7 makanan Penambah Kekebalan Tubuh Saat Musim Hujan

Posted by
Imunitas tubuh yang kebal akan membuat tubuh lebih sehat dan jarang sakit. Berbagai bakteri, kuman, jamur yang menyebabkan penyakit kerap menyerang seseorang yang daya tubuhnya lemah. Oleh karena itu, pencegahan yang paling baik dari segala penyakit adalah menambah kekebalan tubuh. Apalagi di musim hujan sangat rentan sakit karena cuaca yang tidak menentu. Nah, berikut 7 makanan yang dapat menambah kekebalan tubuh anda dan keluarga sakit musim hujan; 


1. Bayam
Sayuran hijau ini mengandung folat sekaligus aktioksidan. Biasanya sayur bayam digunakan untuk sayur bening namun karena cuaca musim hujan sangat dingin anda bisa membuat menu baru seperti pecel, urap, atau sebagai lalapan sambal usai direbus sebentar. 

2. Bawang putih'
Seperti halnya bayam, bawang putih mengandung antioksidan. Sebenarnya anda setiap hari sudah mengonsumsi bawang putih setiap hari dalam masakan matang. Namun, porsi dalam makanan kadang sangat sedikit. Anda bisa menggantinya dengan membuat sambalatau dimakan langsung. Bawang putih dapat melawan bakteri jahat dalam tubuh anda. 

3. Yogurt
Dalam proses pembuatannya, yogurt memang diberi bakteri aktif yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh karena mengandung vitamin D dan antioksidan. 

4. Semangka
Buah yang menyegarkan ini ternyata juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Meski sebagaian orang ada yang merasakan pusing usai memakannya tapi kandungan air dalam semangka sangat tinggi bisa mencegah dehidras. Hal ini mengantisipasi anda jika tidak cukup minum air. Namun, alangkah baiknya diimbangin dengan minum aor putih banyak 8 gelas per hari. 

5. Teh
Hangatnya secangkir teh manis ternyata memiliki banyak manfaat. Kandungan flavonoid di dalamnya dalapt meningkatkan kekebalan tubuh dan bisa membantu menghancurkan radikal bebas. 

6. Jahe
Kehangatan jahe diminum saat musim hujan bisa menambah ketahanan tubuh. Kandungan yang dimiliki jahe adalah bahan antimikroba, akntioksidan dan mineral. 

7. Ubi Jalar
Ubi Jalar mengandung vitamin A. seperti halnya kelor atau wortel, ubi jalar berfungsi untuk memproduksi jaringan konektif yaitu jaringan yang menghubungkan, mendukung dan memisahkan antar jaringan yang menghubungkan dan memisahkan antar jaringan dan organ dalam tubuh. 

Menjaga kesehatan merupakan hal yang sangat penting, terlebih saat musim hujan. Meningkatkan kekebalan tubuh tidak harus dengan tambahan nutrisi berupa tablet dari makanan yang bisa konsumsi sehari-hari ternyata jauh lebih aman dan alami.