil matangnya nanti.
2. Masukkan nangka muda yang sudah dicacah
3. Jika sudah empuk, segera tiriskan
4. goreng bumbu yang harus dihaluskan tujuannya untuk menghilangkan 'langu' pada cabe
5. haluskan bumbu
6. Siapkan panci yang berisi nangka muda matang kemudian tuang santan kental
7. Masukkan bumbu halus sambil diaduk pelan, garam dan gulan
8/ Pastikan santan tidak pecah supaya matang sempurna 
9. taburkan udang kecil sebagai pengganti bahan perasa seperti MSG

Memasak sayur nangka muda sangat mudah dilakukan, sayur ini awet jika dibuat untuk menu dua hari. Selain hemat waktu, anda tidak memasak lagi, sayur nangka muda yang dihangatkan kedua kali biasanya rasanya memang lebih mantap. 



Cara Simpan Telur Jika Tak Ada Kulkas

Posted by
Telur merupakan sumber protein hewani yang paling disukai anak-anak. Telur bisa diolah menjadi beraneka macam masakan dan kue. Biasanya, pengolahan yang paling mudah adalah dengan cara merebus atau menggorengnya. Karena dibutuhkan setiap hari, apakah anda membeli dalam jumlah banyak untuk persediaan selama seminggu? 

Jika iya, mungkin anda akan berfikir bagaimana cara menyimpan telur supaya awet dan tidak cepat busuk? Dengan mudahnya anda akan menjawab kulkas atau lemari es sebagai tempat penyimpanan segala macam bahan dapur.



Tapi, bayangkan jika kulkas tiba-tiba rusak atau listrik padam. Apa yang anda lakukan? Dimana anda akan menyimpan telur-telur yang sudah anda beli tadi. Padahal sudah terlanjur beli banyak. Dalam sebuah situs www.livinghomegrown.com menjelaskan sebenarnya aman kok menyimpan telur dalam suhu rungan yang bukan di dalam kulkas. Sebagian warga Eropa, tidka menyimpan telor di dalam kulkas atau sejenis lemari pendingin lainnya. Nah, caranya adalah dengan meletakkan telur dalam baskom dan simpan di lemari dapur (lemari apa saja yang penting aman dari tikus atau hewan lainnya) 

Yang penting, anda jangan membersihkan kotoran di luaran cangkang telur karena biasanya kotoran yang melekat tersebut memiliki lapisan yang melindungo telur dari kebusukan saat disimpan di luar kulkas. Kalau saja anda membersihkan kotoran di luar cangkang telur, kemungkinan telur akan cepat membusuk jika disimpan di suhu ruangan. Jadi, jangan bingung lagi ya ketika kulkas mendadak rusak, anda bisa memindahkan telur dengan cara memasukkan ke baskom dan disimpan di lemari yang aman dari hewan dapur. 





Resep Sayur Daun Kelor Lezat

Posted by with 1 comment
Memasak daun kelor, sangatlah mudah dipraktekkan karena pada dasarnya sama dengan sayuran lain yang proses perebusannya tidak lama. Daun kelor terkenal dengan daun mungil sejuta manfaat, bisa dipakai obat dan enak dikonsumsi. Berikut, resep memasak sayur dari daun kelor yang diolah menjadi sayur bobor bersantan; 



Bahan :

3 tangkai besar daun kelor (ambil daunnya saja dan dicuci bersih) kalau ingin banyak silahkan ditambah (sesuai selera)

250 ml Santan sedang (tidak terlalu kental) 

Bisa ditambahkan pipilan jagung atau potongan wortel supaya lebih berwarna 

1 lembar daun salam

Seiris lengkuas

Bumbu : 

1 siung bawang putih

2 siung bawang merah

2 siung bawang merah-digoreng – untuk taburan 

1 sdt ketumbar

1 sdt garam

1 sdt gula putih 


Cara Memasak : 

