Rahasia Pola Asuh Agar Anak Lebih Sopan dan Beretika

Posted by
Memiliki buah hati yang sopan dan santun kepada semua orang adalah impian orang tua. Anak yang ceroboh dan tidak memiliki etika saat bergaul bisa menjadi pemicu emosi dan mengganggu psikologi. Anak yang terbiasa melakukan sesuka hati cenderung menjadi pribadi yang gampang menyerah dan mengeluh. Oleh karena itu, perlu penanaman karakter ketika masih usia dini. Mengajak anak bersosialisasi dengan baik di lingkungan mereka dan menghargai aturan didalamnya. 

Berikut rahasia pola asuh yang bisa anda terapkan jika ingin si kecil tumbuh menjadi seseorang yang lebih beretika, sopan pada siapapun; 



1. Sampaikan penjelasan apapun dengan singkat

Jika anda ingin menyampaikan penjelasan ke anak, sampaikan dengan singkat, padat dan jelas. Memberikan aturan yang muluk-muluk membuat anak merasa terlalu dipaksa. Misalnya, anda ingin mewajibkan anak tidur tepat waktu, sampaikan alasan yang ilmiah seperti baik untuk kesehatan dan perkembangan otak. Jika keduanya didapat, maka belajar di sekolah juga akan baik. 

Jika anda ingin membiasakan anak merapikan mainan. Jelaskan ke mereka, bahwa hal itu untuk memudahkan mereka menemukan mainan esok hari. 


2. Beri pujian jika anak sudah berperilaku sopan

Jangan lupa beri pujian jika anak anda berhasil merapikan kasur, melipat baju, mau berbagi sama adik dan sudah bersikpa sopan pada tamu. Jadilah orang tua yang murah memberi pujian karena itu bagian dari motivasi terbaik supaya anak terus mempertahankan perilaku baik di masa datang. 


3. Jadilah teladan yang baik

Sekedar membuat aturan memang sangatlah mudah namun secara praktek juga ternyata sulit. Jadi, pastikan anda sudah melakukan hal apa saja yang anda perintahkan ke anak. Anak jauh lebih pintar dari orangtua, mereka memiliki daya ingat yang tinggi dan kepasitas memori yang besar, aturan pertama kali berlaku adalah untuk orang tua terlebih dahulu.yang kedua, anak.  

4. Memberikan maaf

Tak jarang anak melakukan kesalahan, biasanya mereka akan larut dalam kesediahan dan ketakutan jika dimarahi. di sini emosional anda benar-benar diuji, jangan sesekali menjadikan bahan amarah namun sebaiknya pastikan senantiasa memberi nasihat pada anak tentang perilaku sopan Manfaatkan peluang anda untuk bersikap tenang pada anak. Hal ini akan menjadi contoh bagi anak ketika suatu saat mereka dihadapkan masalah.

Jika anda melatih pola asuh diatas sedini mungkin. anak memiliki persiapan yang matang saat mereka masuk sekolah dan bersosialisasi dengan teman dan guru. Semua tidak bisa intans, konsisten dan komitmen ayah bunda dibutuhkan untuk 'mencetak' anak lebih sopan dan beretika saat bersosialisasi.