Penyakit Kulit Bisa Dicegah Dengan Kebiasaan Ini

Posted by
Kulit rentan terhadap penyakit. Aktivitas yang bersentuhan dengan kondisi luar menyebabkan jamur, bakteri, virus masuk melalui pori-pori kulit. Gejala yang timbul suatu penyakit juga bisa dilihat dari kondisi kulit. Hal yang paling mudah kita temukan seperti munculnya ruam merah, panu, bersisik, keluar benjolan seperti jerawat dan lainnya.



Kulit adalah salah satu lapisan pada kulit manusia yang berfungsi sebagai alat ekskresi karena terdapat kelenjar keringat atau kelenjar sudorifera yang terletak pada lapisan dermis. Kulit terdiri dari dari lapisan epidermis, hipodermis,dan dermis. Kulit juga berfungsi sebagai alat pengeluaran kelenjar keringat, mengatur dan menyeimbangkan suhu tubuh, alat peraba dan juga sebagai tempat dibuatnya vitamin D dengan bantuan sinar matahari.

Kita akan terlihat lebih percaya diri tentu jika keluar dengan kondisi kulit yang sehat. Dengan kulit yang bebas masalah dan terlihat sehat juga bisa menunjukkan kebiasaan dan kepribadian orang, lihat saja bagi yang memiliki masalah kulit seperti panu... duh pasti yang terlintas di fikiran kita pertama kali tentang orang itu adalah jarang mandi dan malas. Nah kebiasaan apa saja yang bisa kita lakukan supaya terhindari dari  penyakit kulit? Berikut penjelasannya

MANDI TERATUR

Anda harus membiasakan diri mandi minimal dua kali sehari. Karena jarang mandi akan menyebabkan anda mudah untuk terjangkit penyakit jamur yang bisa menimbulkan penyakit kulit.

MENGGANTI PAKAIAN 

Dalam menjaga kesehatan kulit hal yang paling penting adalah menjaga kebersihan. Jika kita memakai pakaian yang kotor atau jarang dicuci karena sering dipakai maka dapat menyebabkan timbulnya jamur dan panu pada kulit anda. 

JANGAN TERLALU LAMA BERADA DIBAWAH SINAR MATAHARI SAAT SIANG HARI

Pada jam tertentu sinar matahari memang baik, namun saat sudah jam 10.00 sampai sore hari sinar matahari sudah bersifat jahat karena sudah mengandung ultra violet (UV) yang menimbulkan beberapa masalah serius seperti kulit menjadi terbakar , iritasi atau bahkan memicu penyakit kanker kulit. Jika anda bepergian pada siang hari hendaknya menggunakan lotion atau sunblock dan jaket pelindung agar terlindung dari paparan sinar matahari secara langsung.

HINDARI MENGGARUK KULIT TERLALU KERAS

Jika anda merasa gatal jangan menggaruknya terlalu keras karena dapat menyebabkan kulit anda lecet. Kalau memang sedang gatal hendaknya di garuk yang wajar saja. Kalaupun masih tetap gatal oleskan minyak angin / balsem agar hilang rasa gatalnya. Sebagian orang memiliki alergi pada makanan tertentu dan jika anda memiliki alergi pada kulit, maka hindari makanan yang bisa memicu kulit anda merasa gatal dan merah-merah karena alergi. 

Sebenarnya masih banyak lagi jenis penyakit kulit yang belum kita ketahui selain panu, kadas atau gatal. penyebab virus tertentu bisa saja mengintai kulit-kulit kita. Melakukan kebiasaan baik diatas setidaknya membuat benteng imunitas pada kulit supaya terhindari dari penyakit kulit berbahaya. Lakukan kebiasan baik dengan teratur dan dimulai dari keluarga. Baca Juga Aduh, Makan Tomat Bisa Memicu Bau Badan