Cara Mendidik Anak yang baik, Ayah Punya Peran Penting

Posted by with No comments
Cara mendidik anak yang baik sebenarnya sangat mudah ketika ayah bunda memiliki ilmu dan skill. Terutama bagi seorang ayah yang menjadi kepala keluarga sekaligus kepala sekolah di rumah. Memang, ayah bertugas mencari nafkah, dan faktanya porsi waktu mengasuh lebih banyak ibu. 

Jika ayah bekerja hingga larut malam akan kehilangan masa kebersamaan dengan anak. Ayah harus pintar mengalokasikan waktu berkualitas dengan anak. 

Tahukah ayah bunda, anak membutuhkan kasih sayang keduanya. keterlibatan emosi akan tertanam karakter positif pada anak yang tidak mereka dapatkan di bangku sekolah. Anak yang dekat dengan anak akan menjadi anak-anak yang mental kuat jika ayah bunda menanamkan karakter positif kepada mereka.


Mendidik anak sesuai zaman sekarang, sangatlah sulit karena banyak sekali tantangan eksternal yang muncul seperti adanya internet, gadget, televisi dan pergaulan bebas. Ayah bunda harus kompak mengasuh anak, menerapkan program keluarga dari rumah dan disiplin melaksanakan program atas kesepakatan bersama. Berikut ini cara mendidik anak yang baik jika ayah terlibat mengasuh anak;

1. Supaya anak tampil percaya diri
Anak yang sering diajak bermain dengan ayah akan tampil percaya diri, bermain di tempat outdoor dan keterlibatan fisik seperti berlari, melompat, melempar atau memanjat. Ketika anak berhasil melakukan sesuatu, misalnya lari kencang, itu akan terpacu dalam diri anak. seolah ayah berkata, "Ayo Nak, kita menjelajah ke penjuru dunia, yakin dan percayalah dengan kemampuanmu"

2. Supaya anak lebih pintar
Dalam sebuah penelitian, anak yang diasuh ayah sejak dini memiliki kemampuan kognitif lebih baik di usia enam bulan pertama hingga tiga tahun. anak akan tumbuh menjadi sosok yang mudah memecahkan persoalan dengan baik. 

3. Supaya anak berani
Ayah mendorong anak untuk berani dan tidak takut mengambil resiko. Anak mudah mengatasi hambatan dan berani berbicara dengan orang yang ia kenal. Misalnya dengan kegiatan berenang, membuat anak berani menyelam lebih dalam. 

4. Supaya anak pandai bergaul
Bayi di usia 3 bulan pertama yang memiliki bonding yang baik dengan ayah akan menjadi anak yang pandai bergaul dan jarang memiliki masalah dengan temannya. Ketika dewasa jadi sosok yang bahagia. 

5. Supaya anak lebih disiplin
Ayah lebih mampu bersikap tegas pada anak ketika menegakkan disiplin. Biasanya ibu lebih meningkatkan sisi emosional dari logika. jika keduanya dipadukan akan menghasilkan hal yang efektif. 

6. Supaya Anak tidak takut mencoba
Ayah bisa mendorong anda untuk berani melakukan hal yang baru, mengeksplorasi kekuatan dalam diri. Daripada ibu, selalu ingin memberi rasa aman dalam pengasuhan anak. 

7. Supaya anak lebih toleran
Anak perempuan yang dekat dengan ayah akan memiliki tingkat kenyamanan lebih tinggi. Jika ayah terlibat mengasuh anak laki-laki, tidak akan bersikap egois. ketika dewasa nanti akan mudah menjadi anak yang pengertian dan toleran.

8. Supaya anak lebih spontan
Anak akan mendapat pengalaman baru jika didampingi ayah saat bermain. misalnya, ketika memasak di dapur, kompor tiba-tiba mati karena kehabisan gas. secara spontan ayah akan menggunakan api unggun, sekaligus mengajak anak belajar menyelesaikan masalah.

9. Supaya anak lebih aktif
Ayah yang aktif mengajak anak terlibat dalam kegiatan fisik seperti mencuci mobil, berlari atau bersepeda akan membuat anak lebih aktif dan terhindar dari obesitas diri. yang biasanya terjadi pada anak yang tidak aktif bergerak, hanya menonton televisi atau bermain gadget.
10. Supaya anak lebih kreatif
Dari sisi kreatifitas, ayah berpeluang lebih besar ketimbang ibu. Misalnya, ayah mengajak main anak dengan memakai ninja dari sarung, bermain mobil dari pelapah pisang atau membacakan dongeng dengan ekspresi lebih serius. Anak terlahir dengan bawaan kreatif, tinggal bagaimana orangtua mengembangkannya. 

Menemukan cara mendidik anak yang baik butuh keterlibatan sosok ayah. Jadi, jangan sampai ayah kehilangan masa anak-anak ya, luangkan waktu berkualitas untuk anak-anak supaya tumbuh kembangnya bisa maksimal dan terbangun karakter positif untuk bekal masa depan mereka.




0 add comment:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.