Boneka Horta, Ajak Anak Sayang Tanaman

Posted by
Pernah mendengar bonek horta? Atau sudah punya boneka horta? Boneka Horta adalah sebuah media tanam didesain boneka lucu yang disukai anak-anak. Media ini merupakan tahap awal pengenalan anak ke dunia pertanian terutama cara menanam hidroponik atau menggunakan media lain selain tanah.  Dalam proses perawatan boneka horta, anak-anak akan belajar disiplin menyirami tanaman, Boneka horta menjadi mainan baru yang edukatif, kreatif dan imajinatif. 


 Mengajari Anak Mencintai Tanaman

Nenek moyang kita dulu selalu bersemangat menanam meski mereka tidak  menikmati hasilnya justru generasi saat ini lah yang menikmati jerih payah mereka. Mengajari anak pada lingkungan dnegan mencintai tanaman adalah upaya untuk mempersiapkan generasi mendatang. Anda yang memiliki anak usia balita atau anak-anak, ajaklah anak anda mencintai tanaman. misalnya, menanam pohon buah yang bijinya bisa didapat dari buah yang dimakan sehari-hari. berilah jadwal untuk mengamati pertumbuhan tanaman sambil menyiram. 

Banyak sekali nilai-nilai positif jika kita sedini mungkin mengajak mereka mencintai tanaman. Tidak perlu muluk-muluk, bermula dari membersihkan halaman, menyirami tanaman, ajak anak mengenal tumbuhan sesekal sambil ngobrol dengan tumbuhan. karena tumbuhan juga makhluk hidup seperti manusia yang punya nyawa. 


Mencintai tanaman harus mulai ditumbuhkan dari lingkungan keluarga. Tantangan orang tua saat ini begitu berat karena harus bersaing dengan kecanggihan teknologi. Tidak ada salahnya jika anda, memulai dengan media yang satu ini untuk mengenalkan anak ke dunia pertanian. Selain itu, pencemaran yang berasal dari limbah kayu bisa berkurang karena media boneka horta menggunakan limbah kayu sekaligus dalam upaya mengurangi dampak kerusakan alam.