Waspadai Gejala Usus Buntu

Posted by
Kesehatan usus harus kita jaga sebaik mungkin, karena apabila usus kita sudah mangalami gangguan penyakit maka akan sangat bahaya dan memiliki rasa sakit yang luar biasa . Untuk mengatasi masalah usus seperti usus buntu adalah dengan melakukan operasi atau pembedahan untuk pengambilan usus.




Usus merupakan salah satu bagian dari alat pencernaan pada manusia yang bermula dari lambung hingga anus. Terdapat dua bagian pada usus, yaitu usus kecil dan usus besa atau kolon. Usus kecil terdiri dari jejunum,ileum dan duodenum, kalau usus besar terbagi menjadi kolon, cecum, dan rectum.

Usus buntu biasanya terjadi karena adanya peradangan pada usus buntu manusia dimana terjadi penyumbatan pada usus buntu yang disebabkan adanya benda keras pada tinja atau infeksi yang ada diusus buntu sehingga cabang getah bening menjadi bengkak.

Mengetahui gejala awal usus buntu dapat membuat anda lebih waspada dan segera memeriksakan ke dokter apabila megalami gejalanya , hal ini agar pengobatan yang lebih baik segera dilakukan sebelum radang usus buntu menyerang dan semakin parah. Berikut gejala usus buntu yang harus anda waspadai; 

1.  Sakit pada pusar rasa sakit pada bagian pusar dan rasa tidak nyaman lainnya dapat menjadi genjala awal usus buntu. Dan perasaan kurang nyaman ini perlahan berpindah ke bagian bawah perut.

2. Demam , bukan hanya rasa sakit pada pusar namun gejala lain seperti demam. Jika keadaan bertambah buruk maka demam akan bertmbah tinggi.

3. Diare, gejala ini juga sering muncul pada ciri penyakit usus buntu. Segera periksakan ke dokter apabila mengalami diare atau sakit perut.

4. Rasa sakit pada perut, Dengan cara menekan bagian bawah kanan perut anda bisa memeriksa apakah anda terkena usus buntu atau tidak , Apabila anda merasakan sakit pada saat menekan bagian bawah kanan perut maka segera konsultasikan kepada dokter karena bisa jadi anda mengalami usus buntu.

5. Rasa sakit yang semakin bertambah , pada awal gejalanya rasa sakit akan terasa biasa saja. Namun lambat laun rasa sakit akan semakin bertambah bahkan sampai membuat penderita sulit beraktivitas. 

6. Mual dan Muntah, Gejala ini memang terasa ringan dan sering terjadi . Namun apabila mual dan muntah sudah terjadi begitu lama seperti 12 jam dan belum sembuh , anda haruslah segera memeriksakannya ke dokter.

7. Sering buang gas dan juga kembung, rasanya gejala ini memang tampak biasa. Jika anda mengalami buang gas dan kembung terlalu sering dan juga disertai rasa sakit pada bagian bawah perut. Maka segeralah periksakan ke dokter apakah gejala ini usus buntu atau bukan.

Diatas adalah gejala awal penyakit usus buntu yang seharusnya anda ketahui. Ada baiknya jika anda memperhatikan sejak dini dan tentunya juga menjaga pola makan anda agar kesehatan usus anda tetap terjaga. Lebih baik mencegahkan daripada mengobati.