Tampilkan postingan dengan label Islami. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Islami. Tampilkan semua postingan

Rahasia Doa Untuk Anda yang Sedang Terlilit Hutang

Posted by
Beban hutang seseorang sangat mempengaruhi kondisi psikologi. Semangat beraktivitas bisa terganggu karena kerap dihantui tagihan bulanan. Dalam agama Islam, hutang sudah dibahas secara rinci, hendaknya orang yang memberi pinjaman memberi tenggang waktu pelunasan dan orang yang membebaskan sebagian atau seluruh hutangnya. Dalam hadist shohih telah disebutkan “Barangsiapa yang ruhnya terpisah dari jasadnya dan dia terbebas dari tiga hal: [1] sombong, [2] ghulul (khianat), dan [3] hutang, maka dia akan masuk surga”. (HR. Ibnu Majah no. 2412) 

Hidup di era modern seperti sekarang, memang penuh tantangan. Gaya hidup kian menggoda, sebenarnya apa yang didapat seseorang telah dicukupkan Alloh rejekinya. Mental ketidakpuasan dan tidak bersyukur menjadi momok dalam diri yang siap menghantui seseorang dan merayu untuk melakukan hutan, sekalipun tidka untuk kebutuhan mendesak hanya sekedar keinginan saja.  Hutang pun kini makin merebak di sekitar kita, mulai dari iming-iming tanpa agunan hingga bunga kecil. Jika seseorang tidak waspada dan tahu dampak buruk dunia akhirat, tentu ini sangat membahayakan diri sendiri dan keluarga. 

Agama Islam telah mengatur semuanya, mengatur tentang hutang piutang beserta adab-adab dan aturan-aturan dalam berhutang. Namun, banyak sekali yang kini mulai meremehkan hutang dengan dalih memiliki gaji tetap. Terlilit hutang adalah hal yang bisa, hutang pertama belum lunas, bertambah hutang kedua, ketiga hingga seterusnya. Hutang hampir menjadi gaya hidup, teori ekonomi orang barat yang mengatakan bahwa hutang adalah daya ungkit. Terkadang ini menjadi pedoman orang kaya yang memiliki banyak perusahaan. 

Rasululloh SAW saja sangat takut berhutang dan khawatir akan menjadi kebiasaan. Diriwayatkan dari ‘Aisyah radhiallaahu ‘anhaa, bahwasanya dia mengabarkan, “Dulu Rasulullahshallallaahu ‘alaihi wa sallam sering berdoa di shalatnya:


Jika anda kini tengah terlilit hutang, bacalah doa tersebut setiap saat. dan bertekadlah untuk tidak menambah hutang namun berfikirlah untuk segera melunasinya dengan upaya menambah lumbung penghasilan selain gaji anda. Yakinlah,bahwa usaha anda terlepas dari lilitan hutang akan senantiasa dibantu Alloh SWT dan diberikan kemudahan mendapatkan rejeki yang lebih berkah.



Rahasia Dzikir, Usir Depresi dan Mengubah Hidup Anda

Posted by
Depresi adalah suatu kondisi yang menyebabkan sesorang sedih berkepanjangan. Aktivitas seseorang bisa terjadi kendala jika hati dalam keadaan sedih, lelah, tidak semangat mengerjakan sesuatu hal, malas beraktivitas, pola tidur yang terganggu. Gejala dpresi seperti ini bisa berujung pada kematian karengan keinginanan untuk mnegakhiri hidup.

Penyebab depresi sangat banyak, mulai dari organbiologis, psikologis dan sosio lingkungan. Penyebab yang kerap muncul selain dari faktor kondisi dalam tubuh seperti tekanan batin psikis, dampak perilaku suatu komunitas, kehilangan pasangan hidup, pekerjaan, bencana dan dampak situai kehidupan sehari-hari. Hidup di zaman era modern seperti sekrang, tanpa disadari pemicu depresi makin tersebar. Mulai dari gaya hidup, sifat hedonisme hingga rasa kurang puas dan tidak bersyukur  terhadap suatu kenikmatan yang diberikan tuhan.


