Awas Jantung Koroner? Lakukan Hal Ini untuk Mencegahnya

Posted by
Jantung adalah bagian tubuh yang memompa darah ke seluruh tubuh. Detakan jantung tidak akan berhenti ketika manusia masih hidup. Jantung merupakan inti dari kehidupan, oleh karenanya sayangi jantung anda. Dalam melakukan kegiatan sehari-hari, olahraga, bekerja bahkan tidur organ jantung adalah salah satu organ yang 24 jam nonstop bekerja, memompa darah keseluruh tubuh. 

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital dan penting, banyak dari kita yang sering melupakan bagaimana agar kesehatan jantung tetap terjaga dan sehat. Tentu kita sudah pernah mendengar tentang penyakit jantung seperti jantung koroner yang lebih dari satu dekade merupakan penyebab kematian tertinggi, baik untuk laki-laki maupun wanita. 



Penyakit ini bisa menyerang siapa saja , apalagi di zaman sekarang yang banyak sekali makanan yang tidak sehat dan gaya hidup sekarang yang jauh dari kata sehat. Setelah kita tahu bagaimana buruknya akibat tidak menjaga kesehatan jantung, bagaimana selanjutnya ? Tentu kita harus mulai lebih peduli pada kesehatan jantung kita . Dengan mengubah gaya hidup dan melakukan tips berikut. Berikut tips bagaimana menjaga jantung anda agar tetap sehat; 

1. Berhenti Merokok/Jangan merokok
Kita tahu bahwa rokok memiliki banyak sekali zat berbahaya yang tekandung di dalamnya. Perokok memiliki peluang sangat besar mendapat serangan jantung dibandingkan yang tidak memiliki kebiasaan merokok. Maka dari itu berhenti lah merokok dan menjauhlah dari asap rokok karna agar tidak menjadi perokok pasif.

2. Stop Alkohol
Jangan sekali-kali mengkonsumsi alkohol, karena alkohol dapat merusak otot jantung anda. Berhenti lah jika sudah terlanjur menkonsumsinya.

3. Membatasi Konsumsi Garam
Megkonsumsi garam berlebihan dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi,hal itu dapat memicu serangan jantung koroner. Mulai sekarang kurangi penggunaan garam pada menu masakan sehari-hari anda.

4. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur-sayuran
Buah dan Sayur-sayuran memiliki kandungan vitamin yang dibutuhkan jantung,seperti bayam dan buah alpukat. Mengkonsumsi buah dan sayur akan membantu membuat jantung anda tetap sehat.

5. Seringlah tertawa dan tersenyum
Terlalu memikirkan masalah dan stress dapat berpengaruh pada kesehatan jantung anda, usahakan membuat diri anda untuk tersenyum dan menikmati hari-hari. Bisa dengan menonton acara komedi atau lakukan hal yang membuat anda terhibur.

6. Melakukan Olahraga Teratur
Selalu aktif bergerak dapat memperkut organ jantung anda, anda bisa melakukan dengan lari kecil atau berjalan santai selama setengah jam atau lebih di pagi hari.

7. Meluangkan Waktu untuk Rekreasi
Anda bisa meluangkan waktu untuk berlibur di akhir pekan. Mengunjungi tempat wisata misalnya,berlibur bisa menyegarkan pikiran anda dan juga berdampak sangat baik pada kesehatan jantung dan menurunkan tingkat stres.

Nah, setelah mengetahui tips bagaimana agar menjaga jantung tetap sehat sekarang adalah waktu untuk menerapkankannya. Kesehatan sangatlah penting, jangan buat diri kita menyesal akan pentingnya kesehatan setelah sakit mengampiri ya ....