Candi Kalasan, Bukti Toleransi Umat Budha dan Hindu

Posted by with No comments
Candi kalasan termasuk dalam kategori candi umat budha yang terletak di desa Kalasan, kabupaten Sleman, provinsi Yogyakarta Jawa Tengah. Candi berdiri pada tahun 777 saka atau 778 M. Candi kalasan merupakan candi tertua di Yogjakarta dan Jawa Tengah. Latar belakang cerita candi kalasan adalah untuk menyembah Dewi Tara, candi ini didirikan Rakai Panangkaran dinasti Sanjaya. Namun, tidak dIgunakan mereka karena beragama Hindu. Usut punya usut, Rakai dibujuk gurunya yang beragama Budha. Oleh karena itu, candi kalasan menjadi bukti adanya kerukunan antar umat Hindu dan Budha pada masa itu.


Berdasarkan hasil penelitian para ahli arkeologi, pada candi kalasan terdapat prasasti yang berhuruf pre Nagari, bahasa sansekerta. Sang guru berhasil membujuk muridnya untuk membuat bangunan suci bagi Dewi Tara beserta biaranya sebagai hadiah. Meski ada yang menyebutkan candi kalasan adalah candi tertua, ada sejarahwan dari Belanda yang memiliki pendapat berbeda. Ada bangunan suci berbentuk wihara ukuran 45 x 45 meter yang mengalami tidak kali perbaikan.  Candi kalasan terdapat Bajralepa pada penutup candi, seperti pelsteran uikran batu halus. Bajrarepa ini sisi keunikan canda kalasan yang juga dimiliki Candi Sari. 

Persegi bentuk dari candi Kalasan, bagian atap puncak berbentuk dagoba (stupa), segi delapan. Kini kondisinya sudah rusak. sisa bagian selatan yang utuh, arca perunggu juga lenyap. Ukiran indah menghiasi tubuh dan atap candi. ada juga arca Gana, patung manusia kerdil berperut buncit yang biasa memikul barang. Dari beberapa sumber referensi, hiasan yang ada di candi kalasan dibuat dengan cukup rapi, hal ini menunjukkan kecakapan para pemahat dan ahli plester pada masa itu sangat mumpuni. 

Candi kalasan telah beberapa kali menagalami pemugaran, bahkan pernah ditutup seluruhnya oleh stucco. penghalusan bagian candi terbuat dari batu kapur. Jadi bangunan yang ada sekarnag tidak lagi asli. Meski demikian, candi kalasan tetap memikat hati para wisatawan dengan eksotika karya seni berpadu dengan keindahan alam. Anda bisa menikmati candi dari bagian selatan. Terlihat Banaspati besar, lajur tegak lurus berhias sulur, makara yang menjadi karya seni terbaik pada masa Hindu. Candi tersusun dengan amat rapi dari bebatuan saling terkait dan melebar.

Lokasi candi kalasan tidak jauh dari candi mendut, karena memang lokasi Jawa Tengah banyak sekali candi-candi berdiri. Jika anda ingin ke candi Mendut, jangan lupa baca postingan di bawah ini;


Candi mendut merupakan oyek wisata yang juga asyik dikunjungi. candi unik berbentuk kubus namun bagian atas sudah tidak lagi utuh. Jika anda melakukan perjalanan ke candi Borobudur, anda akan menikmati eksotika karya seni nan hijau dari kejauhan. Adanya candi di Indonesia, termasuk candi kalasan membuktikan bahwa bangsa Indonesia pernah dipimpin kerajaan bercorak Hindu dan Budha. Peninggalan sejarah adalah aset yang harus dijaga oleh generasi masa kini.

Bila anda ingin berkunjung menikmati wisata candi kalasan, berikut denah peta nya....






0 add comment:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.