Efek Buruk Jika Anda Malas Bergerak

Posted by
Pernahkah anda merasa malas bergerak? Apa yang anda rasakan saat itu, merasa lebih sehat atau badan malah terasa pegal? Sebenarnya, kesehatan tubuh tidak hanya ditentukan oleh makanan yang kita konsumsi. Malas bergerak juga memiliki efek buruk untuk kesehatan jangka panjang. Malas bergerak mengundang risiko penyakit yang menyerang jangtung, ginjal, tulang hingga otak. 

Untuk menjaga supaya tubuh selalu sehat dan bugar setiap hari, anda harus bergerak aktif dengan olahraga 150 menit per minggu. Pencegahan penyakit bisa dilakukan dengan olahraga teratur. Apakah anda lebih memilih duduk berjam-jam menonton TV, menatap layar laptop, atau banyak tidur daripada berolahraga? waspadalah, berikut efek buruk yang bisa terjadi jika anda malas bergerak; 


Stres
Malas bergerak dan tekanan kerap muncul dari ragam aktivitas bisa memicu stres. Bermula dari stres bisa memicu banyaknya penyakit. Tingkatan stres mulai dari yang ringan hingga berat sangat berhubungan dengan aktivitas tubuh sehari-hari. Olahraga melepaskan endorfin yang membuat hati lebih bahagia dan bisa mengurangi stres. Jadikan pastikan, anda memiliki jadwal khusus dalam seminggu untuk berolahraga. 

Metabolisme tidak lancar
Metabolisme memang sangat ditentukan banyaknya enzim yang masuk dalam tubuh. Enzim yan berupa serat akan membantu kelancaran proses pencernaan jika diimbangi dengan geraknya tubuh. Jika anda malas bergerak bisa dipastikan metabolisme akan terganggu dan lambat. 

Obesitas
Efek buruk ini sangat jelas. ketika metabolisme lambat akan berdampak buruk yakni terjadinya penumpukan lemak dalam tubuh dan membuat anda makin hari makin gemuk. Kegemuan atau obesitas kerap terjadi pada seseorang yang malas bergerak. Mulai dari perut buncit hingga badan malar. Akhirnya, risiko berbagai penyakit akan siap menyerang. 

Darah Tinggi
Sirkulasi darah dan oksigen juga tidak bisa lancar jika anda malas bergerak. Darah yang tidak stabil bisa menyebabkan terjadinya tekanan yang mempengaruhi jantung, hingga kerusakan pada ginjal. 

Gangguan Tidur 
Tubuh tidak aktif, tidak ada energi yang dikeluarkan akan membuat anda terjaga di malam hari. kesulitan tidur nyenyak bisa terjadi pada siapa saja yang malas bergerak. tentu hal ini sangat mengganggu kualitas tidur anda. 

Tulang Rapuh 
Otot-otot tulang anda tidak bekerja dengan baik karena tidak aktivitas gerak. Ini sangat berisiko terjadinya osteoporosis atau tulang lebih cepat mengeropos. Banyak sekali profesi yang melibatkan fisik malah membuat seseorang lebih sehat, bugar dan jarang terkena sakit berat. Namun, jika ana bekerja di kantor, siapkan weekend anda dengan mengikuti program olah raga. 

Malas bergerak membuat waktu tidak produktif. Tuntunan kerjaan tidak pernah habis jika anda tidak memiliki jadwal untuk kesehatan anda sendiri. Jangan tunda lagi untuk bergerak, aktivitas ringan jalan pagi juga bisa anda lakukan. Jaga kesehatan mulai dari sekarang.