5 Kebiasaan Baik di Rumah Bagi Wanita Obesitas

Posted by
Obesitas atau kegemukan adalah menumpuknya lemak dalam tubuh. Kegemukan bisa meningkatkan peluang penyakit dan mempengaruhi kepercayaan diri. Penyakit berat seperti jantung, diabetes, asma, biasanya kerap menghantui seseorang yang mengalami obesitas.

Obesitas bisa dipengaruhi pola makan dan pola hidup seseorang, kombinasi asupan energi yang berlebih dan tidak diimbangi aktivitas fisik. Namun, ada pula kasus obesitas karena gen, gangguan endoktrin, obat-obatan. Orang obesitas mengeluarkan energi yang lebih besar ketimbang orang kurus karena butuh energi besar untuk menjaga massa tubuh.



Tahukah anda, penyebab obesitas juga dipengaruhi perlakuan kita terhadap makanan di rumah? Makanan yang tersedia di rumah, bagaimana proses penyajian makanan, apakah menonton televisi sambil makan dan tingkat dukungan pola makan sehat dari pihak keluarga. Berikut 5 kebiasaan baik terhadap makanan yang perlu anda ketahui untuk mengurangi angka obesitas atau bagi anda yang ingin terhindar dari obesitas;

1. Ketika makan, segera matikan televisi 
Orang yang menghabiskan waktu di depan televisi akan merasa kesulitan. anda bisa mengganti kegiatan nonton televisi dengan mendengarkan musik sambil menikmati makanan. Jadikan alam sebagai titik fokus sambil menghirup udara segar. Supaya aliran oksigen dalam tubuh juga lancar.

2. Hindari menyimpan makanan ringan tinggi lemak
Kebiasaan yang baik bisa anda mulai sejak sekarang. Mengganti makanan berlemak dengan makanan sehat seperti buah dan sayuran segar supaya berat badan anda stabil dan mampu memberikan kesegaran dan kebugaran fisik.

3. Hindari makanan cepat saji 
Jika anda sibuk dan tidak punya waktu untuk memasak, hindari makanan cepat saji. Pilihlah makanan sehat yang proses pembuatannya cepat. jadi anda bisa menyimpan bahan baku dalam lemari es untuk persediaan dalam satu minggu. 

4. Hindari minuman yang terlalu manis
Kini banyak sekali produk minuman bersoda yang kerap diiklankan di televisi. Banyak orang yang tergiur dengan iklan ini kemudian menyediakan stok minuman botol dalam lemari es. tahukah anda bahwa gula yang berlbih juga sangat membahayakan resiko penyakit jantung, obesitas, hipertensi bahkan kanker? Selain kandungan gula juga terdapat kanddungan zat adiktif. Batasi itu semua dan segeralah menggantinya dengan air putih delapan gelas per hari.

5. Pelajari proses memasak sehat
Pastikan anda menggoreng makanan dengan cara yang baik, mengganti minyak yang telah digunakan berkali-kali. kurangi komposisi karbohidrat menambah protein nabati. Begitu juga dalam pembuatan kue, anda harus memperhatikan kandungan bahan kue sehingga bisa menekan angka kalori dalam kue.

Obesitas bisa terjadi pada wanita mana pun, bukan hanya dari kalangan orang kaya namun juga wanita yang berpenghasilan rendah. Karena obesitas tidak semata bermula dari banyak makan namun juga bagaimana proses penyajian makanan serta kebiasaan yang buruk. tidak ada kata terlambat untuk anda jika ingin memiliki tubuh ideal. Semoga informasi in bermanfaat bagi anda, selain solusi diet yang kini marak dilakukan wanita obesitas.