Bagi seseorang yang beragama Islam, persoalan hidup memang akan menjadi bahan ujian bagi manusia yang bertaqwa selama di dunia. Kesedihan, kelaparan, sakit, kecukupan adalah bentuk kasih sayang Alloh SWT bagi sesorang yang memahami hal ini. dan bersikap sabar apabila mendapat musibah, bersyukur apabila mendapatkan kenikmatan. Bahkan, cara terbaik dalam mengatasi depresi sudah tertulis jelas dalam kalamulloh.

Dzikir merupakan cara terbaik bagi umat islam yang tengah dilanda kegalauan batin. Dzikir berbeda dengan doa-doa tekstual yang kerap dibaca. Dzikir fokus mengarah pada Alloh SWT, mendekat dan ibarat ngobrol dengan konsultan hidup. Alloh menjelaskan melalui ayat alquran, termasuk surat ayat 9 surat Al Munafikun. Dzikir atau mengingat Alloh adalah bentuk upaya manusia mengingat maha pencipta. Banyak kemudahan yang didapat manusia jika mereka berdzikir setiap hari. 

Menjalani hidup, terkadang manusia selalu merasa ada yang kurang padahal kenikmatan demi kenikmatan selalu didapat. Barangkali ada yang perlu diinstropeksi, apakah dzikir sudah tidak menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari?

Dzikir tidak sebatas mengulang bacaan doa hingga ribuan kali. Dzikir adalah menyatunya hati pada sang khaliq, menumpahkan segala rasa peluh kehidupan, merenungi kehidupan dan segala perbuatan yang telah dilakukan. Dzikir tidak cukup hanya dengan memasahi bibir dengan hafalnya doa namun jauh lebih penting adalah bagaiaman hati merasa tenang jika mengingat Alloh SWT tanpa ada rasa beban untuk menjalani hidup, masalah kehidupan yang pelik sekalipun bisa terselesaikan dengan mudah melalui dzikir yang berujung pada tanda syukur kitapada Alloh SWT atas kenikmatan yang diberikan: 

Persaingan kehidupan yang sangat kompetitif tentu memiliki banyak tantangan. Dinamika kehidupan sekaran berputaar begitu cepat, masalah demi masalah datang berdatangan. Melalui dizikir, banyak sekali manfaat yang akan kita dapat, tidak hanya keridhoaan Alloh namun juga keberkahan menjalani hidup. Seperti yang sudah di ketahui dzikir mempunyai manfaat secara tidak langsung maupun langsung. Berikut adalah berbagai manfaat yang didapatkan setelah berdzikir”. Berikut manfaat dzikir yang akan anda dapat jika dilakukan secara konsisten:

1. Hati dan pikiran akan tenang 
Sedih, rasa was-was tentu tidak akan menghantui kehidupan seeorang jika melakukan dzikir setiap waktu

2. Kekuatan dalam menghadapi masalah 
Seberat apapun masalah anda, yakinlah ada yang Maha Besar selalu siap mendengar keluh kesah dan memberikan solusi yang tidak anda duga sebelumnya.

3. Dijauhkan dari siksa kubur 
Tahukah anda, dzikir menjadi penghalang siksa kubur manusia, menjadikan dzikir bagian dari hidup dan makanan hati ini akan lebih mudah menjalaninya tanpa paksaan.

4. Kepercayaan diri yang tumbuh 
Depresi bisa merubah semangat hidup seseorang turun drastis. Sulit bangkit dari kesalahan dan enggan untuk kembali bergaul kembali dalam pertemanan akan menyebabkan hal yang sangat fatal. Dengan dzikir, seseorang yang terkena depresi akan tumbuh benih kepercayaan pada diri dan semangat melakukan aktivitas.

