Wanita Harus Tahu Hal Ini, Cara Menjaga Alat Reproduksi

Posted by
Sebagai kaum hawa alat reproduksi memang sangat penting untuk di jaga kesehatannya. Kesehatan reproduksi sendiri penting kaitannya agar terhindar dari penyakit bahaya seperti gangguan menstruasi,v aginitis bahkan hingga kanker vagina. Tentu sebagai wanita kita tidak menginginkan penyakit tersebut bersarang. Maka dari itu sebagai wanita kita harus mulai peduli pada kesehatan alat reproduksi sendiri . Nah berikut beberapa tips menjaga alat reproduksi wanita :



- Selalu membersihkan bagian luar vagina setelah buang air kecil atau buang air besar dengan air bersih, dengan arah dari depan ke belakang.

- Rajin mengganti pembalut saat sedang masa menstruasi, terutama saat awal menstruasi dimana darah haid biasanya mengeluarkan banyak darah.

- Jangan memasukkan jari ke vagina/ejakulasi, meskipun bertujuan membersihkan bagian dalam vagina. Karena aktivitas tersebut akan menghilangkan bakteri lactobacilli dan juga memicu iritasi pada kulit.

- Jangan gunakan sabun atau menyapu gel shower pada vagina, karena akan memicu kondisi kering pada vagina, iritasi kulit bahkan mengakibatkan gatal. Sebagian wanita juga mempunyai sensitife/alergi pada pewangi dan busa yang terkandung di sabun.

- Membersihkan alat kelamin dengan air baik pada istri atau suami saat hendak melakukan hubungan intim. Sebaiknya buang air kecil setidaknya 30 menit sebelum berhubungan, hal ini dapat menurunkan resiko infeksi kandung kemih.

- Mengganti celana dalam minimal 2x sehari. Dan apabila anda mengalami keputihan hendaknya memakai panty linner. Begitupun saat anda hendak tidur sebaiknya tidak memakai celana dalam agar sirkulasi udara dan darah lebih lancar.

- Menjaga kebersihan alat potong rambut kemaluan. Dan terlalu sering membersihkan bulu kemaluan dapat memicu gangguan reproduksi seperti bengkak nanah yang mengakibatkan penderita mengeluh sakit dan demam.

- Mengantisipasi keputihan yang tidak wajar,keputihan biasanya terjadi beberapa hari sebelum haid,ketika mengalami gairah sex, kehamilan, dan klimaterik atau sesudah menopause. Apabila keputihan terjadi diluar waktu-waktu tersebut dan disertai bau yang tak sedap,berwarna kuning/kehijau-hijaun dan rasa gatal hendaknya segera dikonsultasikan ke dokter.

- Menghindari penggunaan pembersih vagina yang dijual di pasaran,karena menimbulkan efek samping dan dapat mengubah ph vagina. Produk yang harus anda hindari adalah apabila setelah penggunaan menimbulkan gatal, pedih dan kemerah merahan.

Demikianlah tips bagaimana cara menjaga alat reproduksi agar selalu sehat. Tentu dengan alat reproduksi yang sehat akan mampu mendukung seorang wanita membahagiakan suami, memperlancar proses memiliki anak dan mendukung agar proses persalinan dapat berjalan lancar. Semoga bermanfaat dan dapat diterapkan ya.