Apa Itu Osteoporosis? Dan, Bagaimana Pencegahannya?

Posted by
Fungsi tulang sangat penting bagi manusia demi kokohnya tubuh. tubuh manusia dapat melakukan gerakan tertentu dan melakukan aktivitas berkat hasil kerjasama antara otot dan tulang. Tulang juga merupakan tempat menempelnya daging serta otot manusia. Apabila terdapat kelainan pada tulang akan sangat mengganggu kegiatan sehari-hari tentunya. Kelainan tulang seperti Osteoporosis. 

Osteoporosis merupakan penipisan jaringan tulang dan hilangnya kepadatan tulang yang dapat berkembang dari waktu ke waktu. Penyebab utama osteoporosis adalah penurunan estrogen pada wanita pada saat menopause dan penurunan testosteron pada pria.

Kalsium dan fosfat adalah dua mineral yang penting untuk pembentukan tulang normal. Sepanjang usia masih muda, tubuh menggunakan mineral tersebut untuk menghasilkan mineral tulang. Jika tubuh tidak mendapatkan cukup kalsium atau jika tubuh tidak menyerap kalsium yang cukup, maka produksi tulang dan jaringan tulang dapat terganggu.

Inilah tips bagaimana agar terhindar dar kelainan tulang seperti tulang keropos (osteoporosis) , agar tulang selalu sehat dan kuat :

1. Memakan makanan yang banyak mengandung kalsium
Cara pertama untuk menjaga tulang agar tidak keropos adalah Memakan makanan yang banyak mengandung kalsium.Memang kalsium merupakan unsur utama untuk menjaga tulang yang kuat. Setiap orang dianjurkan mengkonsumsi 1000 atau 1200 mg kalsium perhari. Kalsium bisa didapatkan dari sayuran hijau gelap, yogurt, keju atau macam-macam makanan yang mengandung keju, susu dan segala produknya, ikan sarden dan ikan lain yang biasanya dapat dimakan bersama tulangnya, sereal, jus jeruk, kedelai dan segala produknya, dan roti yang mengandung biji-bijian. Baca juga Ingin Tulang Kuat, Ketahui 8 Jenis Makanan yang dibutuhkan

2. Perbanyak Vitamin D
Untuk menjaga agar tulang tetap sehat dan kuat, harus memperbanyak makanan yang tinggi kalsium dan vitamin D. Makanan yang mengandung vitamin D diantaranya adalah sayuran berwarna hijau tua, brokoli, sarden, ikan salmon, kerang serta susu.

3. Kurangi Makanan Mengandung Padi-Padian 
Mengkonsumsi padi-padian juga tidak di sarankan karena didalam makanan yang mengandung padi-padian mampu mengikat kalsium dan mencegah kelancaran penyerapan didalam tulang.

4. Mengkonsumsi Bawang 
Di dalam bawang dan garlic mengandung banyak belerang yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Mulailah mengkonsumsi garam mulai sekarang untuk tulang yang lebih sehat.

5.Menghindari Makanan Dengan Protein Tinggi
Makanan yang memiliki kandungan protein tinggi menyebabkan kalsium menguap dari dalam tubuh.

6. Kurangi konsumsi kafein 
Untuk menjaga agar tulang tetap sehat dan kuat, sebaiknya kurangi konsumsi kafein yang biasanya terdapat banyak dalam kopi. Kurangi konsumsi kopi dari sekarang.

7. Olah Raga Teratur
Cara selanjutnya untuk menjaga tulang agar tidak keropos adalah Memiliki Gaya hidup aktif.Beberapa olahraga yang dianjurkan seperti latihan beban, jalan cepat, menaiki tangga, yoga, menari dan olahraga raket. Hanya 30 sampai 45 menit dari salah satu kegiatan di atas akan memenuhi kebutuhan latihan harian kita.

Itulah salah satu tips bagaimana membuat tulang anda tetap terjaga kesehatannya dan tidak cepat keropos. Lakukan hal yang menyenangkan diatas bersama keluarga. Karena membiasakan aktif bergerak membuat tulang lebih kuat sehingga osteoporosis bisa dicegah.