Cegah Kanker Payudara dengan 5 Kebiasaan Ini

Posted by with No comments
Kanker payudara adalah penyakit kanker pada jaringan payudara. Kanker ini paling banyak diderita kaum hawa. Kaum pria sebenarnya juga dapat terserang kanker payudara, walaupun kemungkinnya kecil dengan skala 1:1000. Kanker merupakan kondisi dimana suatu sel telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya,sehingga berakibat mengalami pertumbuhan yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali. Menurut penelitian kanker payudara didefinisikan sebagai suatu penyakit neoplasma yang ganas dan berasal dari parenchyma. Oleh WHO (World Health Organization) penyakit ini dimasukkan ke dalam International Classification of Diseases(ICD).

Sebagai seorang wanita penyakit ini menjadi momok menakutkan, maka dari itu payudara adalah asset tubuh yang setiap saat harus dijaga dan dirawat. Karena apabia terjadi sedikit saja keluhan dan gejala yang tidak biasa maka harus segera dilakukan pemeriksaan.


Maka dari itu tindak pencegahan harus dilakukan sedini mungkin, pengobatan kanker payudara sendiri masih sulit untuk dilakukan dan biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit.Banyak cara dan tips yang bisa anda terapkan dan lakukan menjadi suatu kebiasaan. Selain menjaga pola makan anda juga bisa melakukan beberapa kebiasaan berikut untuk anda lakukan.

Berikut kebiasaan yang bisa anda tanamkan agar terhindar dari kanker payudara :

1. Rutin Memeriksa Payudara

Salah satu sebab penyebaran kanker yang cepat adalah keterlambatan penderita akan gejala yang dirasakan. Akibatya penderita mengalami stadium lanjut kanker dan harus melakukan pengobatan ke rumahsakit dan harus menelan biaya yang banyak.Mulai sekarang anda harus sadar dan sering memeriksa payudara sendiri, dengan periksa sadari dini. Anda bisa melakukan pemeriksaan sendiri setiap hari dan mengecek kondisi payudara apakah ada hal yang janggal atau tidak. Saat anda merasakan ada yang tidak biasa seperti benjolan keras dan putting susu yang memudar dan gejala lain anda harus segera memeriksakan diri ke dokter, agar segera di diaknosa apakah gejala tersebut merupakan gejaa kanker payudara.


2. Konsumsi Minyak Zaitun

Mengkonsumsi lemak baik utuk kesehatan tubuh kita dan ampuh menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Radikal bebas merupakan salah satu zat yang memicu timbulnya kanker,termasuk kanker payudara. Anda bisa memilih kandungan lemak dari minyak zaitun, untuk dikonsumsi sebagai kebiasaan sehari-hari untuk mencegah kanker payudara.

3. Konsumsi Sayuran

Mengkonsumsi sayuran baik untuk kesehatan tubuh,terutama sayuran hijau. Kandungan antioksidan pada sayuran hijau dapat bermanfaat sebagi penangkal radikal bebas yang merupakan pemicu kanker. Mulailah membiasakan diri anda dengan mengkonsumsi sayuran hijau dan disertakan dalam menu makan harian anda.

4. Menghindari Paraben

Paraben adalah senyawa berbahaya yang bersifat seperti hormon tubuh. Apabila hormone ini masuk ke tubuh kita, maka akan terjadi ketidakseimbangan yang bisa memicu kanker payudara. Senyawa paraben biasa ditemukan dalam produk make-up. Maka dari itu anda bisa mengurangi penggunaan make up jika tidak terlalu dibutuhkan.

5. Berjalan Kaki

Selain baik untuk kesehatan ansa, dalam sebuah penelitian rajin berjalan kaki dapat mengurangi resiko kanker payudara. Mulai sekarang biasakan diri anda untuk berjalan kaki demi menjaga tuubuh agar tetap sehat dan terhindar dari resiko kanker payudara. Biasakan untuk berjalan kaki pada jarak yang tidak terlalu jauh, seperti saat pergi kantor apabila jarak tempat tinggal anda dengan kantor dekat maka anda bisa mencoba menempuhnya dengan berjalan kaki.

Anda bisa melakukan tindakan pencegahan sebelum terjadinya penyakit. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Semoga langkah diatas bisa bermanfaat bagi anda dan keluarga. Untuk mendapatkan kesehatan anda harus meninggalkan rasa malas anda dan mulai ganti pola hidup yang lebih sehat seperti di atas.



0 add comment:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.