Sejarah Candi Prambanan, cerita dan asal usul candi prambanan

Posted by with No comments
Sejarah Candi Prambanan - Sejarah candi prambanan bercorak hindu ini dibangun pada abad ke 9. Pada saat itu raja Balitung Maha Sambu dari Wangsa Sanjaya yang berkuasa. Berdasarkan prasasti Syiwagrha  tahun 778 Saka (856 M) yang kini tersimpan di Museum Nasional di Jakarta, candi Prambanan dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan. 

Proses pemugaran candi prambanan tidak kunjung selesai, berikut tahapan pemugaran pada saat itu;
  • Tahun 1733 C.A Lons melaporkan adanya reruntuhan bangunan candi yang terbesar yaitu Candi Syiwa
  • Tahun 1885 Pengawasan Groneman melakukan penggalian dan pencatatan pertama, sekaligus memberishkan semak belukar dan mengelompokkan batu-batu reruntuhan candi. 
  • Tahun 1902 Van Erp melanjutkan upaya Groneman ditambah mengelompokan dan mengidentifikasi batu reruntuhan secara detil. 
  • Tahun 1918 Dinas Purbakala (pimpinan P.J Perquin) melanjutkan pemugaran. Sebagian candi Syiwa direkontruksi kembali. 
  • Tahun 1926  Dibentuklah panitia pemugaran yang saat itu dipimpin De Haan, tugasnya melanjutkan tugas Perquin. Candi Syiwa semakin disempurnakan dan dibangun candi Apit 
  • Tahun 1931 V.R Romondt menggantikan De Haan yang telah meninggal. 
  • Tahun 1932Candi Apit berhasil diselesaikan
  • Tahun 1942 Pemugaran dihentikan, ketika itu Jepang mengambil alih pemerintahan di Indonesia
  • Tahun 1953 Pemugaran candi Syiwa dan Candi Apit telah selesai. 
  • Hingga kini, pemugaran terus dilanjutkan secara bertahap. 

Asal usul candi Prambanan 


Dahulu kala, ada dua kerajaan besar yang ada di pulau Jawa Tengah. Yaitu kerajaan Pengging oleh Raja Pengging dan Kerajaan Prambanan oleh Prabu Baka. Pada saat itu, Prabu Baka dikenal memiliki karakter yang sangat kejam, bertubuh besar dan kesaktian luar biasa. Dalam rangka mempertahankan kesaktiannya, Parbu Baka selalu mengadakan upacara rutin sesembahan dengan mengorbankan manusia. Prabu Baka memiliki seorang putri yang sangat cantik parasnya yaitu Putri Rara Jonggrang. 

Bala tentara dari Kerajaan Prambanan selalu menggangu rakyat dari kerajaan Pengging. Sang Raja Pengging dibuat sedih atas ulah mereka. Hingga akhirnya, ia akan menjajah penguasa kerajaan Prambanan meski kekuatannya tidak akan sanggup mengalahkan kerajaan Prambanan yang begitu kuat. Kemudian, yang dilakukan Raja Pengging, menyuruh putranya yakni Raden Bandung. Si Raden disuruh bertapa memohon kekuatan kepada Dewa.  

Kesaktian pun berhasil didapat Raden Bandung berupa kesaktian dari jin yang bernama Bandawasa. Sejak saat itulah, namanya berubah menjadi Raden Bandung Bandawasa. Strategi pertemperan pun mulai direncanakan untuk bertempur dengan bala tentara kerajaan prambanan. Akhirnya, pertarungan sengit pun terjadi dan Parbu Baka sang pernguasa kerajaan prambanan tewas.

Pasca insiden tersebut, Raden Bandung mendirikan sebuah pemerintahan yang bernama Prambanan. Dan ketika itu pula Raden Bandung bertemu dengan si cantik jelita putra Prabu Baka. Raden pun jatuh hati dengan sang putri dan ingin meminangnya. Namun, cinta pun bertolak sebelah tangan. Rara Jonggrang tidak ingin diperistri oleh seorang pembunuh, yang telah membunuh ayah kandungnya. 

Rara Jonggrang tidak menolak mentah-mentah, namuan secara halus Rara Jonggrang mengajukan sebuah persyaratan jika disetujui maka Raden Bandung harus bisa membuat 1000 buah candi dalam waktu satu malam. Si Raden pun menyetujui, dan ia bergegas pergi ke sebuah lapangan dekat prambanan. Ia memanggil jin Bandawasa peliharaannya. Ia pun memerintahkan jin membuat 1000 candi seperti yang diinginkan Rara Janggrang. 

Jin segera memerintahkan teman, jin untuk membantu dan bekerjasama. Mereka pun bergegas menyelesaikan tugas membangun 1000 candi. namun, lewat tengah malam, Rara Jonggrang mengendap-endap ingin menyaksikan pekerjaan Raden Bandung. Spntan sangat kaget, karena hampir 1000 candi terbuat. Karena tidak ingin dinikahi pembunuh ayahnya, ia memabngunkan orang desa untuk memukul alu (penumpuk padi) supaya ayam  berkokok dan menandakan pagi.  

Ketika itu, 999 candi sudah terselesaikan oleh Jin Bandawasa beserta anak buahnya. mereka pun berhamburan pergi Raden Bandung bersiap diri menghadap Rara Jonggrang karena kegagalannya. Fajar pun ditunggu tak kunjung datang, hingga akhirnya Raden Bandung melihat keanehan dan menyelidikannya. Kenapa ini bisa terjadi? 

Rara Jonggrang tidak mampu menyembunyikan kecurangannya, dan Raden Bandung sangat marah. Tak butuh waktu lama, Rara Jonggrang dikutuk menjadi arca. Hingga saat ini, ada di candi Rara Jonggrang berada di kompleks candi Prambanan. Tidak hanya Rara Jonggrang, perempuan yang ada di desa itu dikutuk menjadi perawan tua.

Asal-usul sebuah cerita bersejarah merupakan sebuah legenda yang tidak ada seorang pun bisa menjamin kebenaran akan suatu cerita. Candi merupakan peninggalan bersejarah pada puluhan abad yang lalu, postingan seputar  Pengertian Candi

Akan membawa anda pada sebuah pemahaman tentang aset kebudayaan Indonesia yang ada hingga kini. Dan, harus kita lestarikan. Jangan sampai peninggalan karya seni nenek moyang terdahulu tidak bisa dinikmati anak cucu generasi masadepan.



0 add comment:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.