Penyakit yang Mengintai di Musim Hujan dan Solusi Pencegahannya

Posted by
Musim hujan akrab dengan yang namanya banjir. Mikroba atau kuman bermunculan dan imunitas manusia mengalami penurunan. Pada musim ini, anda perlu waspada menjaga kesehatan keluarga, terutama jika anda memiliki anak usia balita. Pada tahap tumbuh kembang, anak balita biasanya sangat aktif bergerak, sulit makan dan tidur. Selain suplemen tambahan yang anda berikan ke mereka. Anda perlu menjaga ketat pola makan dan istirahat supaya imunitas kebal. Nah, berikut tujuh penyakit yang mengintai di musim hujan dan solusi pencegahannya;



1. Infeksi Saluran Pernafasan Akut
Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) disebabkan oleh bakteri, virus, dan berbagai mikroba lain. Gejala ISPA antara lain batuk, demam, sesak nafas, dan nyeri dada.

2. Diare
Saluran usus terinfeksi bakteri  Shigella dysentria, Salmonella Spp, Compylobacter jejui, Escherichia coli (E coli), dan Entamoeba histolytic yang menyebabkan tinja menjadi cair, berlendir hingga berdarah. Kasus diare yang menyerang anak-anak bisa disebabkan virus. Oleh karena itu jagalah kebersihan dengan cara mencuci tangan sebelum makan dan setelah buang air besar, Jangan lupa minum air putih yang banyak dan makanlah dengan kandungan enzim yang mencukupi dari sayur dan buah. 

3. Penyakit kulit 
Penyakit kulit biasanya disebabkan oleh jamur dan bakteri Pada saat musim hujan, banyak air yang tergenang. Anda harus rutin membersihkan bak air yang sering anda gunakan untuk mencuci piring. 

4. Demam berdarah 
Genangan air dari derasnya air hujan menjadi tempat perindukan nyamuk Aides Aegypti yang siap berkembang biak dan menginfeksi manusia melalui gigitan. Oleh karen aitu, jagalah kebersihan dan menguras penampungan air dan mengubur barang bekas yang sudah tidka terpakai. 

4.Tifus
Biasanya penyakit ini lanjutan dari penderita diare. Jika sudah sakit tifus tentu ini sangat membahayakan jika tidak segera dilarikan ke dokter atau rumah sakit. Baik diare atau tifus, yang diserang adalah sistem pencernaan, menyerang sistem imunitas dan tubuh penderita menjadi lemas, lesu dan tidak bertenaga. 


5.Leptospirosis
Penyakit ini disebabkan oleh air kencing hewan tikus yang tercampur pada air. Jika air tersebut digunakan akan tercemar bakteri yang bisa menyerang organ tubuh manusia seperti ginjal dan hati. 
Biasanya penderita diawali dengan diare, kulit tiba-tiba kering dan berwarna kuning. Proses penyembuhan juga memakan waktu lama karena memerlukan antibiotik sesuai dosis yang dianjurkan. 

Tubuh yang rentan penyakit adalah tubuh yang memiliki imunitas lemah. alangkah baiknya anda mempersiapakn diri anda dan keluarga, dengan menjaga imunitas tubuh melalui menjaga kebersihan semua peralatan terutama ynag berhubungan dengan air. Serta menjaga pola makan dan pola hidup.