10 Fakta Mengejutkan Jika Ibu Hamil Sering Minum Es

Posted by with 5 comments
Informasi seputar tips cara cepat hamil seringkali dicari para pasangan suami istri yang baru saja menikah. Memiliki buah hati adalah idaman banyak orang. Banyak yang melakukan apa saja demi menginginkan kehamilan. Bersyukurlah, bagi anda yang sudah diberi kenikmatan merasakan proses kehamilan.

Dalam rentan waktu 9 bulan, bahkan lebih, anda akan menemukan banyak keajaiban, pastikan anda menjalani kehamilan dengan pengetahuan yang memadai, salah satunya informasi tentang minum es ketika hamil, boleh atau tidak? Banyak sekali pantangan yang dikaitkan dengan mitos, oleh karena itu upayakan untuk mencari faktanya terlebih dahulu jika ingin menghindari pantangan tersebut

Berikut 10 Fakta Mengejutkan Jika Ibu Hamil Sering Minum Es 

1. Gampang lelah
Tahukah anda, air es bisa menghambat penyerapan gizi ibu hamil seperti asupan karbohidrat. Bunda akan mudah lelah, tidak bergairah, tidak bertenaga. Tentu hal ini bisa memperburuk kondisi janin dalam rahim.

2. Badan bisa gemuk
Air es yang diminum sehabis mengkonsumsi makanan bisa menyebabakan pembakaran kalori dalam tubuh bertambah lama. Lemak pun juga tidak terbakar sempurna. Oleh karena itu, ibu hami ll yang sering minum es akan gemuka karena adanya penumpukan kalori dan lemak. Jika ibu hamil dalam kondisi gemuk tentu akan mempersulit proses persalinan. Normalnya, peningkatan berat badan  tidak lebih dari 15 kg dari berat badan sebelum hamil.

3. Bayi besar
Jika ibu hamil minum es dicampur dengan pemanis seperti glukosa akan membuat pertumbuhan berat badan semakin berat. Berat bayi normalnya 2,5kg sampai dengan 3 kg saat bayi lahir. Jika lebih dari itu, ibu akan sulit melahirkan bahkan kemungkinan melahirkan normal sangat sulit. 

4. Diabetes
Kandungan glukosa dalam semua makanan yang dikonsumsi ibu hamil sangat beresiko pada diabetes jika berlebihan. Asupan gula yang dikonsumsi ibu akan berpengaruh pada kondisi janin yang dikandungnya.

5. Mudah Masuk Angin
Terlalu sering minum es bisa menyebabkan masuk angin. Jika hal ini terjadi, kondisi ibu hamil akan semakin drop karena pada umumnya, ibu hamil mengalami morning sickness yang membuat ibu hamil tidak doyan makan. Perubahan suhu secara mendadak akibat minum es bisa mengakibatkan masuk angin. 

6. Dehidrasi
Tahukah anda bahwa mengkonsumsi es bersifat kamuflase? Usai minum es, ibu hamil akan merasakan haus yang berlebihan, bahkan bisa dehidrasi berlebihan. Tnetu ini sangat tidak baik untuk tubuh ibu hamil karena bisa mengganggu kesehatan janin.

7. Perut Kembung
Air minum yang dikonsumsi usai makan harus menyesuaikan kondisi makanan sebelumnya. Misalnya, anda usai makan bakso hangat, seharusnya minuman hangat yang cocok usai menyantap bakso. Jika sebaliknya, mengkonsumsi es? kerja organ perut akan berubah. Otot perut menjadi kram atau kejang. Gas dalam perut ibu hamil tidak akan terelakkan.

Banner 336x280

8. Pengerutan dinding usus
Suhu di dalam air es bisa membuat partikel di dalam makanan khususnya makanan yang berminyak menjadi beku. Pembekuan minyak di saluran usus itulah yang menyebabkan penyempitan saluran pencernaan atau usus.

Pengerutan dinding usus usai minum es sebenarnya tidak hanya dialami ibu hamil saja. Air es tersebut bisa menyebabkan penghancuran dan proses penyerapan makanan sangat terganggu.

9. Penyerapan gizi akan terganggu
Jika ibu hamil kekurangan nutrisi sangat tidak baik bagi perkembangan janin. Penyempitan saluran pencernaan bisa mempengaruhi berat badan rendah dan gangguan pembentukan janin. 

10.  Bisa menyebabkan pusing
Kandungan glukosa pada es bisa menyebabkan pusing di kepala. Metabolisme akan terganggu dan sistem syaraf tidak menerima perubahan suhu yang mendadak. Akibat perubahan suhu yang mendadak, asupan oksigen sangat kurang dan kepala akan merasakan pusing.

Ibu hamil memang cenderung merasakan panas dan gerah, wajar jika sebagain dari mereka mengindahkan larangan minum es. Jika ibu hamil minum es tanpa gula atau sirup tentu tidak berpengaruh signifikan pada perubahan, Kombinasi gula dan es itulah yang memicu banyaknya akibat yang bisa mempengaruhi kesehatan ibu dan janin. Sebenarnya, ibu bisa mengganti kesegaran es dengan kesegaran buah-buahan, yang pastinya jauh lebih kaya nutrisi dan dangat bermanfaat.

Simak juga informasi penting Cara Mendidik Anak yang Baik, Ayah Punya Peran Penting 

Selamat menikmati proses kehamilan bundaaa.....selamat berbahagia :)




5 komentar:

  1. aku lupa dulu sering minum es apa enggak, kayanya sering mbak, padahal udah dibilang jangan ya

    BalasHapus
  2. Aku konsumsi air es utk tombo pengin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengen....tapi malah kebablasan ntar mba...#bahaya

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.