5. Kemenangan dan meraih sukses
berawal dari kepercayaan diri ini membangkitkan semangat seseorang untuk melakukan hal yang positif. Sukses, dapat diraih dengan mudah. Sahabat Rasulullah SWT, Ali bin abi Thalib  saat menghadapi peperangan, senantiasa berdzikir meski tentaranya sangat sedikit padahal medan perang sangat luas.

Depresi bisa terjadi pada siapa pun dan kapan pun. Percayalah bahwa setiap kesulitan yang anda jalani selalu berbuah kemudahan jika anda selalu positif thinking dan mengingat Sang Maha Pencipta.


Metode Wafa, Membaca Alqurán Makin Mudah dan Menyenangkan

Posted by
Metode wafa merupakan salah satu cara mengajar mengaji yang berbasis otak kanan. Tahun 2013, saya mengenal wafa, menjadi guru Al quran di sekolah islam terpadu Bina Insani Kota Kediri. Banyak sekali hal baru tentang ilmu alquran yang saya ketahui. Bagaimana sebuah metode, bisa "menyampaikan"dengan mudah dan tepat sasaran. 

Jika kita flashback ke masa kecil kita, mungkin kita merasakan hal yang sama, belajar sekedarnya, asal tahu saja, asal bunyi makhroj dan asal tahu tajwid dasar. itu saja kita kelas tingkat sekolah dasar (SD) mau  ngaji aja, orang tua dah seneng banget, ya nggak? hehe....Lanjut cerita tadi ya. Sejak tahun 2010, Sebelum wafa, para guru concern di metode ummi. Seperti halnya dengan wafa, Untuk menjadi guru alquran yang 'legal' harus memenuhi banyak persyaratan, lolos ummi 1,2,3,4,5,6 hingga tajwid. Di akhir kelulusan harus mengikuti ujian langsung dari ustad tim ummi hingga berujung pada sertifikasi ummi yang dilakukan selama hampir satu bulan. 



Tak perlu menunggu satu tahun, saya bisa lolos hingga sertifikasi dengan metode ummi. Alhamdulillah, bekal mengajarkan alquran pun saya raih dengan lancar. Perjuangan ini tidak lepas dari lelahnya saat kuliah dulu. Di sela-sela padatnya jadwal kuliah, saya nyambil ngaji ke sana sini.  Dapatlah guru ngaji seorang hafizah yang cara ngajarnya sangat keras. Tak jarang, saya pulang dengan langkah gontai, bercucuran air mata karena satu makhroj tidak betul, atau lidah ini rasanya sudah kaku dan kelu. 

Ngaji alquran ternyata tidak sekedar asal tahu dan prakteknya zonk. seperti halnya speaking dalam bahasa inggris, berlatih terus dengan menerapkan ilmu makhroj yang didapat dan menghafal banyaknya ilmu tajwid. Metode wafa adalah bentuk pengembangan dari metode ummi. Dalam ranah ini saya tidak bisa menjelaskan secara gamblang bagaimana proses transisinya. karena metode bacaan alquran selalu bersifat dinamis. melakukan pembaharuan demi kemudahan proses pembelajaran dengan sempurna oleh peserta didik. 

Metode wafa ataupun metode ummi tidak hanya fokus ke anak sekolahan, remaja, orang dewasa bahkan pemula yang belum mengerti bacaan alquran bisa dengan mudah memahami dan mengikuti tahapan.

Nada yang dipakai metode ummi ini adalah nada rasm. perkenalan saya dengan metode ummi sebenarnya membuat saya jatuh hati, peserta didik memang mudah sekali memahami, tegas dalam melafalkan dan mudah menghafalkan. output dari metode ini peserta didik diwisuda telah hafal juz ke 30 saat kelulusan Sekolah dasar. Fatih namanya kini jadi siswa teladan di salah satu sekolah tahfid dan lulus SMP telah menyelesaikan 30 juz. Dengan metode ummi, saya pernah lihat ada salah satu orang tua membimbing putrinya dalam lomba tahfizd indonesia. 

