Waspadai Bisul, Lakukan Hal ini untuk Penanganan

Posted by
Cara mengobati penyakit bisul- Kita sering menjumpai bisul tumbuh di bagian tubuh manusia , meskipun bisul bukan penyakit yang serius tapi saaat kita mengalaminya bisul bisa terasa sangat sakit dan membuat kita tidak nyaman untuk beraktivitas.

Bisul adalah salah satu penyakit kulit, dimana kondisi kulit mengalami pembengkakan, peradangan dan pembengkakan itu berisi nanah dan darah. Bisul secara ilmiah biasa disebut ases kulit atau furukel, bisul bisa berukuran kecil atau besar dan bisa muncul di area tubuh mana pun. Penyebab dari tumbuhnya bisul merupakan infeksi dari folikel(kantong rambut) atau kelenjar minyak pada kulit. Penderita bisul biasanya merasa tidak nyaman dan kesakitan.


Kali ini akan kita bahas bagaimana cara mengatasi bisul , cara perawatannya agar cepat sembuh sampai penangananya saat sudah pecah . Berikut tipsnya :

MENGOBATI BISUL YANG MASIH TUMBUH

Mengompres dengan air hangat daerah sekitar bisul. Saat and mulai menyadari bahwa telah tumbuh bisul pada tubuh anda, maka segera lakukan tindakan dengan mengompres area sekitar bisul dengan air hangat, karena semakin awal dan cepat pengobatannya semakin sedikit komplikasi yang akan timbuh.

Dengan merendam wash lap bersih pada air panas lalu peras hingga uap dari panasnya keluar,tekan wash lap secara perlahan pada sekitar area bisul kurang lebih 5 sampai 10 menit .Usahakan mengulanginya 3 sampai 4 kali setiap hari. Selain itu anda juga bisa merendam bagian tubuh yang terdapat bisulnya di dalam air hangat selama beberapa menit.

MENGOBATI BISUL YANG PECAH 

Saat bisul sudah mulai terasa isinya akan keluar atau sudah pecah, anda harus menjaga agar area sekitar bisul anda yang pecah itu tetap bersih, cuci bisul tersebut secara menyeluruh dengan sabun antibakteri dan air hangat sampai semua nanahnya keluar dan tidak ada yang tersisa. Setelah nanah bersih, keringkan bisul dengan handuk bersih atau tisu,pastikan segera mencuci handuk bekas lap bisul itu atau langsung buang tisu yang digunakan untuk mengeringkan bisul tadi karena agar mencegah terjadinya penyebaran infeksi.

PERAWATAN AGAR BISUL SEGERA SEMBUH

- Mengoleskan krim antibakteri
Sebelum mengoleskan krim antibakteri , siapkan kain kassa pembalut dan pastikan kain kassa dalam kondisi bersih dan kering. Apabila ada cairan bisul yang membasahi kassa maka anda harus mengganti nya. Lalu siapkan krim serta salep anti bakteri yang biasanya dapat didapatkan di apotik dan toko obat terdekat, tinggal aplikasikan dan tututp dengan kain kassa tadi.. Gunakan salep dan krim antibakteri dengan teratur sampai bisul anda benar-benar sembuh.

- Pergi ke Dokter apabila terjadi infeksi
Kadang dalam beberapa masalah bisul, bisul tidak dapat diatasi hanya dengan pengobatan di rumah sendiri, maka anda butuh pengobatan medis untuk mengatasi bisul. Biasanya dokter akan menusuk dan memotong bisul untuk mengeluarkan cairannya, ini terjadi apabila bisul tumbuh di daerah yang sulit seperti saluran telinga atau hidung. Jika terjadi infeksi maka dokter akan memberi suntikan antibiotic atau resep obat yang harus anda minum.

Perawatan dan pengobatan bisul ini harus dilakukan dengan segera agar bisul cepat sembuh dan kempis,karena apabila sudah menyebar infeksinya akan jauh lebih sulit diobati sendiri di rumah dengan cara alami, sehingga mau tidak mau harus pergi ke rumah sakit untuk mengobati bisul ini.

Demikianlah tips perawatan,pengobatan sampai penanganan apabila bisul mengalami infeksi. Tentu saja anda perlu melakukan tindak pencegahan seperti menjaga kebersihan tubuh dan memperhatikan kesehatan makanan anda agar tidak mengalami penyakit kulit seperti bisul ini. Semoga bermanfaat