Polisi Maksimalkan Tilang Elektronik, Pengguna Jalan Galakkan “Anti Macet”

Posted by with No comments

Jakarta? Macet oh macet! Berdasarkan indeks Castrol’s Magnatec Stop-Star, Jakarta dinobatkan sebagai kota paling macet di dunia. Kini sudah saatnya, memperkuat sinergitas antara pemerintah, kepolisian dan masyarakat (pengguna jalan). Harapan besar masyarakat Jakarta tentu menginginkan pemerintah fokus pada perbaikan angkutan umum yang nyaman dan aman supaya masyarakat beralih dari kendaraan pribadi. Dari tahun ke tahun, sudah banyak ide-ide mengalir untuk memecahkan kemacetan namun efektivitas jangka panjang rupanya masih jauh dari harapan.  

Hasil diklat suami di Kementrian Perhubungan

Sembari menunggu perbaikan sistem manajemen transportasi, angkutan umum, Institusi yang berwenang di ruang publik yakni polisi lalu lintas, harus konsisten terhadap solusi teknis yang pernah dicanangkan dan tegas jika ada pelanggaran. 

Pada HUT Lalu lintas ke 60 kali ini, kami berharap ditlantas fokus terhadap kelancaran program Tilang elektronik, memperbaiki kamera yang rusak, menyiapkan piranti lunak di titik lokasi di Jakarta yang dipasangi kamera tilang eletronik. Antara lain di Pancoran, Senen, Matraman, Blok M, Cempaka Putih, Grogol, Kuningan, Harmoni, Gunung Sahari, Pasar Rebo, Lebak Bulus, Trunojoyo, Prapanca, dan Dewi Sartika. Selain itu, melalui sosial media, polisi diharapkan makin gencar memberikan informasi terbaru kondisi lalu lintas.   

Yuk, Galakkan “Anti Macet”

Mengatasi kemacetan tidaklah mudah karena kemacetan merupakan masalah transportasi yang tidak dapat diselesaikan oleh pemerintah kota secara administratif. Sebagai pengguna jalan, yuk galakkan “anti macet” dengan ragam cara seperti:

Bergabung dengan komunitas Nebengers,

Memilih naik angkutan umum, jika jarak dekat bisa bersepeda atau jalan kaki. 

Kesadaran diri mengurai kemacetan perlu ditanamkan karena pengguna jalan juga punya andil dalam mewujudkan lalu lintas Jakarta yang nyaman. Selain itu, pasang aplikasi WAZE di android, aplikasi buatan Uri Levine ðařį Israel ini terdapat fitur KEMACETAN atau realtime traffict update. Pada peta langsung tampil warna merah bila rute tersebut macet. Dalam aplikasi ini ada laporan pasif yang secara otomatis mencatat pergerakan kendaraan kita. Serunya lagi, ada laporan aktif dari para user (disebut wazers) yang bisa melaporkan kondisi terkini di beberapa titik lokasi. Dengan cara ini pengguna jalan dapat memantau supaya tidak terjebak dalam kemacetan.  

Rute warna merah jika ada kemacetan


Rute warna hijau jika tidak ada kemacetan



0 add comment:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.