8 Cara Sederhana Membuat Mata Anda Makin Sehat dan Indah

Posted by
Mata merupakan salah satu panca indra yang sangat penting untuk manusia. Mata manusia memiliki cara kerja otomatis yang sempurna, mata dibentuk dengan 40 unsur utama yang berbeda dan ke semua bagian ini memiliki fungsi penting dalam proses melihat kerusakan atau ketiadaan salah satu fungsi bagiannya saja akan menjadikan mata mustahil dapat melih. Kita membaca menggunakan mata, melihat bahkan menilai sesuatu lewat mata. 

Apa yang sudah anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata anda sendiri . Dengan menjaga kesehatan mata tentu mata kita akan berfungsi dengan baik dan terhindar dari penyakit mata seperti miopi, rabun jauh bahkan katarak. Berikut kita rangkum Tips bagaimana menjaga kesehatan mata agar tetap sehat dan indah :


1. Konsumsi Makanan yang baik Untuk Mata
Usahakan memakan makanan yang sangat baik untuk kesehatan mata. Dalam hal ini, wortel merupakan jenis makanan yang paling baik untuk kesehatan mata, karena banyak mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. 

2. Jangan terlalu Dekat saat Membaca Buku
Perhatikan jarak saat anda membaca buku. Usahakan membaca buku pada jarak yang ideal. Jarak ideal yang dimaksud yaitu membaca buku pada jarak 30 cm dari buku ke mata. Hal ini untuk mencegah penyakit mata seperti miopi atau rabun dekat.

3. Atur Pencahayaan yang cukup
Penerangan yang sesuai dan cukup juga bisa mempengaruhi kinerja mata.Jangan menggunakan penerangan terlalu redup ketika belajar atau membaca, karena penerangan yang kurang dapat menganggu kesehatan mata.

4. Mengistirahatkan Mata. 
Istirahatkan mata ketika sudah terlalu lama di depan layar komputer atau laptop saat mengerjakan tugas atau aktivitas apapun di komputer atau laptop. Ini juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mata anda. Jadi lakukan istirahat beberapa menit saat bekerja dengan komputer.

5. Mengedipkan Mata
Jika anda melihat dengan fokus yang terlalu lama seperti saat bekerja dengan dengan komputer dan laptop ,maka usahakan mengedipkan mata dengan intensitas agak ditambah. 

6. Jangan Mengucek Mata
Saat kita kelilipan kita sering mengucek mata dengan tangan,namun usahakan tidak mengucek mata ketika tangan dalam keadaan kotor atau habis memegang sesuatu benda. Karena tangan yang kotor dapat menginfeksi organ mata yang akan berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata anda.

7. Hindari Membaca dengan Tiduran 
Biasanya kita sering membaca dengan tiduran di kamar atau sofa. Itu juga tidak baik dilakukan karena bisa mengganggu kesehatan mata.Usahakan tidak membaca buku atau teks apapun dalam kondisi sambil tiduran. Ini dapat membuat kesehatan mata terganggu seperti dapat terkena miopi.

8. Gunakan kaca mata saat berkendaraan
Saat kita berkendaraan terutama naik sepeda motor, banyak sekali polusi yang ada di jalanan. menggunakan kaca mata disinyalir bisa mengurangi resiko masuknya virus berbahaya dari polusi masuk ke mata. 

Kesehatan mata kita adalah tanggung jawab kita sendiri untuk merawatnya. Apabila malas atau teledor jangan menyesal saat penyakit atau gangguan mata menyerang . Lebih baik mencegah kan daripada mengobati.