Tampilkan postingan dengan label Jalan jalan. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Jalan jalan. Tampilkan semua postingan

Tips Mudik Hemat

Posted by with No comments

Assalamualaikum, Teman-teman blogger ^^

Lama banget ya, saya tidak menulis celotehan renyah di sini. Biasalah, disibukkan dunia offline dan jualan. Jadinya agak mengabaikan dunia blogger. Kalo sudah kangen nulis. ya begini....siap-siap dah cuap-cuap. Berhubung bentar lagi kita mau lebaran, suasana mudik sudah mulai nih membanjiri timeline sosial media dan televisi. Apa yang ada di fikiran kamu ketika mau mudik?

Senang, berjumpa dengan keluarga besar?
"Uang lembaran baru, aroma khas habis dari percetakan? hihi
Capek? berjubel di bus 
Macet? 
Oleh-oleh?
Wisata?

Masih banyak lagi, kan? begitulah, selalu ada suka dan dukanya. 

Kali ini, saya mau sharing tentang Tips Mudik Hemat.

Pernah nggak sih, teman-teman merasa berraaat banget saat hendak mudik. Salah satunya uang yang harus dibutuhkan juga harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Meski demikian, teman-teman tidak perlu khawatir karena ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menekan biaya pengeluaran saat mudik. 


1. Beli Tiket Jauh-jauh hari

Tips pertama ini berlaku bagi temen-temen yang mudik menggunakan transportasi umum. Pesanlah tiket pemberangkatan dan kepulangan sejak dua bulan sebelumnya. Biasanya lebih murah, kan? Bagi yang menggunakan mobil pribadi, harus segera diperiksakan ke bengkel untuk di service supaya dalam perjalanan tidka terjadi kendala apapun.

2. Bikin anggaran secara detail dan cerman

Teman-teman bisa membuat list anggaran yang mau dikeluarkan saat mudik. Seperti; tiket, bensin, oleh-oleh, angpao, kebutuhan P3K anak saat dijalan dan yang lainnya. Jangan maksa membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan ya. Persiapkan uang cadangan untuk dipakai kebutuhan mendesak. 

3. Bawa Sedikit Barang

Tuh, percaya atau enggak, tips yang ketiga ini memang sulit banget dipraktekkin terutama bagi ibu muda kayak saya. Hehe. Membawa sedkit barang akan meringankan kita untuk mengontrol kondisi aman. kecuali jika bawa mobil sendiri, ya upayakan tidak membawa barang banyak. barang-barang yang ingin anda berikan ke sanak saudara bisa anda kirimkan melalui jasa pengiriman. 

4. Fahami rute perjalanan

Supaya anda tidak melewati banyak rute an menghabiskan banyak bensin. Teman-teman harus memahami rute yang mau dilewati

5. Siapkan Kondisi Fisik

Biasanya, mempersiapkan awal berangkat mudik. Pasti membuat fisik capek, oleh karena itu persiapkan kondisi fisik dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai rempong membeli obat obatan di jalan dan mendadak karena harganya lebih tinggi dari harga biasanya. 

6. Berdoa dan Tetap Memberi Kabar

Tips terakhir ini penting banget. Biasanya orang tua atau keluarga besar menanti kedatangan kita. Jangan lupa memberi kabar ketka berada di titik-titik persinggahan. Persiapkan baterai handphone penuh untuk mengantisipasi kemungkinan buruk seperti hape low bat yang bisa mengganggu komunikasi dengan keluarga. Jangan lupa, senantiasa berdoa agar perjalanan mudik lancar hingga kembali pulang dan mudik kita bernilai ibadah, membawa berkah. 

