Tidak Ingin Dada Sesak? Anda Harus Menjaga Kesehatan Paru-paru

Posted by
Paru-paru adalah organ penting dalam tubuh manusia. Kita semua setiap hari bernafas menggunakan organ tubuh yang disebut paru-paru. Paru-paru sendiri bertugas sebagai tempat pertukaran oksigen yang dibutuhkan manusia dan mengeluarkan karbondioksida yang merupakan hasil sisa proses pernapasan yang harus dikeluarkan dari tubuh, sehingga kebutuhan tubuh akan oksigen tetap terpenuhi.



Tentu jika ada sedikit masalah pada paru-paru kita , bisa kita rasakan pada susahnya kita bernafas. Bahkan jika paru-paru kita mengalami masalah, jantung pun akan bereaksi lebih keras dalam bekerja. Hal ini dapat memicu kematian lebih cepat. Salah satu penyakit paru-paru adalah asma dan bronmkitis. Lalu bagaimana cara agar paru-paru kita tetap terjaga kesehatannya ? Berikut tips agar paru-paru tetap sehat :

1. Menghindari Polusi Udara
Untuk anda yang tinggal di kota tentu banyak menrmui udara yang tidak sehat, anda bisa mulai dengan menanam pohon disekitar rumah agar udara di sekitar anda tetap terjaga kesehatannya. Jangan lupa mengenakan masker saat anda keluar atau perjalanan jauh ,dengan masker anda bisa terhindar dari udara yang tidak sehat yang bisa mengganggu sistem pernafasan terganggu.

2. Jauhi Rokok
Salah satu cara terbaik terhindar dari gangguan sistem pernafasan adalah berhenti dari kebiasaan merokok. Rokok mengandung zat beracun seperti nikotin yang jika masuk ke dalam tubuh, zat ini akan merusak organ – organ penting di dalam tubuh seperti paru – paru. Dan hindari juga menjadi peorkok pasif, lebih baik menjauh saat ada asap rokok .

3. Rutin Olahraga
Olahraga akan membuat paru – paru menjadi sehat karena pernafasan kita akan tertata ketika rutin berolahraga. Maka dari itu usahakan rutin melakukan olahraga, seperti renang, berlari, berjalan. Setidaknya lakukan salah satu olahraga tersebut secara rutin agar terhindar dari gangguan paru-paru .

4. Jauhi Stress
Kelelahan akan menghadapi masalah sehari-hari sering menjadi pemicu orang mengalami stress. Usahakan untuk tetap menjaga pikiran anda untuk tenang dan nyaman dalam menghadapi masalah. Hal itu dapat membantu kesehatan paru-paru anda lebih sehat dan prima.

5. Bernafas Melalui Hidung
Bernafas melalui hidung akan membuat udara yang hendak memasuki paru – paru akan disaring dahulu menggunakan bulu hidung. Hal ini bagus untuk menjaga agar paru-paru tetap sehat. Mulai sekarang biasakan bernafas melalui hidung.

Sekian tips bagaimana agar paru-paru tetap terjaga kesehatannya, semoga bisa bermanfaat buat para sahabat kupas sehat. Semoga dengan selalu menjaga kesehatan kita bisa menumbuhkan kebiasaan baik untuk generasi masa depan, dan utnuk kemungkinan hidup lebih lama bersama keluarga.