Kamis, 23 Juni 2016

Tips Mudik Hemat

Posted by with No comments

Assalamualaikum, Teman-teman blogger ^^

Lama banget ya, saya tidak menulis celotehan renyah di sini. Biasalah, disibukkan dunia offline dan jualan. Jadinya agak mengabaikan dunia blogger. Kalo sudah kangen nulis. ya begini....siap-siap dah cuap-cuap. Berhubung bentar lagi kita mau lebaran, suasana mudik sudah mulai nih membanjiri timeline sosial media dan televisi. Apa yang ada di fikiran kamu ketika mau mudik?

Senang, berjumpa dengan keluarga besar?
"Uang lembaran baru, aroma khas habis dari percetakan? hihi
Capek? berjubel di bus 
Macet? 
Oleh-oleh?
Wisata?

Masih banyak lagi, kan? begitulah, selalu ada suka dan dukanya. 

Kali ini, saya mau sharing tentang Tips Mudik Hemat.

Pernah nggak sih, teman-teman merasa berraaat banget saat hendak mudik. Salah satunya uang yang harus dibutuhkan juga harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Meski demikian, teman-teman tidak perlu khawatir karena ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menekan biaya pengeluaran saat mudik. 


1. Beli Tiket Jauh-jauh hari

Tips pertama ini berlaku bagi temen-temen yang mudik menggunakan transportasi umum. Pesanlah tiket pemberangkatan dan kepulangan sejak dua bulan sebelumnya. Biasanya lebih murah, kan? Bagi yang menggunakan mobil pribadi, harus segera diperiksakan ke bengkel untuk di service supaya dalam perjalanan tidka terjadi kendala apapun.

2. Bikin anggaran secara detail dan cerman

Teman-teman bisa membuat list anggaran yang mau dikeluarkan saat mudik. Seperti; tiket, bensin, oleh-oleh, angpao, kebutuhan P3K anak saat dijalan dan yang lainnya. Jangan maksa membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan ya. Persiapkan uang cadangan untuk dipakai kebutuhan mendesak. 

3. Bawa Sedikit Barang

Tuh, percaya atau enggak, tips yang ketiga ini memang sulit banget dipraktekkin terutama bagi ibu muda kayak saya. Hehe. Membawa sedkit barang akan meringankan kita untuk mengontrol kondisi aman. kecuali jika bawa mobil sendiri, ya upayakan tidak membawa barang banyak. barang-barang yang ingin anda berikan ke sanak saudara bisa anda kirimkan melalui jasa pengiriman. 

4. Fahami rute perjalanan

Supaya anda tidak melewati banyak rute an menghabiskan banyak bensin. Teman-teman harus memahami rute yang mau dilewati

5. Siapkan Kondisi Fisik

Biasanya, mempersiapkan awal berangkat mudik. Pasti membuat fisik capek, oleh karena itu persiapkan kondisi fisik dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai rempong membeli obat obatan di jalan dan mendadak karena harganya lebih tinggi dari harga biasanya. 

6. Berdoa dan Tetap Memberi Kabar

Tips terakhir ini penting banget. Biasanya orang tua atau keluarga besar menanti kedatangan kita. Jangan lupa memberi kabar ketka berada di titik-titik persinggahan. Persiapkan baterai handphone penuh untuk mengantisipasi kemungkinan buruk seperti hape low bat yang bisa mengganggu komunikasi dengan keluarga. Jangan lupa, senantiasa berdoa agar perjalanan mudik lancar hingga kembali pulang dan mudik kita bernilai ibadah, membawa berkah. 

Hati-hati di jalan ya teman-teman, 
Saling mendoakan

Sahabatmu, 
Nurul Habeeba

0 add comment:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.