Cara Mengajar PAUD untuk Pemula

Posted by with 8 comments
Cara mengajar anak paud yang menyenangkan, bagi seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan PAUD tentu tidak akan mengalami kesulitan ketika mengajar anak usia dini. Lantas, bagaimana jika teman-teman yang tidak pernah mengajar anak paud? Kali ini, saya ingin berbagi cerita pengalaman ketika mengajar PAUD. Semoga aja bermanfaat, 

Awalnya saya ragu bisa menjalani 'profesi' ini. Sama anak sendiri saja kadang masih gemes sebel kok, gimana mau ngajarin murid-murid yang usianya masih kecil banget. Bulan ini merupakan bulan ke ke-6 terjun di dunia PAUD. Sejak tahun lalu, beberapa kawan sudah ada rencana mendirikan sekolah, dimulai dari PAUD ini, berharap bisa berkembang ke tingkat dasar dan selanjutnya. 

Tak disangka, saya kena tunjuk juga untuk membantu di operasionalnya, hingga kini saya memegang kelas Play Group (PG) yang usianya mulai dari 2, 7 tahun hingga 4 tahun. Wow, masa golden age!

Tengok foto ini, hihi....kuecil kan? 

Tidak ada pilihan lain kala itu, padahal saya ingin sekali fokus di dunia online. Tapi ya, tidak ada salahnya dicoba. Pernah sih,  ingin memiliki sekolah yang dikelola sendiri, namun karena masih mengumpulkan modal ini itu, belum pede juga merealisasikannya. Siapa tahu kedepannya nanti ilmunya berguna. Okey, bagaimana cara mengajar anak paud yang menyenangkan? berikut ini caranya....

Kegiatan siswa PG Saat Sentra Persiapan, belajar melipat

Pede
Nggak hanya ngajar anak ABG, butuh pede. Ngajar anak super kecil itu juga butuh pede. Apalagi, awal sekolah masih ditunggu ayah ibu. Cara meningkatkan rasa percaya diri dengan praktek langsung, mengamati cara mengajar guru lainnya. Salahsatunya, temen-temen bisa menghafalkan beberapa lagu anak untuk dinyanyikan didepan anak-anak. 

Cari yel-yel untuk mengkondisikan anak-anak
Suka ngobrol sendiri, doyan rame, itulah ciri khas anak-anak. Saya pribadi biasanya kesulitan mengkondisikan mereka karena suara ini benar-benar tidak support untuk jadi guru TK. hihi, butuh teriakan lantang dan lagu simple untuk menarik perhatian anak. 

Amati gaya mengajar guru lain
Magang jadi solusi terbaik ketika kamu hendak mengajar. Upayakan minimal 1 bulan secara kontinyu, jika benar-benar ingin tahu berbagai 'kasus' ketika pembelajaran. Di sana nanti, temen-temen akan menjumpai karakter anak dan ilmu psikologi secara riil. 

Fahami karakter anak
Tiap anak berbeda dengan yang lainnya, meski kasusnya sama tapi cara penanganannya berbeda. Misalnya, ketika ada pertengkaran, ada anak yang cukup sekali dilerai dan memahamkan. anak yang lain, butuh berkali kali diingatkan supaya tidak memukul temannya. 

Temukan solusi permasalahan secara cepat
Mengajar anak kecil kesannya sangat sepela namun ada sisi emosional yang harus guru kuasai. Di masa golden age ini, tidak cukup hanya sisi kognitif yang disentuh. Namun, bagaimana pembiasaan baik juga ditanamkan. Jangan menunda permasalahan kecil, misalnya,  anak mengompol, jangan malah dibentak tapi sering diingatkan melalui lagu atau pembiasaan lain. 

Tingkatkan kreativitas
Kreativitas sangat dibutuhkan tenaga pengajar PAUD, saya pribadi karena guru amatiran. awalnya, ya meniru guru lain dan sarana internet bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. 

Selalu Ceria saat bersama anak-anak 
Senyum dan ceria dihadapan anak-anak adalah cara terbaik untuk menyalurkan energi positif. Ketika memiliki masalah apapun di rumah, jangan pernah terbawa saat mengajar. Ini pernah lho terjadi, ketika saya dalam kondisi yang sangat capek dan lagi banyak masalah. Di sekolah pun, pelampiasannya ke anak-anak. Namun, ketika saya berusaha ceria dan senyum di depan mereka, aura positif semangat pun ada.

Secara pribadi mengajar PAUD itu menyenangkan. Bisa jadi alternatif untuk refreshing, polah tingkah anak-anak, kelucuan mereka akan selalu dirindukan. Namun, ketika durasi pembelajaran PAUD di sekolah tempat saya mengajar itu sampai pukul 13.00 (full day school). Bayangkan, jika tidak totalitas, titik jenuh itu akan pasti ada. Suatu saat nanti, kalau saya punya sekolah, nggak kuat kayakanya ngajar begitu lama. Hihi....

Apapun profesinya. Lakukan dengan bahagia dan totalitas....

Siswa TK Prima Cendekia Islamic School usia 4-5 tahun 

Sekolah ini berada di kawasan Grogol, Kediri, Jawa Timur

Ingin tahu kegiatan sekolah kami? Lihat di sini ya (Klik) PRIMA CENDEKIA ISLAMIC SCHOOL




8 komentar:

  1. tidak mudah sama sekali memang untuk mengajar anak-anak..saya pun merasakannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sampai jam 10-11 pastinya nggak akan bosen mba, kalau plg jam 1 itu lho yang kadang, pengajar udah down.hihi

      Hapus
  2. Saya setahun ngajar PG dan TK,saruuuu bangett..heppi terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh mba, kalau kita nggak senyum. bablass deh, pengen ngambek kalau ada anak yang rewel

      Hapus
  3. adek saya dulu juga sempet ngajar paud, asik sih..dan harus sabar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, memang harus super sabar pokoknya, hihi

      Hapus
  4. febri ini, mbak, calonnya, hihi:) :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serius??? Siap-siap "ditembak" jadi guru Pricis yak,

      Hapus

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.