Hati-hati di jalan ya teman-teman, 
Saling mendoakan

Sahabatmu, 
Nurul Habeeba

Anjuk Ladang, Tempat Wisata di Nganjuk Kota Angin

Posted by with 2 comments
Tempat wisata di Nganjuk kota angin selalu menjadi primadona warga Nganjuk setempat. Seperti, tempat wisata alam seperti Air terjun sedudo. Kali ini, saya tidak menceritakan tempat wisata alam seperti sedudo karena memang ditinjau dari segi lokasi, air terjun sedudo sangat sulit dijangkau. Apalagi untuk segmen anak balita atau orang tua. Ada satu tempat wisata yang sering dikunjungi keluarga Nganjuk atau sekitarnya yang menyediakan banyak permainan dan menyajikan eksotika alam yaitu Tempat Wisata Anjuk Ladang. 

nganjuk kota angin banyak tempat wisata alam

Anjuk ladang merupakan salah satu obyek wisata yang sangat terjangkau di tengah perkotaan Nganjuk kota angin. Tempat ini cocok untuk keluarga yang ingin menikmati liburan bersama keluarga tanpa harus mengeluarkan kocek dalam- dalam, mudah terjangkat ditengah perkotaan dan terdapat aneka permainan yang sangat disukai anak balita.

Usai anda mengantri tiket, anda akan memasuki gerbang pintu masuk. disambut rindangnya pepohonan dan akan terdengar riuh suara anak berterika kegirangan. Selain itu, suara lengkingan besi dari banyaknya alam bermain seperti jumpang jungkit, ayunan, plorotan dan masih banyak lagi turut meramaikan tempat wisata ini. Tidak ketinggalan lagi, sebuah area kolam renang untuk anak dan dewasa juga bisa anda nikmati. 

Saat saya dan keluarga ke sana, tujuan utama awalnya berenang, namun karena si sulung jarang kami ajak ke sana akhirnya banyak permainan yang harus ditebus dengan uji coba. Yah, tidak jadi ngirit dong. Tapi tidak apa lah, kan tidak sering-sering lburan seperti ini apalagi harganya lumayan terjangakau ketimbang kami rekreasi ke Malang sekelas Jatim Park. 

nganjuk kota angin banyak tempat wisata alam

Rata-rata permainan yang dicoba anak-anak adalah naik motor mini bayar 6.000/pemakaian (tidak dihitung per jam) sesuakanya anak-anak, samai mereka puas, Naik kereta kelinci bayar 3.000/3 kali putaran area taman, naik kuda 10.000/ anak tiap satu putaran. Naik kuda ini yang paling saya suka karena jarang sekali mereka merasakan naik kuda. Bukannya, seusia mereka memang seharunya harus dilatih naik kuda? tapi kali ini kudanya tidak lari lho, hanya jalan aja dibantu baoak penjaga yang memang merawat kuda. Jadi, anda tidak perlu khawatir kalau anaknya bakal jatuh. 

nganjuk kota angin banyak tempat wisata alam

Pokoknya menyenangkan jalan-jalan ke sini, uang saku 100.000 itu cukup banget lah buat nyenengin anak-anak, malah emak bapaknya bisa icip kuliner juga. Namun, ada beberapa catatan untuk pengembangan tempat wisata di Nganjuk kota Angin. Sayang banget, belum diurus secara profesional. entah kenapa manajamen internal pengelola wisata ini atau kurangnya dukungan dari pihak pemerintah yang seolah membiarkan tempat wisata ini berjalan apa adanya. 

nganjuk kota angin banyak tempat wisata alam

Ada juga penampakan hewan-hewan yang "terpenjara"seperti monyet, burung kasuari, kucing, ayam, bebek dan masih banyak lagi. Mungkin mau dikonsep seperti kebun binatang ala taman safari tapi versi mini. jadi ya, githu...anak seneng sih lihat hewan-hewan itu tapi saya kasihan karena pemeliharaan hewan tampak asal-asalan. Hewan tampak kurus dan tidak terurus. 

Ya meski murah setidaknya ada pengembangan yang baik lah, soalnya dari tahun ketahun perasaan memang tidak berubah padahal kalau dibandingkan dengan kota kediri jauh berkembang lebih pesat. Kota Nganjuk itu jadi tempat masa kecilku, jadi memang menyimpan kenangan tersendiri. 

