Gambar Candi Prambanan

Posted by with No comments
Gambar candi Prambanan berbentuk persegi panjang, terdapat halaman luar dan 3 pelataran. Pelataran luar, Pelataran tengah dan pelataran dalam. Nah, sebelum menjelaskan bagaimana kondisi masing-masing pelataran. Coba lihat gambar candi Prambanan dibawah ini yang diambil dari atas; 


Pelataran bagian luar berbentuk bujur 390m2. Dulu, terdapat pagar batu yang emngelilingi namun kini tinggal reruntuhan. pelataran juga kosong, belum diketahui apakah dulu bangunan atau ada hiasan lain.

Pelataran bagian tengah, berbentuk persegi panjang 222 m2. Pagar batu dulu pernah menjadi hiasan namun kin sudah runtuh. terdapat teras yang semakin tinggi semakin berundak. 
Teras 1: terdapat 68 candi kecil
Teras 2; terdapat 60 candi kecil
Teras 3: terdapat 52 candi kecil
Teras 4; terdapat 44 candi kecil

Luas denah 6 m2 dan tinggi 14m, Hampir semua candi kecil yang ada di pelataran tengah hancur, yang tersisa hanya reruntuhan saja. 

Pelataran Dalam letaknya paling tinggi dan dianggap tempat yang paling sakral. bagian ini berbentuk persegi empat seluas 110 m2 tinggi 1,5m dari permukaan teras teratas pelataran tengah. Dikelilingi pagar batu, Gapura paduraksa mengelilingkeempat sisi. Gapura selatan masih utuh. Ada juga sepasang candi kecil yang berada di depan masing gerbang pelataran teratas, berbenah bujur sangkar dengan luas 1,5m2 dan tinggi 4 m. Ingin tahu bagaimana Sejarah Candi Prambanan, cerita dan asal usul candi prambanan? 

Peninggalan sejarah satu ini merupakan candi bercorak hindu yang memiliki ciri khusus yakni bagian atas  meruncing. Seperti halnya candi lainnya, tempat ini menjadi tempat suci dan sakral untuk beribadah. Dibalik pendirian candi, ada sebuah peradaban atau dinasti yang berkuasa dan menjadi legenda sejarah candi prambanan. 




0 add comment:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.