Tips Memenangkan Lomba Menulis

Posted by
Akhir-akhir ini, info lomba menulis mudah kita temui di beberapa blog. Menang lomba menulis menjadi target seseorang yang memiliki hobi menulis. Di era informasi seperti sekarang, banyak sekali informasi lomba menulis sebagai sarana 'promosi' sebuah produk atau memperkenalkan aktivitas tertentu.

Bagi seseorang yang memiliki hobi menulis, ajang perlombaan jadi ladang rejeki untuk mengais pundi-pundi rupiah. Hadiahnya pun beragam, mulai dari aksesoris, uang tunai jutaan rupiah, voucher penginapan gratis, jalan-jalan gratis hingga sepeda motor. Makin maraknya para blogger yang turut meramaikan dunia internet kini makin banyak para penyelenggara lomba. targetnya beragam, untuk pelajar, mahasiswa, umum bahkan untuk ibu rumah tangga. 


Dalam berkompetisi, anda benar-benar harus menguasai startegi untuk memenangkannya karena kompetitor nya sangat banyak. tidak terhitung puluhan saja, bisa ratusan hingga ribuan peserta. Jika anda baru pertama kali ikut, anda kerjakan semaksimal mungkin sesuai kemampuan. Jika anda menang, entah itu diurutkan ke sekian berarti anda memang sudah memahami dunia kepenulisan.  Dan, selanjutnya tinggal mengasah terus menerus.

Jika anda pemula dan sudah berkali-kali mengikuti perlombaan tapi belum juga pernah menang. Ikuti langkah berikut, tips memenangkan lomba menulis;

1. Fahami persyaratan
Info lomba menulis banyak sekali, memahami persyaratan lomba adalah langkah awal sebelum anda putuskan ikut atau tidak. Karena tidak semua perlombaan bisa anda ikuti, biasanya masing-masing lomba memiliki perbedaan. Jika anda sudah memahami persyaratannya, dan siap ikut. Silahkan lanjutkan langkah nomor dua

2.Sesuaikan dengan kemampuan
Tiap penulis memiliki kemampuan yang berbeda. Ada yang sudah terbiasa membuat cerpen. ada juga yang sudah mahir membuat artikel. Jika lomba menulis tersebut, sesuai dengan kemampuan anda. silahkan dilanjut, jika tidak....segera putuskan untuk membuang informasi tersebut karena waktu anda bisa tidak produktif karena melakukan sesuatu yang tidak anda kuasai. 

3. Ketahui sepak terjang para juri'
Juri memiliki peranan penting dalam menilai tulisan anda. Dari nama para juri anda bisa mencari informasi siapa mereka, pengalaman hingga haya bahasa yang mereka gunakan. Biasanya, para juri memiliki kemampuan yang mumpuni dalam dunia kepenulisan. 

4. Kenali medan persaingan
Anda bisa memprediksi tingkat kesulitan sebuah tema dalam setiap perlombaan. Jika tidak terlalu sulit, kemungkinan besar akan banyak yang mendaftar. Anda harus berusaha lebih keras lagi.  Jika tingkat kesulitan tinggi, anda bisa berpeluang untuk menang. 

5. Cari keunikan anda
Abaikan tulisan yang kelihatan indah tapi sulit dicerna oleh para juri. Tulisan yang baik adalah lahir dari buah ide anda sendiri yang dipadu dengan pengalaman yang sesungguhnya. Pengalaman hidup yang kita lalui adalah kunci keunikan yang tidak dimiliki peserta lain. Jadi...pastikan anda benar-benar memahami tema perlombaan. 

6. Jangan menulis dekat deadline
Biasanya seseorang yang sering mengikuti lomba, merasa lebih asyik menulis dekat dengan deadline. Karena ide mengalir deras. Tapi, apakah benar demikian? dalam realitanya anda membutuhkan waktu untuk mengevaluasi sebelum mendaftarkan. Karena, menuju sempurna jauh lebih baik daripada anda mengirimkan hasil tulisan yang apa adanya.

7. Sempurnakan dengan riset 
Sempurna dengan riset akan lebih meyakinkan para juri. Kualitas tulisan biasanya dipengaruhi hasil bacaan anda. Seberapa banyak informasi yang bisa anda berikan dalam tulisan, menunjukkan peluang anda untuk menang. Menjadi juara 1,2,3 atau menjadi juara harapan

Berkompetisi dalam ajang perlombaan kepenulisan akan membuat anda terpacu meng-upgrade ilmu. Dengan mengikuti lomba, anda akan tahu sejauh mana kemampuan para kompetitor. Anda juga akan belajar bagaimana mengatur emosi ketika anda mendapatkan kemenenangan atau kekalahan. membuat anda makin bersyukur dan bersabar. Setidaknya, tujuh langkah diatas sesuai pengalaman pribadi, bisa menjadi rujukan anda, berikhtiyar menjadi pemenang lomba menulis. Segera telusuri info lomba menulis dan selamat mencoba...