Candi Ngawen, Si Mungil Rapuh Dikelilingi Eksotika Alam

Posted by with No comments
Candi ngawen kurang begitu populer bagi penikmat wisata, candi yang bercorak budha tersebut terletak di Desa Gunungpring Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Namun, sebagian masyarakat Magelang juga tidak terlalu kenal dengan candi Ngawen. Lokasi candi Ngawen sebenarnya sangat mudah dijangkau dari kawasan perkotaan.

Ditinjau dari sejarah, Belanda menemukan Candi Ngawen kemudian dipugar pada tahun 1911. Candi Ngawen dibangun pada Abad 8 dinasti Syailendra (Budha) dan dinasti Rakaipikatan (Hindu). Karena dibangun oleh kedua umat ini candi Ngawen juga dijuluki sebagai candi peralihan. 


Dari sisi bentuk dan arsitek, candi Ngawen mirip candi bercorak Hindu yang meruncing, namun khas candi bercorak budha yang berwujud stupa dan berundak-undak lebih mendominasi. Candi Ngawen sangat mirip dengan candi Mendut. Jika anda belum tahu seperti apa candi mendut, simak postingan berikut ini


Kesamaan candi Ngawen akan anda lihat karena candi mendut merupakan rangkaian candi yang bercorak budha sekitar 5 kilometer dari candi Ngawen. Seperti halnya candi mendut, candi Ngawen berfungsi sebagai tempat peribadatan umat Budha. Namun, jika candi lainnya sering digunakan tiap pekan, candi Ngawen hanya digunakan saat perayaan hari raya Waisak saja. 

Pada zaman dahulu, candi merupakan sebuah bangunan yang sakral. Candi terpelihara dengan baik karena menurut kepercayaan umat Budha dan Hindu, candi adalah tempat bersemayam para dewa. Jika dalam perjalanan waktu, candi rusak tidak utuh lagi dan kerap mengalami pemugaran itu karena diakibatkan bencana alam ataupun ulah manusia yang tidak bertenggung jawab akan kelestarian budaya bangsa. 

Candi Ngawen nyaris terabaikan karena dari sisi renovasi, candi Ngawen tidak pernah direnovasi seperti halnya canci-candi besar yang dilakukan berulang, Candi Ngawen hanya sekali dipugar dan sudah hampir seabad berlalu lamanya. Candi Ngawen memang agak terlantar karena pihak pemerintah menilai kelayakan renovasi belum terpenuhi. Misalnya, batu-batu candi banyak yang hilang. Seharusnya memang untuk memenuhi persyaratan pemugaran, candi harus memiliki kelengkapan batu.

Sebenarnya, candi Ngawen berdiri pada area yang lebih luas dari pada Candi Menddut. Suasana Alami candi Ngawen sangat memanjakan mata pengunjung. Pesona candi makin cantik karena dikelilingi sawah yang membentang hijau. Candi Ngawen berpotensi menjadi obyek wisata yang bagus jika dikembangkan dengan baik. lokasi terbingkai alam. Daerah sekitar candi Ngawen juga bisa didesain sebagai desa wisata. Potensi dari peninggalan purbakala yang masih terabaikan oleh pemerintah dan masyarakat setempat semoga segera bisa menjadi sumber devisa, setidaknya bermanfaat untuk menggerakkan roda perekonomian desa setempat.

Jika ingin ke candi Ngawen, berikut peta lokasinya




0 add comment:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.