Daun Kelor, Si Mungil Ajaib Penjernih Mata

Posted by
Daun Kelor adalah salah satu jenis dedaunan yang kerap dipakai campuran air untuk memandikan jenazah beberapa masyarakat di desa. Banyak mitos yang bertebaran tentang kelor apabila dikonsumsi. Karena katanya mengandung mistis. Benarkah demikian? Terlepas dari segala mitos. Daun kelor ternyata dikenal daun ajaib yang mengandung banyak manfaat. Bahkan kepopulerannya sudah sampai ke mancanegara. 

Daun kelor digunakan sebagai obat berbagai penyakit karena kandungan vitamin C dan A sangat tinggi dibanding sayuran lainnya. Manfaat daun kelor sangat banyak, untuk mengatasi diabetes, menyehatkan kulit, mengobati reumatik, mencegah kanker hingga menyehatkan mata. 

Daun Kelor untuk menjernihkan mata, memang bisa? Pertamakali saya mendapat informasi tersebut dari bapak. Dan, saat itu saya kaget karena baru tahu kalau daun kelor mengandung vitamin A. Nah, memang mata saya minus, makanya saya coba apa yang dibilang bapak. Caranya, daun kelor ditumbuk halus atau diremas remas beri tambahan air sedikit, saring dan teteskan pada kedua mata. 
Setelah saya coba, wow banget perihnya….perih bangeeet. Itu kalau dibuat tetes mata. 


Ini hasil perasan, cukup sedikit saja
Beda lagi kalau dimasak? Ehm, enak banget. Daun kelor bisa dimasak jadi sayur bening atau sayur bobor (biasanya pakai santan). 

Manfaat daun kelor dirasakan ibu-ibu di pedesaan karena biasanya pohon kelor ini mudah ditemukan di kebun mereka. Pohon kelor tumbuh dengan mudah dimana saja asalkan tingkat kesuburan tanah juga cocok. Mudah dipetik kapan saja. Daun kelor sudah popular di mancanegara, banyak peneliti yang berdecak kagum akan manfaat daun kelor termasuk menyehatkan mata karena kandungan vitamin A yang lebih banyak dibanding wortel.