Rahasia Dzikir, Usir Depresi dan Mengubah Hidup Anda

Posted by
Depresi adalah suatu kondisi yang menyebabkan sesorang sedih berkepanjangan. Aktivitas seseorang bisa terjadi kendala jika hati dalam keadaan sedih, lelah, tidak semangat mengerjakan sesuatu hal, malas beraktivitas, pola tidur yang terganggu. Gejala dpresi seperti ini bisa berujung pada kematian karengan keinginanan untuk mnegakhiri hidup.

Penyebab depresi sangat banyak, mulai dari organbiologis, psikologis dan sosio lingkungan. Penyebab yang kerap muncul selain dari faktor kondisi dalam tubuh seperti tekanan batin psikis, dampak perilaku suatu komunitas, kehilangan pasangan hidup, pekerjaan, bencana dan dampak situai kehidupan sehari-hari. Hidup di zaman era modern seperti sekrang, tanpa disadari pemicu depresi makin tersebar. Mulai dari gaya hidup, sifat hedonisme hingga rasa kurang puas dan tidak bersyukur  terhadap suatu kenikmatan yang diberikan tuhan.


Bagi seseorang yang beragama Islam, persoalan hidup memang akan menjadi bahan ujian bagi manusia yang bertaqwa selama di dunia. Kesedihan, kelaparan, sakit, kecukupan adalah bentuk kasih sayang Alloh SWT bagi sesorang yang memahami hal ini. dan bersikap sabar apabila mendapat musibah, bersyukur apabila mendapatkan kenikmatan. Bahkan, cara terbaik dalam mengatasi depresi sudah tertulis jelas dalam kalamulloh.

Dzikir merupakan cara terbaik bagi umat islam yang tengah dilanda kegalauan batin. Dzikir berbeda dengan doa-doa tekstual yang kerap dibaca. Dzikir fokus mengarah pada Alloh SWT, mendekat dan ibarat ngobrol dengan konsultan hidup. Alloh menjelaskan melalui ayat alquran, termasuk surat ayat 9 surat Al Munafikun. Dzikir atau mengingat Alloh adalah bentuk upaya manusia mengingat maha pencipta. Banyak kemudahan yang didapat manusia jika mereka berdzikir setiap hari. 

Menjalani hidup, terkadang manusia selalu merasa ada yang kurang padahal kenikmatan demi kenikmatan selalu didapat. Barangkali ada yang perlu diinstropeksi, apakah dzikir sudah tidak menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari?

Dzikir tidak sebatas mengulang bacaan doa hingga ribuan kali. Dzikir adalah menyatunya hati pada sang khaliq, menumpahkan segala rasa peluh kehidupan, merenungi kehidupan dan segala perbuatan yang telah dilakukan. Dzikir tidak cukup hanya dengan memasahi bibir dengan hafalnya doa namun jauh lebih penting adalah bagaiaman hati merasa tenang jika mengingat Alloh SWT tanpa ada rasa beban untuk menjalani hidup, masalah kehidupan yang pelik sekalipun bisa terselesaikan dengan mudah melalui dzikir yang berujung pada tanda syukur kitapada Alloh SWT atas kenikmatan yang diberikan: 

Persaingan kehidupan yang sangat kompetitif tentu memiliki banyak tantangan. Dinamika kehidupan sekaran berputaar begitu cepat, masalah demi masalah datang berdatangan. Melalui dizikir, banyak sekali manfaat yang akan kita dapat, tidak hanya keridhoaan Alloh namun juga keberkahan menjalani hidup. Seperti yang sudah di ketahui dzikir mempunyai manfaat secara tidak langsung maupun langsung. Berikut adalah berbagai manfaat yang didapatkan setelah berdzikir”. Berikut manfaat dzikir yang akan anda dapat jika dilakukan secara konsisten:

1. Hati dan pikiran akan tenang 
Sedih, rasa was-was tentu tidak akan menghantui kehidupan seeorang jika melakukan dzikir setiap waktu

2. Kekuatan dalam menghadapi masalah 
Seberat apapun masalah anda, yakinlah ada yang Maha Besar selalu siap mendengar keluh kesah dan memberikan solusi yang tidak anda duga sebelumnya.

3. Dijauhkan dari siksa kubur 
Tahukah anda, dzikir menjadi penghalang siksa kubur manusia, menjadikan dzikir bagian dari hidup dan makanan hati ini akan lebih mudah menjalaninya tanpa paksaan.

4. Kepercayaan diri yang tumbuh 
Depresi bisa merubah semangat hidup seseorang turun drastis. Sulit bangkit dari kesalahan dan enggan untuk kembali bergaul kembali dalam pertemanan akan menyebabkan hal yang sangat fatal. Dengan dzikir, seseorang yang terkena depresi akan tumbuh benih kepercayaan pada diri dan semangat melakukan aktivitas.

5. Kemenangan dan meraih sukses
berawal dari kepercayaan diri ini membangkitkan semangat seseorang untuk melakukan hal yang positif. Sukses, dapat diraih dengan mudah. Sahabat Rasulullah SWT, Ali bin abi Thalib  saat menghadapi peperangan, senantiasa berdzikir meski tentaranya sangat sedikit padahal medan perang sangat luas.

Depresi bisa terjadi pada siapa pun dan kapan pun. Percayalah bahwa setiap kesulitan yang anda jalani selalu berbuah kemudahan jika anda selalu positif thinking dan mengingat Sang Maha Pencipta.