Anak susah makan karena tumbuh gigi, Benarkah?

Posted by with No comments
Anak susah makan karena tumbuh gigi, benarkah? Sebagian orang tua memiliki pendapat jika anak susah makan itu sudah biasa karena memang ketika masuk ke usia balita dimana pertumbuhan gigi juga mengalami peningkatan. Tumbuh kembang anak ketika memasuki usia 1 tahun memang demikian namun bukan berarti sebagai bunda, kita menyerah dengan membiarkan anak tidak makan, bermain sesukai hati. Aktivitas anak yang senangnya bermain membutuhkan energi cukup sehingga asupan gizi juga tidak boleh kita abaikan. Nah berikut penjelasan yang dilansir dari majalah Parenting:

cara-atasi-anak-susah-makan

Pertama: pola pertumbuhan mengalami perubahan
pertumbuhan seorang anak balita diatas 1 tahun mengalami keterlambatan atau biasa disebut slowing down. Biasanya bayi berusia 4 bulan mengalami pertambahan berat badan sebanyak 1 kg sebulan namun memasuki usia 1 tahun ke atas hanya mengalami pertambahan 2 kg per tahun. Tuh, bunda bisa bayangin gimana dulu pipi si bayi imut sekarang agak kempes. hehe

Kedua, Kalori yang dibutuhkan mengalami penurunan 
Jika ada keterlambatan pertumbuhan maka kalori yang dibutuhkan jug semakin turun. Makanya, pernah dengat anekdot jika batita makan kayak unta. Hari ini dia seneng makan, eh besok atau lusa malas makan.

Ketiga, Aspek perkembangan anak mulai ada perubahan
Jika masih bayi anak tidak butuh bergerak aktif, hanya tidur, berbariing, duduk dan sangat bergantung pada bunda.  Nah, ketika anak sudah berusia ditas 1 tahun, di mulai bergerak aktif seperti belajar berjalan. Ëverything is about me"jadi anak hanya memikirkan apa yang dia suka. Jadi bunda dan ayah, harus nurut apa maunya si anak. Termasuk dalam soal makan, jika dia tidak lapar, maka dia tidak mau makan. Si anak berada pada fase pembangkangan. Bagi anak yang normal, dia akan makan kok bunda. Tapi jangan sampai menunggu dia kelaparan berat lho. Makan tidak harus nasi, bunda bisa siapkan camilan sehat seperti buah, biskuit atau kudapan tradisional 

Keempat, Stop beri anak makanan cair!
Hanya karena bunda malas, jangan sampai ya memberi ananda makan yang bersifat cair karena anak akan semakin malas gigi dan gusi tidak berlatih menggigit makanan, menguyah dan mengulum. Jadikan momen makan itu momen keluarga yang menyenangkan sambil bercerita dan libatkan anak dalam kegiatan menyiapkan makanan. 


Anak susah makan karena disebabkan banyak faktor, tidak hanya karena tumbuh gigi. Bunda, bisa baca postingan di atas untuk mengetehui informasi lainnya tentang bagaimana mengatasi anak yang susah makan. Semoga bermanfaat ya, jika bunda punya pengalaman yang berbeda ditunggu sharingnya melalui komentar dibawah :)



0 add comment:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.