Anak Sulit Diatur? Orangtua Perlu Tingkatkan Skill Menaklukan Anak

Posted by with No comments
Anak sulit diatur?  Ayah bunda mungkin mengelus dada jika anak seringkali membuat ulah. Kesabaran tanpa dibarengi skill menaklukan anak tentu akan sia-sia. Jika emosi ayah bunda tidak stabil membuat amarah memuncak. Akibatnya, anak akan jadi korban. Anak-anak memang unik. Daya kreativitas yang tinggi membuat polah tingkah mereka tidak masuk akal bagi orang dewasa. Dalam rentan usia ini, ayah bunda memang harus banyak bersabar, yakinlah ketika anak sudah memasuki usia remaja, anak tidak akan membuat kesal ketika saat kecil anda berhasil menaklukan mereka. Skill apa yang perlu anda tingkatkan untuk mengatasi anak yang sulit diatur? Berikut ini penjelasannya;


1. Beri batasan 
Jika anak meminta sesuatu, mereka akan melakukan banyak cara. Berawal dari perkataan manis, merengek, teriakan, tangisan bahkan melempar barang. Apa yang anda lakukan jika mereka melakukan cara tersebut dengan harapan orangtua mau menuruti kemauannya? STOP untuk menuruti semua kemauan meski dengan dalih supaya anak cepat diam karena hal ini akan berulang terjadi hingga ketika anak dewasa kelak. 

Sampaikan batasan, misalnya anak tidak boleh membeli karena mainan itu berbahaya, atau karena tidak baik untuk kesehatan. beri jatah seminggu sekali. 

2. Tunjukkan Konsistensi yang kuat
Orangtua kerap melanggar komitmen ketika anak mulai melempar barang atau teriak histeris ketika menginginkan sesuatu. di sini, orangtua benar-benar diuji konsisten terhadap apa yang sudah menjadi kesepatan bersama, semata untuk kebaikan anak-anak di masa datang. 

3. Tingkatkan kesabaran 
Sabar perlu latihan. jika hari ini ada yang membuat anda jengkel, ingatlah betapa banyak keceriaan anak-anak yang membuat hidup anda bahagia. Tanpa anak rumah akan sepi. Tanpa anak, hidup anda tidak akan bergairah. Teruslah berlatih kesabaran, temukan cara kreatif untuk membuat anak diam. Misalnya, mengajak bersepeda, menanam bareng atau bermain yang sifatnya melibatkan fisik. 

4. Fokus pada perilaku positif
Berilah perhatian ke mereka. Libatkan diri anda secara totalitas dan fokus menemani anak. Beberapa anak sulit diatur karena minta diperhatikan. Tunjukkan perilaku positif ayah bunda. Jangan sampai amarah, tindakan kasar dan terkesan memusuhi anak. 

5. Jadilah sosok sahabat anak yang dekat dengan anak 
Istilah anak "yatim piatu" meski orangtua masih hidup banyak terjadi di beberapa keluarga. Karena kesibukan ayah bunda bekerja di luar rumah membuat anak merasa kesepian dan tidak ada kedekatan secara emosional. Luangkan waktu berkualitas tanpa gadget, tanpa televisi dan jadilah tempat curhat anak-anak. Anda harus bisa menaklukan anak, mempengaruhi anak sejak dini sebelum mereka dipengaruhi dunia luar. 

Dalam berproses menjadi orangtua, harus terus menerus meng-upgrade ilmu. Didiklah anak-anak sesuai zaman. Teknologi semakin canggih, informasi makin mudah didapat. Waspadalah, hati-hati melepas mereka sebelum anda dekat secara emosional dengan mereka. Anak sulit diatur? bukan salah anak-anak karena anak terlahir dengan bawaan karakter positif. Orangtua lah yang sehrausnya meningkatkan skill untuk menjadi orangtua yang disayang anak-anak. 


0 add comment:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.