1. Didihkan air dalam panci sayur

2. Masukkan daun kelor yang sudah bersih

3. Tiriskan

4. Haluskan semua bumbu kecuali bawang goring

5. Siapkan santan dan didihkan bersama daun kelor yang sudah ditiriskan

6. Masukkan bumbu halus 

7. Aduk pelan supaya santan tidak pecah atau menggumpal

8. Sajikan, beri taburan bawang goreng diatasnya 

Selain menggunakan santan, anda bisa memasak daun kelor menjadi sayur bening. Lebih mudah dan tidak ribet tentunya. Apapun masakannya, daun kelor memang punya sensasi ‘rasa’’ yang berbeda dibandingkan sayur lain. Begitu juga dengan manfaatnya yang banyak untuk kesehatan tubuh, baca juga Daun Kelor, Si Mungil Penjernih Mata




Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana Tanpa MSG

Posted by with 5 comments

Cara membuat nasi goreng sederhana tanpa MSG banyak dicari para bunda yang ingin menyajikan nasi goreng lezat tanpa bumbu perasa instan. Tapi apa benar bisa enak? Nah...bunda, ini saya share pengalaman saya memasak nasi goreng dengan bumbu yang sederhana, enak disukai suami dan anak-anak. Biasanya, yang bikin kangen itu nasi goreng warung malam yang dijual di tempat keramaian. Tapi, pasti deh...keesokan harinya tenggorokan langsung sakit karena efek bumbu perasanya bener-bener tajam. Hihi....*setajam silet #eh...

Cerita dulu ya, gimana awalnya saya bisa menemukan resepnya. Haha....sedikit lebay sih tapi ini memang pengalaman yangwah buatku sebagai ibu muda yang dulunya nggak bisa masak kecuali masak nasi di rice cooker. 

Sehari Tanpa Gadget : Bikin Kue Cinta untuk Tetangga

Posted by with 3 comments
Terhitung hampir dua tahun saya kenal dunia maya. Bermula dari facebook, twitter kemudian blog. Saya merasakan hidup lebih berwarna. Dari SocMed, saya ketemu teman lama, kenal teman baru, bisa nyari tambahan duit dan mudah meng-upgrade ilmu tentang banyak hal lewat Om Google. Hehe…,

Saking banyaknya kemudahan yang saya dapat dari internet, kadang saya sampai lupa waktu dan lupa kerjaan. Misalnya, si sulung bolos nggak sekolah karena saya ‘asyik’ nge-blog, nggak ada yang ngantar ke sekolah, tiap hari suami saya belikan lauk dari warung karena jarang masak dan si kecil suka rewel karena nggak pernah saya ajak main ***lah, padahal saya ibu rumah tangga kok anggota keluarga masih saja terlantar? ---hohoho, saya ngaku salah

Momen Muharram dan Kue Buatanku

Posted by with No comments
Setelah seminggu capek urusan dapur, kembali ke laptop pagi ini. Punya gawe bagi-bagi kotak nasi untuk 50 tetangga bikin tubuh tepar deh. Pasalnya, semua jenis kue ngoyo saya yang masak plus praktekin ilmu bakery nya meski baru mengenal mixer, jenis tepung, oven, loyang dan alat-alat masak kue lainnya.


Walhasil, sukses, bro! dibantu budhe dan ibu. Semua bisa tertawa lepas karena saya bisa buat kue yang nggak ngecewain mereka. Niat praktek, tapi cocok dan cantik untuk isi kotak jajan. Ada kue kering moon & stars, Malvinas, dan lumpur yang dibikin gede, kayak kue yang dijual di toko itu loh.

Bedah Resep

Posted by with 2 comments
Lamaaaa banget baru bisa update, sebenarnya banyak kegiatan bareng adek-adek  yang belum sempat saya tulis. Laptop ngambek, nggak ada yang bisa dipinjemin. Nah, kali ini saya mau cerita soal acara Minggu kemarin, masak-masak bikin kue. Awalnya, nggak ada niat mau masak, tapi karena usai  musyawarah halal bihalal, pada kumpul anggota We Ce yang ‘maksa’ minta praktek bikin kue. 

Si Della sih biang keladinya, gara-gara liat majalah resep donat plus bahan-bahan ada di meja. Langsung deh, main todong aja. Tapi nggak apa-apalah hiburan saat puasa, biar ngiler.