Ingin Tulang Kuat, Ketahui 8 Jenis Makanan yang Dibutuhkannya

Posted by
Tentu semua orang ingin memiliki tulang yang sehat. Agar selalu bisa beraktifitas dengan baik, jauh dari keluhan sakit pada saat mengangkat beban berat misalnya. Nah kali ini kita akan membahas nih makanan apa saja yang bisa membuat tulang kita tetap sehat . Tentu makanan yang mampu mencukupi kebutuhan nutrisi tulang ya, seperti utrisi yang mencakup kalsium dan vitamin D. Manfaat dari kalsium sendiri adalah mendukung tulang dan struktur gigi, sedangkan vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang.


Kalsium dan vitamin D dapat mencegah kesehatan tulang dari osteoporosis. Pada wanita dewasa sampai usia 50 tahun harus mendapatkan 1.000 miligram kalsium dan 200 internasional unit (IU) vitamin D sehari. Sedangkan orang dewasa di atas 50 harus mendapatkan 1.200 miligram kalsium dan 400 sampai 600 IU vitamin D. Nah berikut makanan yang mampu memenuhi kebutuhan kita akan kalsium dan Vitamin D untuk Tulang agar tetap sehat :

1. Susu 
Bagi yang ingin menjaga berat badan bisa menggunakan susu bebas lemak. Anda bisa memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D dengan mengkonsumsi tiga gelas atau dengan makanan olahan susu. Susu sendiri adalah salah satu minuman yang mampu memenuhi kebutuhan gizi harian. Jadi meminum susu sangat baik bagi kesehatan.

2. Yogurt
Selain didapatkan melalului paparan sinar matahari,vitamib d juga banyak terkandung dlam yogurt .Pilihlah yogurt yang memiliki rendah lemak dan memiliki yang meiliki kandungan vitamin D yang banyak. Dengan mengkonsumsi satu cangkir yogurt anda bisa memenuhi kecukupan kalsium harian.

3. Keju
Satu ons keju mengandung 200ml kalsium meskipun setiap jenis keju memiliki kandungan kalsium yang berbeda dikarenakan proses yang digunakan berbeda. Pilihlah jenis keju yang diproses (dikoalugasi ) dengan enzim mengandung dua kali lebih banyak ketimbang menggunakan asam,karena meskipun mengandung vitamin D tapi dalam jumlah sedikit.

4. Telur
Dalam kuning telur mengandung vitamin D. Meskipun telur hanya mengandung 6% vitamin D harian bagi anda, telur merupakan cara cepat dan mudah untuk mendapatkan vitamin D.Konsumsilah telur dengan cara bervariasi setiap harinya untuk memenuhi kecukupan gizi harian.

5. Jenis Ikan Laut
Salah satu jenis ikan laut yang mengandung kalsium dan vitamin D adalah Ikan Sarden. Anda dapat menemukan ikan sardent dalam kemasan kaleng. Selain itu ikan salmon juga dikenal karena banyak omega-3 dan mengandung vitamin D. Ikan tuna juga menjadi sumber vitamin D. Tiga ons tuna kaleng mengandung 154 IU, atau sekitar 39% dari krbutuhan vitamin D.

6. Bayam
Pada satu cangkir bayam yang sudah dimasak mengandung hampir 25% dari kalsium harian anda, selain itu ada nutrisi tambahan seperti serat, zat besi dan vitamin A yang terbaik untuk kesehatan anda. Menkonsumsi bayam juga bisa untuk anda yang tidak suka minum susu.

7. Jus Brokoli
Brokoli yang mengandung vitamin K dan D yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang untuk membantu mencegah osteoporosis. Konsumsi lah brokoli untuk membant umencegah penyakit tulang.

8. Sereal yang Mengandung Vitamin D 
Sereal mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk energi di pagi hari. Saat anda tidak punya waktu untuk berjemur di bwah sinar matahri dan memasak ikan salmon, anda bisa mengkonsumsi sereal sebagai gantinya. Sereal memiliki rasa yang lezat dan mampu memnuhi kebutuhan vitamin D anda.


Apakah salah satu makanan diatas sudah ada yang rutin anda konsumsi. Jika belum, segera membiasakan jauh lebih baik karena seiring bertambahnya usia seseorang akan terjadi penurunan kualitas tulang.