Tujuh Hal yang Wajib Diketahui Blogger Saat Menulis Konten Blog Berkualitas

Posted by
Menulis konten merupakan aktivitas rutin yang harus dilakukan para blogger untuk merawat blognya. Menulis sangat erat hubungannya dengan kemampuan seseorang dalam menalar sebuah ide, teori dan realitas sesungguhnya. Bagi seorang blogger yang suka menulis akan terasa mudah dilakukan. Meski, harus diberi target hanya lima belas menit untuk satu postingan. Sebuah blog membutuhkan ratusan artikel jika ingin mendapatkan penghasilan. 

Artikel yang baik adalah artikel yang bermanfaat untuk orang lain dan untuk blogger itu sendiri. Artikel yang baik tidak hanya untuk memancing kekaguman para pembaca lantas kemudian pesan dalam tulisan juga sulit diterima para pembaca, Jika anda seorang blogger pemula, ada 7 hal yang wajib anda ketahui untuk menghasilkan konten blog yang berkualitas;


1. Tentukan Topik
Menentukan topik sesuai dengan passion anda sangat penting dipertimbangkan. Jangan sampai anda menulis jika tidak terlalu memahami topik tersebut. Memang, diawal kepenulisan anda merasa biasa namun anda akan merasa enggan dan kesulitan untuk melanjutkan. 

2. Tata Bahasa
Menulis adalah skill. Seberapa banyak tulisan  yang anda buat itu akan mengasah skill anda dalam membuat tulisan. Seorang penulis pemula membutuhkan waktu yang lama untuk memperbaiki tata bahasa atau ejaan. Sambil menulis, sambil belajar tata bahasa sesuai kaedah bahasa. Jangan ragu membuka kamus bahasa Indonesia jika anda ingin menemukan kebenaran ejaan. Teruslah mempertahankan tata bahasa yang baik namun tetap luwes, supaya para pembaca juga nyaman membaca hingga tuntas. 

3. Panjang Bacaan
Jangan pernah terpaku dengan jumlah kata. Sampaikan secara gamblang ide anda dalam konten tulisan. Beri tambahan sedikit teori ilmiah yang menunjang ide anda supaya menambah wawasan bagi pembaca. Beberapa orang berpendapat minimal tulisan dalam sebuah konten blog itu 300 kata, 500 kata atau 700 kata. Silahkan anda berkreasi, makin sering anda menulis makin faham seberapa banyak kata sebuah konten sampai ide tersebut bisa difahami para pembaca.

4. Bacaan Ringan
Dengan tujuan memperindah kalimat, jangan sampai anda terlalu mengajak pembaca sulit memahami. Menulislah seperti anda berbicara, bertatap muka dengan banyak para pembaca. Menjelaskan maksud dan tujuan ide yang anda gagas. Ataupun, mengulik sebuah permasalahan dan anda ingin mengajak para pembaca berdiskusi hingga membuat para pembaca makin penasaran untuk melanjutkan bacaan. Jadi, sampaikan dengan cara sederhana sehingga ringan dibaca.

5. Gaya Bahasa
Carilah gaya bahasa yang sesuai dengan pembaca anda. Persepsi seseorang dalam mencerna sebuah bacaan berbeda-beda. Dalam proses ini, anda akan memahami audience blog anda. Tulisan seperti apa yang mereka sukai.

6. Pertegas Intonasi dengan Tanda Baca
Intonasi dalam sebuah bacaan disesuaikan dengan tujuan anda membuat sebuah konten. Intonasi dalam bacaan samahalnya dengan intonasi verbal. Nada mengajak, memerintah, menyindir, bersahabat, negatif dan masih banyak lagi. Tentukan karakter anda dengan latihan menulis konten terus menerus.

7. Kutipan
Biasanya untuk meningkatkan kualitas konten. beberapa blogger menghabiskan waktu mencari kutipan dari para pakar. Tujuannya untuk menyempurnakan tulisan menjadi makin bernilai. Hal seperti ini tidak ada salahnya, namun anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mencari karena dalam diri anda tersimpan ide dan solusi berkualitas sesuai pengalaman dan hasil bacaan anda selama ini. Yakinlah, menyampaikan ide yang anda miliki jauh lebih baik dari pada banyak kutipan yang mengambil dari orang lain.

Tujuh hal diatas menentukan kualitas konten yang anda buat. Berlatihlah terus menerus untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas.