Gagal Dapat Beasiswa Luar Negeri? Mungkin Ini Penyebabnya

Posted by with No comments
Beasiswa luar negeri selalu diburu kalangan mahasiswa yang masih berproses menyelesaikan tugas akhir. Berbagai persiapan dilakukan untuk bisa melanjutkan sekolah ke luar negeri. Banyak mahasiswa yang mengira bahwa beasiswa luar negeri hanya bisa diraih mereka yang punya modal otak encer. Namun, faktanya banyak mahasiswa yang hanya dengan modal tekad dan kerja keras beasiswa luar negeri bisa diraih. Fakta berikut akan mengejutkan anda, banyak calon mahasiswa yang gagal mendapatkan beasiswa luar negeri hanya karena;


 Asal-asalan menulis lembar motivation letter

Kebanyakan mahasiswa menulis motivation letter fokus pada keunggulan pribadi. Menjual semua kelebihan mahasiswa sampai lupa pada tujuan penulisan adalah untuk orang lain yang berupaya memahami dan menilai penulis. Padahal keunikan yang tertulis dalam motavasion letter itu jadi tolak ukur keunggulan dibanding kandidat yang lain. 

motivation letter yang baik adalah motivation letter yang memenuhi kriteria sesuai harapan konsorsiumnya. Dilansir dari informasi kompas.com, banyak calon asal Indonesia yang kurang memahami relevansi antara program studi yang diambil dan rencana stelah lulus kuliah dengan beasiswa. Tak jarang, plagiat atau copy paste kerap terjadi. Pelajar Indonesia tidak terbiasa menyampaikan pendapat melalui tulisan, termasuk menulis motivasi untuk dirinya sendiri.

Dari segi kemampuan, nilai rapor dan bahasa yang dimiliki calon asal Indonesia cukup baik. terbukti dari nilai IELTS dan TOEFL sebagai syarat mendapatkan beasiswa. 

Cenderung memilih kampus bonafide

Anggapan kampus bonafide seringkali dijadikan patokan saat memilih perguruan tinggi. padahal belum tentu cocok dengan kemampuan dan tujuan studi. Adapula, memilih jurusan juga dipengaruhi keputusan orangtua, teman yang belum tentu sesuai dengan passion mahasiswa. Padahal pemilihan kampus atau tujuan sangat krusial saat berburu beasiswa luar negeri. 

Bagi anda yang sudah siap dengan peryaratannya. Perlu cek ricek lagi, apakah motivation letter yang anda tulis sudah sesuai dengan kriteria dan letupan isi hati anda? begitu juga, wawasan anda seputar kampus yang anda incar sudah sesuai dengan passion anda? Pastikan, rencana pendidikan dan karir usai keluar kampus dengan mendapat beasiswa berjalan sesuai harapan. Meraih masa depan yang lebih baik. 

0 add comment:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.