Cara Atasi Anak Susah Makan dengan Langkah Ini Ternyata Lebih Mudah

Posted by with No comments
Anak susah makan, orangtua juga ikut susah. Pasalnya, ketika usia balita banyak sekali problem yang terjadi karena berpengaruh pada proses tumbuh kembang anak. Biasanya, anak yang susah makan cenderung mudah tersulut emosi, kurang aktif bergerak dan tidak bersemangat. jika berlanjut hinggga berminunggu minggu akan membahayakan anak baik secara fisik ataupun psikis. 

Anak yang susah makan atau disebut picky eater, akan mengalihkan perhatian ke makanan ringan berupa snack, camilan tidak sehat dan minuman es. Sebagai orangtua, anda harus mengenali karakter anak, kondisi tubuh dan kebiasaan anak. Coba cek, apakah anak sakit? cek kesehatan organ tubuh, apakah gigi anak tidak sehat? Jika ada yang tida beres segera bawa ke dokter. Jika yang terjadi adalah masalah psikis, misalnya apakah anak merasa tertekan dan tidak nyaman? anda harus melakukan pendekatan dan harus menenangkan. Apa saja yang harus dilakukan lagi?


Cara Atasi Anak Susah Makan

1. Tempat Makan Spesial

Sediakan tempat makan dalam bentuk lucu dengan porsi yang kecil. Berikan sedikit demi sedikit karena anak kecil memang selalu aktif bergerak.

2. Makanan yang bervariatif

Batlah jadwal menu harian yang berbeda, sesuiakan dengan kesukaan anak namun tetap kemas dalam porsi yang kandungan nutrisinya baik. 

3. Tepat pada waktunya

Setengah jam sebelum jadwal makan, anda harus meninggalkan semua pekerjaan. Dampingi anak makan, aau jika masih bayi, suapi dengan penuh kehangatan

4. Beri camilan sehat

Anak balita sekarang tidak seperti balita zaman dahulu yang masih dekat dengan cemilan tradisional yang berbungkus daun. mereka lebih menyukai kemasan menarik snack ala supermarket. Anda harus berusaha mengenalkan menu sehat tanpa zat aditif lainnya supaya jika besar nanti mereka akan tahu manfaatnya, tubuh mereka pun akan jauh lebih sehat lagi.

5. Stop Mengancam

Mengancam anak atau memaksa anak untuk mau makan adalah tindakan konyol karena berdampak buruk pada perkambangan psikis anak.

6. Libatkan anak di dapur

Mengajak anak menyiapkan makanan, upaya yang pas untuk mengajak anak lebih siap untuk menyantap makanan. Latih anak mandiri makan sendiri, tidak masalah jika cara makan mereka bakal membuat lantai kotor

7. HIndari memberikan hadiah

Makan adalah kebutuhan primer semua manusia. termasuk anak-anak. Jika anda kerap memberi iing-iming hadiah. Anak akan sulit beradaptasi dengan lingkungan dan terus berharap pada hadiah. 

Anak susah makan memang kerap terjadi pada keluarga manapun. Membangun kebiasaan yang baik di awal pertumbuhan mereka jauh lebih mudah. Karena, anak yang dididik secara disiplin akan lebih memahami apa yang terbaik untuk dirinya. Sebagai orangtua, anda hanya butuh modal konsisten dan lebih bersabar saat menghadapi anak susah makan. 



0 add comment:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.