Mendidik Anak Laki-laki Ternyata Mudah Jika Membiasakan 10 Perilaku ini

Posted by with No comments
Mendidik anak laki-laki berbeda dengan mendidik anak perempuan. Anak laki-laki cenderung lebih kaku daripada anak perempuan. Banyak orang tua yang mengeluh susah mendidik anak laki-laki. Membentuk kedisiplinan memang butuh proses dan kesabaran. Semua bermula dari ‘tekad’ seorang ayah dan ibu untuk menerapkan kebiasaan yang baik dari rumah. Mendidik mulai dari kecil biasanya memang lebih mudah dan akan membekas hingga dewasa kelak. Mulai usia 0 hingga 5 tahun, sebagai orang tua harus punya kedisiplinan yang tinggi dalam menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik dari rumah. Berikut 10 Perilaku baik yang harus anda biasakan dalam mendidik anak laki-laki;



1. Kenalkan Tuhan

Mengenalkan anak pada Tuhan Yang Maha Esa adalah tugas utama kita sebagai orang tua. Tuhan, dimana tempat kita meminta dan berkeluh kesah. Jika anak-anak dewasa, mereka sudah tidak bersama dengan kita. barangkali nasihat kita akan diabaikan begitu saja. Oleh karena itu, mulai sejak dini anak-anak harus kita kenalkan ajaran tauhid. 

Anak akan mengenal Alloh dengan sifat-sifat Jalaliyah-Nya, dalam setiap suka dan duka anak-anak akan mengingat Alloh sebagai Tuhannya. Kehidupan yang mereka jalani akan berliku penuh onak dan duri, tiada pedoman yang abadi dan hakiki kecuali aturan Tuhan aturan syariat yang mengikat. pada tahap ini pula, anak-anak akan selalu memiliki karakter-karakter yang baik. 

2. Mengasah Rasa Sayang dalam kondisi apapun
Sebagai orang tua, rasa sayang harus kita tunjukkan saat kita dalam keadaan bahagia ataupun sedih. saat anak melakukan kesalahan ataupun tidak. jangan sampai anak-anak merasa tertekan jika mereka melakukan kesalahan. anak-anak memang selalu membuat ulah, anggap saja mereka kreatif dan kita harus tetap menunjukkan rasa sayang. 

3. Support anak 
Tidak semua anak memiliki kelebihan kemampuan kognitif, banyak orangtua yang menganggap bahwa anak pintar itu disayang mama. apakah mama tetap sayang jika anak tidak pintar? dukunglah selalu anak anda, di saat mereka mengenal sesuatu yang baru. 

4. Abaikan gadget, bermain bersama
Di era teknologi seperti sekarang, banyak sekali godaan yang mengintai orangtua. godaan gadget yang membuat anak merasa  dnomorduakan. sejenak, simpanlah gadget anda di saat bersama anak-anak. berikan waktu yang berkualitas dengan mereka. 

5. Tumbuhkan cinta pada keluarga
benih cinta harus kita tanamkan dari lingkungan keluarga. cinta pada adik, kakak, tetangga, tanaman, binatang peliharaan dan kecintaan kita pada lingkungan. di sini, anak laki-laki ketika dewasa kelak akan memiliki rasa cinta pada siapapun dan akan berdampak pada karakter..

6. Jadilah idola, favorit anak
Bukan lagi sponge bob, naruto,barbie atau tokoh kartun lainnya. tapi jadilah idola mereka. jadilah sosok yang spesial di hati anak-anak.

7. Jadilah tempat yang nyaman untuk bercerita
Luangkan waktu sebelum tidur untuk mendongeng bersama, bercerita, saling membacakan buku. pilih topik-topik yang menanamkan karakter, tokoh pahlawan yang berjasa atau cerita sejarah agama kita.

8. Ajarkan Kesabaran dan Ketegaran

dari point nomor 7, membacakan dongeng. sebenarnya banyak sekali manfaatnya. sejarah para tokoh pahlawan yang memiliki cerita heroik pasti selalu tersimpan kesabaran dan ketegaran para tokoh. orang tua juga harus menerapkan karakter ini dengan baik saat berinteraksi dengan anak-anak. sabar ketika anak berulah dan ajarkan ketegasan dalam mengambil keputusan. 

9. Jadilah ibu yang pemberani 

Seorang ibu selalu identik dengan lemah lembut. ibu perlu membiasakan tindakan keberanian. misalnya, berani ketika ada tikus, yang biasanya banyak yang takut atau jijik. atau hal-hal lain yang membuat anak akan meniru perilaku tersebut. 

10. Menghormati Orang Lain
bersikap sopan santun pada orang lain juga harus kita tanamkan pada anak-anak. menghormati orang yang lebih dewasa. contoh yang paling sederhana adalah sampaikan kata "permisi"jika melewati sekelompok orang dewasa. membiasakan mengucap salam dan salim (menjabat tangan). 

Persiapkan jagoan anda sejak dini, mempersiapkan segala karakter baik untuk menghadapi lika liku kehidupan yang akan datang, sebagai orangtua, kita tidak selamanya bersama mereka, mendampingi mereka, menegur bahkan ketika dewasa kelak, banyak keputusan yang harus dia putuskan sendiri. mendidik anak laki-laki makin mudah, jika anda membiasakan 10 perilaku diatas. Anak laki-laki adalah pemimpin keluarga, kelak mereka juga akan mewarisi karakter baik untuk anak-anak mereka. Ingin membuat sekolah TK? Baca Cara Membuat Sekolah TK


0 add comment:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.