Mengupas 15 Dahsyatnya Khasiat Jantung Pisang

Posted by with 4 comments
Jantung pisang kerap dianggap sepele. Kebanyakan kita hanya tahu manfaat daun dari pohon pisang. jantung pisang yang memiliki khasiat melimpah juga enggan dimasak karena memang tidak begitu familiar di kawasan perkotaan. Kalau di desa memasak jantung pisang ini malah sudah terkenal. Selain mudah didapat, rasanya ketika dimasak enak sekali. Harga jual jantung pisang lebih murah dibanding buah. Meski murah, secara kliniks terbukti sangat baik untuk kesehatan manusia. Berikut rincian kandungan gizi dari jantung pisang. Tiap 25 gram jantung pisang menyimpan;

Jantung pisang sebelum diolah

31 kkal kalori
1,2 gram senyawa protein
0,3 gram lemak 
7,1 gram zat karbohidrat. 
vitamin A, vitamin B1, vitamin C 
mineral penting seperti fosfor, kalsium serta Fe/Zat besi.

Tidak semua jenis jantung pisang enak dimakan lho. Silahkan seleksi lagi sebelum memasak, supaya masakan tetap lezat. Jenis pisang klutuk, pisang kepok, pisang raja bulu, dan pisang raja siam. Yang paling enak adalah jantung pisang dari jenis pisang klutuk;

Berikut dahsyatnya khasiat Jantung pisang;


1. Mampu menurunkan berat badan
Mengalami obesitas apalagi wanita tidka membuat wanita tampil percaya diri. Jadwalkan rutin memasak jantung pisang karena jantung pisang membuat efek kenyang lama. Jadi sangat efektif untuk mengurangi berat badan. 

2. Mengobati stroke
Rebus jantung pisang ambon,peras dan ambil airnya. minum sebanyak 2 kali dalam sehari

3. Mengobati Diabetes
Kandungan gizi yang terdapat pada jantung pisang ini, akan mengubah glukosa menjadi energi. cocok untuk anak yang memiliki keluhan diabetes untuk mencoba karena bisa mengurangi gula darah.

4. Mencegah Kolesterol
Seperti halnya buah kandungan serta dalam jantung pisang sangat baik untuk tubuh yang memiliki kolesterol tinggi.

5. Perut ramping (tidak buncit)
Memiliki perut buncit sangat tidak menyenangkan. anada bisa makan jantung pisang secara rutin.

6. Cegah Penyakit gondok
jantung pisang juga memiliki yodium.

7. Anti aging
Mencegah penuaan tidak hanya dilakukan dengan kosmetik, dari dalam tubuh juga perlu diupayakan seperti dengan makan jantung pisang yang memiliki kandungan flavonoidny berfungsi juga sebagai anti radikal

8. Mengobati infeksi
Saat anda mengalami luka, selingi menu makanan dengan menu jantung pisang akarena kandungan etanol dan bakteri akan sulit berkembang, 

9. Mengobati Malaria
Penyakit yang disebabkan oleh nyamuk ini butuh penanganan khusu, selain itu segera ambil jantung pisang ambon, timbun dalam bara api, parut dan peras airnya. Dan, minumkan 2 kali sehari.

10. Meningkatkan mood
Anda sering merasa 'jutek', tidak ada salahnya anda makan jantung pisang ini karena magnesium didalamnya dapat meningkatkan mood, membuat suasana hati lebih bahagia.

11. Mengobati anemia
Kekurangan darah tidak hanya diatasi dengan sayuran berwarna hijau karena jangung pisang bisa untuk menambah darah.

12. Mengurangi gejala morning sickness
Bagi nada yang hamil, dan badan merasa tidak nyaman ketika pagi hari. jantung pisang bisa mengontrol produksi hormon progesteron

13. Meningkatkan produktivitas ASI
Selain daun katuk, jantung pisang juga bisa anda coba untuk meningkatkan produksi ASI

14. Mengurangi pendaharaan saat ibu melahirkan
Dalam proses melahirkan, ibu membutuhkan darah yang banyak. Jadi, saat proses kehamilan pastikan anda memperbaiki nutrisi dengan makan jantung pisang

15. Kaya serat seperti buah 
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jantung pisang memiliki kandungan seperti karbohidrat, protein, mineral maupun vitamin seperti betakarotin, vitamin B1 yang bisa menggantikan buah ketika stok buah anda di rumah habis.

Khasiat jantung pisang memang sangat banyak. Meski terkesan murah dan jarang diminati orang. Anda bisa memberikan informasi baik ini ke orang lain. Supaya jantung pisang yang ada di pekarangan rumah tidak sia-sia terbuang begitu saja karena jantung pisang memiliki khasiat yang sangat dahsyat untuk kesehatan tubuh.

Disisir tipis sebelum direbus, proses sayur lodeh jantung pisang

4 komentar:

  1. saya jarang banget makan jantung pisang, bahkan gak tau cara masaknya, ternyata banyak manfaatnya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, banyak banget...kalao cara masak bisa googling. banyak referensi :)

      Hapus
  2. Dulu ibu ku sering masak.. Huhuh tp semenjak lahan bt nanem pisang udh jd rumah, udah ga petnah lg deh :) enak rasanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanem pisnag lagi aja mba, kalo musim hujan cepet tumbuh kok....tunas juga nambah

      Hapus

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.