Rahasia Doa Untuk Anda yang Sedang Terlilit Hutang

Posted by
Beban hutang seseorang sangat mempengaruhi kondisi psikologi. Semangat beraktivitas bisa terganggu karena kerap dihantui tagihan bulanan. Dalam agama Islam, hutang sudah dibahas secara rinci, hendaknya orang yang memberi pinjaman memberi tenggang waktu pelunasan dan orang yang membebaskan sebagian atau seluruh hutangnya. Dalam hadist shohih telah disebutkan “Barangsiapa yang ruhnya terpisah dari jasadnya dan dia terbebas dari tiga hal: [1] sombong, [2] ghulul (khianat), dan [3] hutang, maka dia akan masuk surga”. (HR. Ibnu Majah no. 2412) 

Hidup di era modern seperti sekarang, memang penuh tantangan. Gaya hidup kian menggoda, sebenarnya apa yang didapat seseorang telah dicukupkan Alloh rejekinya. Mental ketidakpuasan dan tidak bersyukur menjadi momok dalam diri yang siap menghantui seseorang dan merayu untuk melakukan hutan, sekalipun tidka untuk kebutuhan mendesak hanya sekedar keinginan saja.  Hutang pun kini makin merebak di sekitar kita, mulai dari iming-iming tanpa agunan hingga bunga kecil. Jika seseorang tidak waspada dan tahu dampak buruk dunia akhirat, tentu ini sangat membahayakan diri sendiri dan keluarga. 

Agama Islam telah mengatur semuanya, mengatur tentang hutang piutang beserta adab-adab dan aturan-aturan dalam berhutang. Namun, banyak sekali yang kini mulai meremehkan hutang dengan dalih memiliki gaji tetap. Terlilit hutang adalah hal yang bisa, hutang pertama belum lunas, bertambah hutang kedua, ketiga hingga seterusnya. Hutang hampir menjadi gaya hidup, teori ekonomi orang barat yang mengatakan bahwa hutang adalah daya ungkit. Terkadang ini menjadi pedoman orang kaya yang memiliki banyak perusahaan. 

Rasululloh SAW saja sangat takut berhutang dan khawatir akan menjadi kebiasaan. Diriwayatkan dari ‘Aisyah radhiallaahu ‘anhaa, bahwasanya dia mengabarkan, “Dulu Rasulullahshallallaahu ‘alaihi wa sallam sering berdoa di shalatnya:


Jika anda kini tengah terlilit hutang, bacalah doa tersebut setiap saat. dan bertekadlah untuk tidak menambah hutang namun berfikirlah untuk segera melunasinya dengan upaya menambah lumbung penghasilan selain gaji anda. Yakinlah,bahwa usaha anda terlepas dari lilitan hutang akan senantiasa dibantu Alloh SWT dan diberikan kemudahan mendapatkan rejeki yang lebih berkah.