Segera Lakukan Langkah Ini Jika Anak Mimisan

Posted by
Mimisan atau biasa disebut epistaksis merupakan pendarahan dari hidung yang disebabkan karena trauma pada hidung atau penyakit tertentu. Mimisan kerap terjadi pada anak, ketika anak melakukan aktivitas yang terlalu berlebih. Orangtua kerap panik melihat darah mengucur dari kedua lubang hidung si kecil. Penyebab mimisan bisa jadi karena polusi, udara terlalu panas dan kering, trauma, udara dingin, obat-obatan atau infeksi. Meski si anak tidak merasa kesakitan dan mengantisipasi penyakit lainnya, anda juga perlu waspada, segera lakukan langkah ini jika anak mimisan; 


1. Mintalah anak duduk tenang

2. Siapkan kursi, pangku si kecil dengan posisi tegak. miringkan kepala sedikit ke depan

3. Larang anak duduk bersadar karena darah mengalir ke depan belakang tenggorokan. Si kecil bisa tersedak, muntah dan batuk. 

4. selama 10 menit pencet bagian cuping. Jika anda memencet kurang dari 10 menit, ada kemungkinan darah akan keluar lagi.

5. Segera bawa ke dokter jika anak sering mimisan, jika ada pendarahan pada bagian gusi. Perhatikan, apakah sebelum mimisan anak minum obat tertentu? Jika iya, segera konsultasikan karena kandungan dalam obat kemungkinan yang menyebabkan anak mimisan. 

.
Apa saja yang bisa anda lakukan untuk mencegah mimisan pada anak? 

1. Untuk menghindari terjadi cedera pada hidung pastikan kuku anak dipotong pendek. 

2. Jaga kelembapan hidung anak dengan cairan atau salep yang bisa anda beli di apotik obat terdekat. 

3. Supaya jamur tidak berkembang biak dalam ruangan segera pasang pemurni udara.

4. Beri pelindung yang memadai ketika anak melakukan aktivitas yang rentan benturan.

5. Pastikan asupan gizi anak tercukupi karena kekebalan tubuh yang kuat jadi pelindung fisik dari serangan bakteri, jamur ataupun infeksi.


Ayah, bunda tidak perlu panik jika si kecil yang tengah asyik bermain mendadak menangis karena melihat darah keluar dari hidung. Tenangkan si kecil dan lakukan langkah-langkah diatas. Semoga bermanfaat