Semoga ya, pemda Nganjuk semakin amanah supaya tatanan kota dan segala macam isinya dikelola dengan baik dan warga Nganjuk merasa bangga memiliki kota angin. Bagi anda, yang bingung nyari tempat rekreasi. anda bisa mencoba datang ke tempat wisata Anjuk ladang di Nganjuk Kota Angin. Selamat bergembira dengan keluarga




Gumul Kediri, Temukan Nuansa Perancis Di Tempat Ini

Posted by with No comments
Gumul Kediri, temukan nuansa Perancis di tempat ini- Simpang lima Gumul kini menjadi kawasan kota baru di Kabupaten Kediri. Proses pembangunan masih terus berjalan, berada tepat di tengah jalur lima jalan arah Pare, Kediri, Plosoklaten, Pesantren dan Menang. Jika anda pernah menginjakkan kaki ke negeri Perancis tentu sudah tidak asing lagi mendengar Lárch D'Triomphe. Sebuah monumen yang merefleksikan tentang kejayaan. Gumul pun memiliki spirit yang sama. 

Dulu, Kediri terkenal dengan obyek wisata gunung Kelud yang berada di pinggiran kota. Kini, dengan eksotika khas modern anda bisa mengunjungi simpang lima gumul yang berada di tengah kota. Tujuan awal pendirian ini memang untuk menggerakan roda perekonomina warga Kediri. Jadi bakal tidak bosan jika anda sempatkan mampir ke Gumul saat liburan. 

Gumul Kediri, Pelepas Penat Bersama Keluarga

Gumul Kediri tampak dari atas
Pengunjung ramai di saat malam hari, karena biasanya ketika siang banyak warga yang masih bekerja. Di sana, anda bisa menikmati ragam kuliner khas Kediri yang dijual para pedagang kaki lima. Para penjual berjejer di area pasar Tugu. Kawasan ini lebih ramai lagi ketika hari Sabtu dan Minggu, pengunjung rekreasi bersama keluarga, berolah raga di jogging track, menikmati ramainya pasar tugu. Ke depannya, kawasan ini akan dilengkapi dengan hotel, mall, pertokan, pusat grosir, pusat oleh-oleh dan masih banyak lagi. 

Dilansir dari website kabupaten Kediri, daya tarik lain yang bisa anda nikmati antara lain;
1. Desain Gumul Kediri menyerupai Arch D'Triomphe Perancis yang dipadu dengan seni budaya kabupaten Kediri
2. Sejarah Kediri dalam rupa diorama
3. Monumen yang memiliki tinggi 28 m, 8 lantai 
4. Jalan terowongan bawah tanah saat menuju monumen
5. Berada di tengah pusat perkotaan
6. Pusat informasi pariwisata dan potensi kabupaten Kediri
7. Terdapat minmarket, ragam toko yang menjual souvenir khas Kediri

Biar nggak penasaran, langsung aja ke sana ya...di bawah ini alamatnyaa......



Jika anda baru pertamakali datang, hati-hati kalau dibuat bingung dengan rute yang bercabang lima. Pastikan tujuan utama anda, dan fahami papan petunjuk yang ada di terpian jalan. Jika anda hendak ke lokasi wisata atau monumen, anda harus masuk ke jalan menurun karena lokasi parkir berada di dekat jalan terowongan. Nah, sebelum anda ke monumen, anda harus melewati jalan terowongan. Jangan dikira, jalan terowngan ini, gelap lho...karena sudah dipasang lampu kanan kiri yang membantu anak kecil juga nyaman berjalan di sana. 

Pengunjung tidak hanya orang dewasa namun juga anak-anak balita yang ingin menikmati sorotan lampu lalu lintas atau rekreasi di taman yang penuh dengan mainan kesukaan anak-anak. Khusus hari Sabtu Minggu, biasanya ada pertunjukkan band atau teather anak muda yang ingin memanjakkan pengunjung dengan ragam hiburan. 

Ditunggu deh kedatangannya ke Gumul Kediri Paradise  Island. Karena saya asli warga Kediri, silahkan kontak saya jika ingin berkenalan lebih lanjut. Hehe




Kampung Coklat Blitar, Serba Coklat Serba Nikmat

Posted by with 4 comments
Kampung coklat Blitar menjadi salah satu tempat wisata unik yang ada di kota Blitar. Kampung coklat blitar adalah tempat wisata edukasi yang tidak hanya cocok bagi pelajar namun juga semua kalangan. Di sana anda akan diajak mengenal lebih jauh tentang coklat. Kira-kira sebelum anda datang ke sini, apa yang terbayang di benak anda? Memasuki gerbang "Selamat Datang"yang berwarna coklat dan tercium aroma coklat? Hmm...atau, anda disambut aneka produk coklat yang sudah terasa lelehan coklat di lidah? 

