Ingin Tidur Nyenyak Berkualitas, Anda Perlu Lakukan Ini

Posted by
Tidur berkualitas, bangun dalam keadaan segar tentu diinginkan banyak orang. karena kualitas tubuh kita ditentukan kualitas tidur kita. Contoh yang paling sederhana adalah ketika anda sering begadang. apa yang terjadi pada tbuh anda? tentu akan merasa capek dan tidak bertenaga. Badan loyo dan tidak bersemangat. 

Pasti dalam setiap aktivitas yang kita lakukan kita sering merasa kelelahan dan bahkan merasa lemas tak bersemangat. Padahal dimalam hari anda sudah istirahat dengan tidur dan pagi nya memulai aktivitas harusnya bisa lebih segar dan bersemangat. Kira-kira ada ya sebagian kita yang setelah bangun tidur merasa malas dan mengalami mood yang kacau ? Nah mungkin bisa jadi itu karena kualitas tidur kita yang buruk. Iya, tidur pun harus berkualitas dengan artian setelah kita tidur kita bisa memulai aktivitas lagi dengan semangat dan badan yang segar.


Saat kita tidur tubuh akan beristirahat dan sel-sel yang rusak di ganti dengan yang baru. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan masalah pada berat badan anda, kemurungan (tidak bersemangat), masalah pada jantung dan bahkan membuat tubuh anda rentan terkena penyakit. Namun bukan berarti terlalu banyak tidur itu baik, terlalu banyak tidur pun dapat menyebabkan seseorang lebih mudah terkena resiko depresi berat. Sebaiknya gunakan waktu tidur anda secara berkualitas. Sekarang langsung saja kita simak beberapa tips yang akan membuat tidur anda mejadi berkualitas :

1. Berolahraga
Salah satu manfaat berolahraga adalah membantu anda agar tidur nyenyak di malam hari. Para ahli kesehatan, siapapun dan dimanapun, pasti menganjurkan kita untuk berolahraga rutin. Mungkin anda pun sudah bosan mendengarkan nasihat ini berkali-kali. Tak ada salahnya saya mengingatkan sekali lagi kali ini,karena juga sangat bermanfaat untuk kualitas tidur anda.

2. Jadwalkan Waktu Tidur
Mengatur jamtidur anda juga merupakan hal sangat penting. Hindari pola tidur yang hari jam 10 malam, besok jam 12 dan besok lagi berganti. Mulailah menjadwal jam berapa anda tidur, misalnya jam 11 anda sudah harus tidur. Keteraturan akan membantu metabolisme dalam tubuh anda berjalan baik.

3. Mengenali Kebiasaan Anda
Melanjutkan poin ke dua diatas,setelah anda mengetahui jam berapa anda harus tidur maka persiapkan segala sesuatu yang anda biasa lakukan sebelum anda tidur. Agar jam tidur anda tidak terlewat, misalkan jam tidur anda tepat jam 11 maka sebelum tidur anda biasa mereview kerjaan dan peralatan apa yang harus anda bawa besok ke kantor maka lakukan itu setengah jam sebelumnya sehingga tepat jam 11 anda sudah bisa langsung tidur.

4. Hindari Mengkonsumsi Makanan yang Berat Sebelum Tidur
Usahakan agara anda tidak makan terlalu banyak danberat saat malam hari anda hendak tidur. Perut yang sangat penuh dapat membuat anda kesulitan untuk tidur. Jika anda masih merasa lapar, disarankan mengemil buah-buahan saja dibanding ’junk food’. Selain itu makan malam sebelum anda tidur akan membuat berat badan anda bertambah, bahkan bisa berakibat serangan jantung.

5. Pastikan Lampu Kamar Anda Padam
Tidur malam dalam kamar yang gelap benar-benar bermanfaat buat tubuh. Ahli biologi Joan Robert mengatakan tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya. Hormon ini adalah salah satu hormon kekebalan tubuh yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat. Selain itu tidur dengan lampu padam bisa membantu tidur nyenyak, biasanya jika ruangan tempat kita beristirahat dalam keadaan gelap, tidur kita akan nyenyak dan jarang sekali terjaga. 

Diatas adalah tips bagaimana tidur anda akan bisa jadi lebih berkualitas. Semoga dengan tips diatas anda bisa lebih produktif karena bangun tidur lebih semangat dan ceria .Tentunya kesehatan anda akan lebih terjaga.