Candi Mendut, Si Kubus yang Tak Lagi Utuh

Posted by with No comments
Candi mendut bisa anda nikmati ketika tengah perjalanan menuju candi borobudur. Di pusat Kota Yogyakarta ke arah Magelang akan disajikan pemandangan candi yang tampak seperti kubus,  tidak utuh. Candi mendut merupakan candi bercorak Budha yang biasa digunakan sebagai tempat yang sangat sakral yakni upacara pemujaan.


Jika dilihat dari sejarah, Candi mendut berasal dari kata venu vana mandira yang artinya candi berada di tengah hutan bambu. Namun, sebagian peneliti tidak sepakat dengan nama tersebut karena lebih cocok disematkan pada candi Ngawen. Pada masa pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra, candi mendut ini berdiri. Raja Indra telah membangun ssebah bangunan yang bernama bangunan wenumana artinya hutan bambu. Ahli arkeolog dari Belanda, J.G de Casparis menggabungkan kedua nama menjadi candi mendut (tertulis dalam prasasti Karangtengah bertarikh 824 Masehi)

Ssperti halnya, candi yang lain, candi mendut menyimpan sejarah tersendiri. Pada relief menceritakan kisah dewa budha. Relief dewi Tara diyakini sebagai sakti budha. Relief Awalokiteswara di sebelah timur, kisah Manjusri di sebelah selatan dan relief raja-raja dari dinasti Sailendra. candi mendut sendiri semuanya menghadap ke Barat 

Uniknya lagi, relief cerita Jetaka terdapat pada dinding tangga candi mendut. Cerita Jetaka tersebut dalam masyarakat juga dikenal cengan sebutan cerita Tantri yang menceritakan makhluk kayangan seperti bidadari. Bila anda kesana, masuk ke dalam ruangan candi, anak akan melihat patung budha Cakyamuni dengan posisi tangan dalam sikap Dharmacakraprawartana Mudra. 

Dilihat dari jauh, candi mendut berbentuk seperti kubus yang bagian atas hilang atau tidak utuh karena sempat runtuh dan sampai sekarang belum diperbaiki kembali. Beberapa kali memang mengalami pemugaran. Bahkan, bagian dasar, candi terbuat dari batu bata kemudian berlapis batu asli. Jika anda ke sana tanpa membawa bekal, santai saja, di sekitar candi anda bisa belanja apa saja termasuk pernak pernik khas Yogyakarta.  Meski candi tidak lagi utuh, candi mendut merupakan obyek wisata yang sangat asyik dikunjungi karena suasana di sekitarnya nyaman dan asri. Ingin tahu seperti apa candi mendut? Silahkan menikmati video candi mendut di bawah ini;





Supaya tidak nyasar, silahkan cek alamat candi mendut di sini ya....


0 add comment:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.