Cara Membuat Sekolah TK

Posted by
Membuat sekolah PAUD/TK sebenarnya sangatlah mudah asalkan sudah siap lokasi, guru, siswa dan materi. Anda bisa memulai terlebih dahulu segala macam kegiatan seperti sekolah pada umumnya. Soal perijinan bisa diurus belakangan jika belum siap. Lokasi bisa anda gunakan tempat tinggal atau rumah pribadi dengan desain yang apa adanya. Karena siswa PAUD/TK tidak terlalu rumit tentang perlengkapan fasilitas. Anda hanya perlu mematangkan konsep atau keunggulan apa yang ingin anda tonjolkan dari sekolah rintisan anda. 

Selama satu tahun lebih saya berkecimpung di dunia pendidikan, terutama SD dan SMP sudah menjadi bekal bagaimana pola kerja sebuah lembaga pendidikan dibawah nauangan yayasan. Anda pun bisa melakukannya, karena secara legalitas sekolah akan diperhatikan pihak pemerintah. Kini, saya bersama kawan-kawan akan mendirikan PAUD/TK. Apa saja yang sudah kami persiapkan?


Nah, dalam postingan kali ini, saya akan memberikan informasi seputar prosedural membuat PAUD/TK. Pagi tadi kami melakukan rapat “finish” penentuan pengurus yayasan dan lembaga pendidikan,. Jadi secara operasional, masing-masing memiliki jobdesk yang berbeda.

Januari 2015, kami siap beroperasi membuka pendaftaran dengan konsep yang matang berbasis full day school. Sementara sudah ada 10 siswa yang mendaftar, semua berasal dari keluarga dan kawan terdekat. Anda yang punya rencana mendirikan PAUD/TK tidak perlu khawatir jika hendak memulai karena biasanya banyak sekali saudara kita yang memiliki anak. Itu saja anda targetkan. Berikut tahapan yang harus dilakukan jika anda hendak melegalkan sekolah PAUD/TK yang anda rintis. 

1. Foto copy akta notaris yayasan 

2. Foto copy Keterangan Domisili Usaha dari kelurahan 

3. Foto copy Rekomendasi dari RT dan RW setempat 

4. Foto copy Surat persetujuan warga, dilampirkan foto copy KTP masing-masing

5. Foto copy Surat Rekomendasi Lurah 

6. Foto copy Surat Rekomendasi Camat 

7. Foto copy Surat Dukungan dari 3 TK sekitar 

8. Foto copy surat rekomendasi dari UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Pada tahap ini, ada survey lokasi oleh pengawas TK. 

9. Foto copy surat kepemilikan tanah/surat kontrak bangunan 

10. Foto copy SK Kepala TK dan SK guru 

11. Data jumlah siswa 

12. Peta Lokasi 

13. Profile sekolah Setelah semua data lengkap, dijilid.

14. pengajuan permohonan ijin operasional TK kepada Kepala Dinas Kabupaten/Kota.

Saat ini, saya dan kawan-kawan masih pada posisi tahap dasar yaitu mendaftarkan yayasan ke akta notaris. Perkembangan selanjutnya, akan saya share di sini, selamat mendidik….

Untuk membangun kelembagaan yang profesional, kita butuh tim yang solid. Alhamdulillah kami mendapat dukungan dari lembaga infaq yaitu KAI (KOTAK AMAL INDONESIA) CABANG KEDIRI 

Informasi tambahan : 

Klik paudni.kemdikbud.go.id terkait informasi Persyaratan Mendirikan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tahun 2015,berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 84 tahun 2014 tentang Pendirian Satuan PAUD. Adapun satuan PAUD terdiri dari Taman Kanak-Kanak (TK), Taman Kanak-Kanak Luar Biasa (TKLB), Kelompok Bermain (KB), Tempat Penitipan Anak (TPA), dan Satuan PAUD Sejenis (SPS).

Blog seputar perkembangan siswa PAUD/TK, Model pembelajaran, Kurikulum, legalitas hingga hal-hal yang berkaitan dengan peningkatan kualitas guru akan saya share di  PAUDYTIKO