Mengajarkan Anak Bicara Melalui Buku

Posted by with No comments
Mengajarkan anak bicara adalah tahapan yang sangat penting. Tumbuh kembang anak akan mengiringi kemampuan banyak hal seperti berjalan, berbicara dan melatih anak berani. Anak yang hidup pada lingkungan sosialnya bagus, tentu tidak akan kendala, jika anak tersebut tidak berkebutuhan khusus. Karena, lingkungan punya pengaruh yang sangat domianan dalam membentuk anak mahir berbicara. 

Secara teori, tiap anak memang beda melalui fase ini. Statistik menunjukkan selama 2 tahun pertama, anak perempuan menguasai 120 kata dan laki-laki 90 kata. mungkin karena pengaruh faktor hormonal. Anak perempuan lebih memahami bahasa abstrak. 

Umur anak mulai bicara tentu berbeda, ada banyak upaya yang bisa kita lkuakan untuk mengenalkan anak dengan kata. bisa melalui buku dengan mendongeng, ngaji, bernyanyi dan yang pasti jangan pernah membiarkan anak menikmati tayangan televisi, nonton game, atau gadget. Karena, hal itu hanya menimbulkan komunikasi satu arah. Menyebabkan anak lebih pendiam dan asyik dengan benda mati. padahal, masa balita mereka membutuhkan sentuhan, obrolan dan senyuman untuk menumbuhkan emosional yang bagus.

Ini cerita pengalaman saya ketika memiliki 2 anak, si Azzam dan Si Yaya. Sejak dalam kandungan, mereka saya bacakan buku cerita mendengarkan mereka murotal dan sering ngobrol dengan mereka meski kelihatannya agak lucu ya, kok ngomong sama perut. hehe...sampai sekarang masih berlanjut karena ini sarana membangun emosional dengan anak-anak. Mereka akan bertanya, bercerita dan akhirnya curhat ringan pun mengalir. 

mengajarkan anak bicara melalui buku
Saat bercerita dengan anak-anak, menyenangkan lho bundaaa...


0 add comment:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.