Metode wafa, berevolusi memberikan banyak inovasi. metode wafa ini juga memiliki kelebihan untuk mengenalkan anak pada urgensi membaca alquran melalui cerita. Alhamdulillah, sekarang pun saya dapat amanah mengajar WAFA untuk ibu-ibu (bagi saya ini lebih menantang karena faktor usia juga) tentu berbeda sekali dengan saya mengajar siswa SD-SMP saat itu. Ingin tahu gimana model pembelajarannya metode wafa, tunggu postingan selanjutnya yaa....pembahasan saya nanti hanya sebatas proses pembelajarannya bukan teknis membacanya karena harus bertemu langsung untuk bisa menilai makhroj (tempat keluarnya huruf hijaiyah).  






Bayar Zakat Melalui ATM, Ini Penjelasannya

Posted by with No comments
Membayar Zakat wajib hukumnya bagi seorang muslim, apapun profesinya. Zakat yang merupakan kewajiban dan perintah Allah SWT dalam Alquran surat At-Taubah: 103: “Ambillah dari sebagian harta mereka sebagai shodaqoh (zakat) …………..”.

Zakat adalah aset dan dana abadi milik umat yang Alloh persiapakan hingga akhir zaman. Di era globalisasi seperti sekarang, perubahan begitu dinamis. Era teknologi komunikasi menuntut kesiapan dengan percepatan informasi. Tak pelak, lahirlah aneka produk seperti internet banking, ATM, Credit Card, Phone Banking dan yang lainnya merupakan kecanggihan teknologi informasi.

Doa Adalah Metode Pengobatan Segala Macam Penyakit

Posted by
“Semoga lekas sembuh yaa.......................” Seringkali pernyataan tersebut muncul pertama kali saat kita mendengar ada orang sakit. Respon dari pendengar bisa jadi bermacam-macam, ada yang mendoakan tulus, ada pula yang mengiyakan sekedar pemanis lisan tanpa diiringi dengan keyakinan.

Rasulluloh SAW telah mengajarkan metode pengobatan melalui doa. Hal ini dteliti oleh seorang pakar kesehatan bidang rematik di Inggris yaitu Dr. Dhiyak Al Haj Husen, beliau sebagai anggota Asosiasi Pengobatan Sakit Punggung dan Akupuntur Inggris di Inggris Amerika. Beliau bereksperimen menggabungkan metode pengobatan moderen dan metode Nabi atau dikenal dengan Thibbunnabawi dengan dibarengi doa dalam mengobati penyakit punggung yang diderita pasien.

Pohon, ‘Sahabat’ Nabi Muhammad Masih Hidup

Posted by with 2 comments
Temaaan, Rasulullan hidup ribuan tahun yang lalu. Percaya nggak sih, ada peninggalan jejak Nabi yang sampai saat ini masih ada? Yakni, pohon. Hm…ada yang tau?

Dulu, ketika nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan menuju Syam bareng Maisarah (pembantu Sayyidatuna Khadijah Ra) untuk berdagang. Nabi kecapekan dan istirahat di bawah sebuah pohon. Saat Nabi berada di bawah pohon, dahan dan ranting-ranting pohon bergerak menaungi beliau dan panasnya terik matahari.

Waspada Terhadap 3 Godaan Saat Ramadhan

Posted by with 1 comment
Bulan Ramadhan selalu dinanti umat Islam, keberkahan dan pahala kebaikan yang berlipat ganda menjadi magnet dalam berlomba menjalankan ibadah wajib maupun sunnah. Seorang muslim wajib berpuasa, menahan diri dari makan dan minum mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan syarat tertentu, untuk meningkatkan ketakwaan.

