Ajari Anak Berbagi Sejak Kecil

Posted by with 2 comments
Ajari anak berbagi sejak kecil harus ditanamkan sejak dini. Saat yang tepat adalah usia balita.Hal ini dapat menumbuhkan rasa empati kepada orang lain. Manusia tergolong makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Pasti menyenangkan ya, jika melihat balita kita dengan senang hati membagi kuenya ke teman tanpa ada paksaan? Sebagian anak kecil tidak mau membagikan kuenya karena masih ada unsur egois dan barnagkali belum dilatih bagaimana cara berbagi. Jika dibiarkan, kebiasaan akan berpengaruh pada karakter ketika dewasa kelak. Nah, berikut cara mengajari anak balita seusia 2 tahun:

ajari anak berbagi sejak kecil
Makan bareng, salah satu cara menumbuhkan anak berbagi


Bergiliran
Misalnya bermain puzzle, berilah jadwal bergilir. 30 menit si Nadia yang bermain dan 30 menit kemudian biarkan si lala bermain. dengan begitu, anak akan merasakan betapa asyiknya berbagi. 

Jangan dipaksa jika menolak
Jangan sampai ada unsur paksaan bahkan sampai menghukum karena dapat menimbulkan rasa dendam dan amarah yang tersimpan dalam diri anak. Awalnya mengajarkan hal baik tentang berbagi namun malah berdampak buruk. 

Beri pemahaman
Jika anak tak mau meminjamkan mainnya, bujuk si anak baik-baik, "sabar ya sayang, mungkin Reva lagi pengen mainan lebih lama, kita main lainnya dulu yuk". Selalu beri pemahaman ke anak dengan cara yang baik dengan bahasa yang sederhana. Hal ini akan melatih rasa sabar dan ikhlas.

Support dalam kegiatan apapun
Biasanya anak yang punya mainan baru atau makanan akan memamerkan ke temannya. Nah, ini jadi kesempatan baik untuk mengajarkan berbagi. 

Event berbagi
Momen berbagi tidak hanya diadakan setahun sekali dalam memperingati momen tertentu seperti berbagi dengan anak yatim. bukan hanya itu ya bunda, mengajarkan anak berbagi ya saat yang tepat adalah kegiatan sehari hari. Bisa juga melalui permainan yang dilakukan secara bersama. 

Menghargai barang miliknya
Meminta izin jika ingin meminjam barang si anak karena anak biasanya udah marah jika barnag miliknya dipakai orang lain. Misalnya crayonnya telah dipakai kakak tanpa izin tau tau sudha dipakai. Anak akan marah. 

Jadilah tauladan yang baik
Hal ini memang tidak mudah, anda harus konsisten terhadap perilaku. Ajarkan anak tentang kemurahan hati. Anda bisa berbagi kue atau es krim. Di kesempatan lain, ceritakan tantang perasaan dan pengalaman menyenangkan jika bisa berbagi dengan orang lain. Anda telah menjadi tauladan yang baik untuk ananda. 

Keteladanan yang disertai pemahaman sejak kecil dapat membuat anak lebih berkarakter. Ketika dewasa akan terhindari dari sifat arogan, egosi dan bossy yang dapat merugikan diri sendiri dan terhadap pergaulannya. 


2 komentar:

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.