10 Dampak Positif Membacakan Cerita pada Anak

Posted by
Saat ini, anak-anak hidup di zaman teknologi yang sangat canggih. Segala informasi mudah diakses hanya dengan sentuhan jari. Bagi orangtua, kondisi seperti ini memang menjadi pelengkap hidup dalam menjalani rutinitas sehari-hari.Memudahkan semua urusan. Namun, bagaimana dengan anak-anak yang belum memiliki kemampuan untuk menyaring segala informasi? Sebagai orangtua, anda perlu menanamkan kecintaan anak pada buku karena sebagai pondasi awal mereka mengenal dunia informasi.

Buku adalah jendela dunia. Jika sekarang, gadget bisa memiliki fungsi yang sama dengan buku namun gadget masih dipenuhi dengan berbagai konten yang tidak bermutu dan hanya terjadi komunikasi satu arah beda halnya dengan buku yang dibacakan orangtua, terdapat komunikasi dua arah. Berikut 10 dampak positif jika anda membacakan cerita pada anak;



1. Pembentukan kepribadian 
Cerita anak yang mengandung pesan moral akan memberikan nilai-nilai positif pada anak. Sehingga, anak akan memiliki panduan untuk memfilter perilaku ketika mereka bersosialisasi dengan temannya. Otak anak akan mudah menyerap ilmu akademis di sekolah, anak juga akan mudah bergaul.


2. Ketrampilan bahasa anak makin berkembang
Membacakan cerita bisa dimulai sejak janin dalam kandungan. dan, ketika bayi pun bisa diajak berkomunikasi. Perbendaharaan bahasa anak jauh lebih banyak dibandingkan anak yang jarang dibacakan buku cerita. Anak juga akan memahami pengembangan bahasa dalam sebuah cerita, menghubungkan antara gambar, angka, peristiwa yang terangkum dalam imajinasi mereka. Walhasil, anak pun mampu mendeskripsikan suatu objek, warna, angka dan bentuk suatu benda. 

3. Kedekatan emosional dengan orangtua
Orangtua yang sering membacakan cerita anak akan terlibat hubungan fisik seperti memangku anak sambil memeluknya. Hal ini modal anak lebih percaya diri.

4. Ketrampilan motorik
Desain buku yang eye catching sangat mempengaruhi tingkat sensifitas rasa penasaran anak. Keingintauan anak terhadapa sesuatu hal yang baru padaalur cerita, gambar pada buku mendorong ketrampilan motorik anak jauh lebih baik. 

5. Pengetahuan luas 
Selain pesan moral yang tersampaikan, pengetahuan anak akan lebih luas. Berbagai gambar, rangkaian cerita dan kosa kata baru membuat anak tahu segalanya. Mereka pun akan terpacu untuk memperluas pengetahuan dengan buku cerita yang lain. 

6. Memaksimalkan kecerdasan 
Dalam proses membaca, terdapat tahapan menerima, menangkap, memahami dan menyimpan informasi yang terserap oleh memori. otk anak akan bekerja lebih aktif, simpul-simpul saraf pada otak akan terhubung dengan yang lainnya sehingga kecerdasan makin berkembang dengan baik. 

7. Makin cinta buku 
Jika sering membacakan cerita pada anak, mereka akan ketagihan membaca buku. Buku menjadi teman setia menjelang tidur dan di waktu senggang. Hal ini tentu sangat menarik ditengah serangan teknologi canggih yang membuat anak lupa waktu dengan aktivitas yang kurang bermanfaat. Sebelum mereka mengenal teknologi, pastikan anak anda menyukai buku supaya memiliki kemampuan memfilter informasi dengan baik

8. Memusatkan perhatian
Saat anda membacakan sebuah cerita, pasti ada bergama intonasi suara. kapan marah, kapan berusara lembut, kapan berteriak dan kapan bertutur halus. Dalam tahap ini, anak anda memusatkan perhatian dan biasanya akan terekam di memorinya.

9. Perkembangan informasi
Informasi yang serba instan telah tersebar di berbagai website. Ada beberapa orangtua yang memilih media teknologi sebagai pengganti buku. Namun, tahukah anda, hal ini bisa membahayakan mereka karena gadget berbeda dengan buku. Banyak sekali website ataupun aplikasi edukatif yang dibanjiri iklan dan anak pun bisa terjebak pada tombol iklan. Bedahalnya dnegan buku, anak akan terpusat pada satu tujuan yakni bahasa, menikmati ilustrasi dan alur cerita. Informasi ke anak akan mudah tersampaikan dengan baik ke dalam memori. 

10. Perkembangan sosial
Tata bahasa yang bai, pengetahuan luas dan kepribadian yang terbentuk menjadi modal dasar penting anak dalam bergaul. Tidak hanya di sekolah dasar, saat mereka remaja kelak juga akan berpengaruh. 

Membentengi anak dengan karakter yang baik adalah langkah penting yang dilakukan orangtua sedini mungking. jadwalkan waktu berkualitas anda untuk mereka. Waktu berkualitas bisa anda sempatkan saat menjelang tidur sambil membacakan cerita. Demikian 10 dampak positif membacakan cerita pada anak. semoga bermanfaat...