Euforia memasuki awal bulan Ramadhan begitu terasa, kita menyambut kehadiran bulan suci dengan suka cita. Setan-setan Dibelenggu, Pintu-pintu Neraka Ditutup dan Pintu-pintu Surga Dibuka. Betapa bahagianya umat Islam sedunia bisa merasakan nikmatnya bulan suci Ramadhan.

Tanpa kita sadari, sebenarnya ketakwaan seorang muslim pada bulan Ramadhan benar-benar diuji, tidak sekedar menahan lapar dan haus saat berpuasa namun juga dalam menjalani ibadah lainnya. Banyak sekali godaan-godaan yang mengintai fokus kita dalam mencari keberkahan bulan Ramadhan. Godaan apa saja itu? sebagai seorang muslimah dan ibu rumah tangga, saya kadang tergoda dengan 3 hal berikut; 


Inilah Alasannya, Makanan Tidak BolehDitiup

Posted by with No comments
“Ayooo, Mi…cepetan aku laper, nih! Tiup aja, biar cepet dingin! Desak Azzam sambil komat-kamit menyembulkan udara lewat mulut mungilnya

“Ops,…..bentar, ya! tak ambilin kipas dulu, jangan ditiup tapi dikipasin aja” Bujuk saya

Semangkok bubur ayam ini memang sungguh menggoda bila dimakan selagi hangat. Pas jika tiap sendok demi sendok ditiup kemudian HAAAAP! Nyam…nyaaam….nyaaaaam.

Masuk Neraka Siapa Takut #Melukai Hati Ibu

Posted by with 7 comments
Surga di telapak kaki ibu. Begitulah peribahasa yang menggambarkan betapa mulianya seorang ibu. Mulai dari hamil, melahirkan dan membesarkan anak, ibu punya peran yang luar biasa. Tanpa kelembutan dan kasih sayang ibu, kita tak mungkin bisa seperti sekarang. Saya pun sangat bersyukur memiliki ibu yang kini masih sehat, bugar dan rajin beribadah. 

WAFA : Ajaibnya Dongeng Saat Mengaji

Posted by with 8 comments
Anak malas mengaji? Terlebih jika anak masih duduk dibangku taman kanak-kanak atau sekolah dasar? Jangan khawatir, cerita ini bisa anda jadikan tambahan referensi saat mengajar. 

Memasuki jam pelajaran Al-Quran, siswa berlarian menuju tempat kelompoknya. Saya pun sudah menenteng alat peraga dan perangkat metode pengajaran WAFA. Untuk menertibkan siswa saja saya membutuhkan waktu 10 menit, karena memang sebagian siswa termasuk anak super yang doyan banget bermain. Berlari, melamun, duduk di meja, bertingkah aneh mencuri perhatian siswa lainnya itu sudah hal biasa. Ada 1 siswa yang bikin saya gemes, namanya Azia, pasalnya sudah 2 hari ini dia mogok ngaji. Tidak ada alasan, dia hanya mengunci rapat mulutnya saat saya dan guru pendamping mengajaknya ngaji secara individual bukan baca simak. Sekali, dua kali, berkali-kali tidak mau juga.

Lebaran itu Harus Bersih Bukan Baru

Posted by with No comments
Kawan, tak terasa ya udah setengah bulan kita berpuasa? Bagiku, Ramadhan itu bulan yang sangat membahagiakan. Mushola jadi rame jamaah, rame tilawah Al – Qur’an, banyak yang sedekah, bagi yang punya bisnis omset tambah meningkat, mata adem saat nonton acara di televisi karena acara di bulan ini biasanya bagus2 *hehe, ibadah tambah khusyuk karena berlomba cari voucher pahala yang berlimpah ruah dibulan suci Ramadhan.


Waktu memang terus berputar, sebentar lagi kita bakal di tinggal Ramadhan, sepertinya konsentrasi kita sekarang sudah agak bergeser nih, tertuju pada persiapan lebaran.