Pasti penasaran!!

Ada apa di Kampung Coklat Blitar?

 

Kalau pas lagi liburan, tidak ada salahnya anda mengobati rasa penasaran dengan berkunjung ke tempat wisata kampung coklat Blitar. Di sana, anda akan diajak ke gedung dan kebun coklat. Anda akan menjumpai banyak biji coklat yang masih menggelantung ranum di pepohonan rindang. Biji coklat yang sudah kering menumpuk di karung-karung siap kirim. Biji coklat yang kering memang masuk penyeleksian untuk kemudian diolah menjadi ragam panganan. Pigura-pigura bergambar coklat beserta penjelasannya terpampang di segala sudut. Anda akan dimanjakan, cafe coklat yang menghidangkan kuliner coklat. Woow, kuliner coklat lho! seperti nasi goreng, bakso, humberger dan masih banyak lagi. 

Minuman coklat atau coklat batang itu sudah biasa kan anda makan? Nah, di sana anda akan merasakan sensai yang berbeda saat merasakan enaknya coklat di lidah meski tampak aneh di mata. Oh iya, di sana ada juga area bermain untuk anak-anak. Kebun yang rindang cocok untuk pasangan romantis yang lagi ber bulan madu. cocok pula untuk para lansia yang ingin bernostalgia menikmati hijaunya pohon coklat. 

Karena tempat wisata kampung coklat blitar ini tergolong baru, lokasi belum cukup luas terasa 'sumpek' ketika para pengunjung membludak. Biasanya ramainya pengunjung saat liburan tiba dan hari Minggu. Jika anda ingin mengajak siswa untuk berwisata edukasi yang biasanya dikemas  konsep studi visual, silahkan pilih hari aktif saja karena akan lebih leluasa melakukan riset kecil-kecilan tentang bercocok tanam pohon coklat atau cooking class, semuanya akan dipandu oleh guide. Kalau anda memilih hari Minggu atau liburan, siap-siap aja program study visual siswa berantakan tidak sesuai target harapan. 

Alamat Kampung Coklat Blitar 

Tempat wisata kampung coklat Blitar ini berada di jalan Banteng Blorok 18 Desa Plosorejo Kademangan Blitar. Dekat dengan pantai tambak rejo. lebih jelasnya silahkan amati peta dibawah ini; 



Oleh-oleh Serba Coklat, rugi kalau nggak beli

Di penghujung menelusuri kebun coklat sambil makan-makan, pulang jangan lupa beli oleh-oleh buat keluarga atau teman di rumah. Pasti nggak nyesel karena produknya beragam dan pantes kalau buat bingkisan, bisa merata untuk sanak saudara. Apalagi bisa tahan lama. 

Itu saja ya informasinya, segera berkunjung ke kampung coklat Blitar, nikmati fasilitas dan kenikmatan coklat. Kampung Coklat Blitar memang serba coklat dan serba nikmat. 


Trauma Healing For Kelud (Part 2)

Posted by
Ahad, 23 Februari 2014
Pukul 04.00 saya udah jumpalitan dengan kerjaan rumah. Target-nya sih pukul 05.00 bisa berangkat ke rumah mb Kenzie di Plaosan, Wates. Lebih pagi kan lebih baik. Biar bisa bantu nyiapin 500 bungkusan snack untuk adik-adik, acara akan dimulai pukul 10.00, jadi panitia harus stand by di sana harus pukul 09.00 


500 bingkisan yang akan dibagikan ke adik-adik
Apalagi, temen-temen dari jauh pada begadang. Kan masih capek? Mb Rochma yang sempet mengeluhkan pusing, gara-gara nggak tidur di kereta karena ketemu si brondong, jahit bonjar (boneka jari), ditambah bau durian (kak Maya sih makan durian sebanyak 2 buah, ih kok kuat sih), saking sukanya kali ya. padahal udah saya bantuin habisin loh. Hihihi…*map deh mb Rochma, ente jadi pusing 
Boneka jari yang dibuat Mb Rochma saat perjalanan di kereta menuju Kediri


Trauma Healing For Kelud (Part 1)

Posted by
Kota Kediri Jawa Timur di tahun 2014 makin dikenal banyak orang. Kabar apa yang bikin cetar akhir-akhir ini? apalagi kalau bukan tentang erupsi Kelud. Di tahun 2007, sebenarnya Kelud mau ‘lairan’ juga lho. Jauh-jauh hari, pengungsi sudah diboyong ke sana sini. Tapi, nyatanya nggak jadi erupsi. Erupsi tahun ini punya kenangan sendiri bagi saya, sebuah pengalaman yang nggak akan pernah terlupakan, bersama kawan maya yang care banget terhadap misi kemanusiaan.

