Blogwalking, Solusi Jenuh Ngeblog Pendongkrak Traffic

Posted by
Jenuh ngeblog mungkin pernah dirasakan kalangan blogger. Target postingan yang sudah terdaftar rapi pada kertas "to do list" membuat blogger enggan beranjak dari meja kerja. Tak terasa sebulan penuh berusaha konsisten update blog ini. Hasilnya fantastis! Terus kemana aja saya sejak tahun 2012? Jenuh. Pingin piknik kerap melanda. Apa daya, tidak ada yang bisa memanjakan. Akhirnya bermanja diri dengan blogwalking, berselancar ke beberapa blog, itu sudah cukup jadi pengganti piknik untuk sementara waktu. 

Blogwalking memiliki arti jalan-jalan berkunjung ke blog teman-teman. Dari situ, kita bisa berkenalan, bersilaturahim dan membaca beberapa postingan mereka. Makin sering kita blogwalking, kita makin banyak teman dan pengetahuan. Kita juga akan kaya informasi karena postingan mereka memiliki keunikan yang berbeda. 


Oh iya, jika blog anda sepi pengunjung. Blogwalking bisa jadi solusi ampuh untuk mendongkrak traffic. karena ketika kita meninggalkan komentar di beberapa blog. Si empunya blog bakal berkunjung balik meski tidak saling kenal di dunia nyata. Bagaimana bisa menemukan blog yang akan dikunjungi. Sebenarnya, tidak perlu pilih-pilih blog, anda bisa sesuaikan dengan niche blog anda atau pertemanan di sebuah komunitas atau forum. Biasanya para blogger akan share informasi melalui sosial media seperti facebook, twitter, tumblr dan masih banyak lagi. Dari link yang mereka sebar bisa anda lacak dan temukan sesuatu yang baru. 

Tapi, waspadalah dengan blogwalking, bisa jadi waktu anda banyak yang habis karena terlalu terpesona dengan tulisan atau template. Jadi, supaya bisa efektif saat blogwalking, lakukan beberapa langkah berikut ini; 

1. Jangan lakukan SPAM atau menaruh link blog anda ke komentar blog mereka
2. Berkomentarlah sesuai tema dalam postingan
3. Gunakan akun "Nama/Url" 
4. Saling bertukar link dan saling follow blog
5. Tulis komentar yang menarik sehingga si empu blog penasaran untuk melakukan kunjungan balik
6. Kunjungi blog atau website yang rame, page rank tinggi karena akan membantu anda mendapat pengunjung.
7. Sempatkan blogwalking 30-60 menit tiap hari secara rutin
8. Pilih blog yang sesuai dengan minat anda
9. Buatlah tabel di blog anda yang berisi blog-blog teman anda untuk memudahkan anda blogwalking lagi di kemudian hari. 
10. Gunakan bahasa yang baik tanpa ada unsur provokatif. Anggap saja, blogwalking itu main ke rumah teman. 

Jika saja, anda mengalokasikan waktu untuk blogwalking, pengunjung blog anda akan merangkak naik dan jenuh pun lenyap seketika. Semoga bermanfaat