Awalnya, program ini hanya sekedar memberikan bantuan masker dan logistik kepada para pengungsi Kelud. Bertajuk “Sejuta Masker untuk Kelud”. Penggalangan dana yang digawangi teman-teman IIDN ini merangkul semua anggota untuk berbagi. Mb Sri Rahayu sebagai koordinator, aktif online ngajak teman-teman untuk berbagi. Sebagai orang Kediri, saya ingin bergabung di tim.

Taman Safari Prigen

Posted by with 5 comments
Bisa bangun jam 2 pagi itu kesempatan emas buat ‘bersih-bersih’ blog. Sebenarnya, malu juga disebut blogger kalau jarang nge-posting. Tapi, ya memang baru sempat nulis sih. *bilang aja males!!!hihihi

Hari munggu kemarin, 25 Januari 2014. Saya dan keluarga diberi kenikmatan Allah yang luar biasa. Bisa rekreasi bersama keluarga ke Taman Safai Prigen. Gratis. Dari kantor suami, sebenarnya hati ini merasa gimanaaa githu. saudara yang ada di Sinabung, Jakarta dan sekitarnya tengah dilanda bencana, kok saya seneng-seneng? Rada mikir, tapi gimana lagi, acara ini memang jadi program tahunan keluarga pegawai dinas perhubungan. Semoga saudaraku yang dapat musibah selalu dikuatkan Allah SWT.

[Terios 7 Wonders] 7 Friendship Wanna Be…..

Posted by with 2 comments
No love, no friendship can cross the path of our destiny without leaving some mark on it forever. - Francois Mauriac



Cinta dan persahabatan selalu menghiasi jejak destinasi. Tanpa keduanya, kita tidak akan punya kenangan indah dari sebuah perjalanan. Bagi kebanyakan traveler mungkin sudah merasakan sentuhan love and friendship. Makanya, mereka selalu ketagihan untuk melakukan perjalanan lagi, menemukan jejak persahabatan di tempat lain.

Perjalanan jauh tak melulu ditempuh dengan pesawat, bis, kereta api atau kapal laut. Mobil, bisa jadi pilihan tepat lho. Kita bisa berhenti kapan saja sesuka hati, menikmati tantangan baru dan berkesempatan nambah kawan baru. Jadi, jangan hanya membayangkan capeknya berhari-hari di jalanan. Justru di sinilah kita akan merasakan sensasi asyik berpetualang menggunakan mobil.

Ingin Berwisata? Ke Banyuwangi Aja….

Posted by with 6 comments
Kamu suka berwisata? Hobi traveling? Hmm….sepertinya kamu perlu mengunjungi  obyek wisata seru di Banyuwangi. Pemandangan alam di Banyuwangi terhampar luas dari ujung Barat sampai Timur. Keindahannya memukau. Di jamin deh kamu tidak akan nyesel jika datang ke sana. Awas! malah bisa ke tagihan ingin berwisata ke sana lagi karena kamu akan dimanjakan si Triangle Diamonds. Hah? Apa itu? 

Wooow…Serunya Jelajah Alam dan Explorasi Kopi Sumatera Ala Terios 7 Wonders!

Posted by
            Yeaaah, ada yang suka travelling saat liburan?
Yakin, jalan-jalan itu selalu menyenangkan [ini salah satu hobiku dan suami]. Bahkan, untuk mengekspresikan ‘serunya’ saat perjalanan, ada yang menuangkannya dalam bentuk puisi, diary, cerita pendek, novel, atau sekedar kumpulan foto hasil jepretan kamu. Memang, tak ada habisnya bicara tentang travelling, menyimpan jejak petualangan sekaligus cerita-cerita lainnya bersama sahabat.