Orangtua Selingkuh? Ini Akibat Buruk yang Terjadi pada Anak

Posted by with No comments
Masa anak-anak adalah masa yang paling indah. Keceriaan dan wajah polosnya itu menyimpan kebahagiaan tersendiri bagi kedua orangtuanya. Namun, kebahagiaan itu terkoyak apabila ayah dan bundanya tidak memberikan sentuhan kasih sayang bahkan disibukkan dengan urusan masing-masing. Terlebih lagi, keceriaan mereka akan pudar jika salah satu orangtuanya terlibat perselingkuhan.

Berikut dampak buruk yang terjadi pada anak jika orangtuanya selingkuh;

Perasaan bersalah, hal ini bisa terjadi pada anak usia sekolah dan remaja. Mereka tidak faham apa yang terjadi pada orangtuanya. Hubungan yang tidak harmonis dan menegangkan. Anak-anak berfikir ketegangan itu dipicu dari kesalahan mereka.
Perasaaan malu, jika perselingkuhan orangtuanya banyak diperbincangkan di lingkungan sekolah atau keluarga besar. Anak merasa tidak nyaman di rumah sehingga mudah terbawa lingkungan sekitar yang bisa berakibat fatal seperti minum-minuman keras atau obat-obatan terlararng.
Penurunan self esteem, anak-anak merasa dirinya tidak berharga, anak mulai malas belajar sehingga prestasi belajar anak akan turun drastis karena tidak ada lagi motivasi dan pendampingan belajar,  
Depresi, dalam proses tumbuh kembangnya, anak membutuhkan kondisi keluarga harmonis. Perselingkungan orangtua bisa menimbulkan perilaku buruk pada anak.
Anak menjadi agresif, jika anak sudah mengalami tingkat frustasi terhadap kehidupan pribadi dan orangtua, anak akan menjadi agresif hingga dewasa kelak.
Anak sulit percaya pada orang lain, dampak buruk jangka panjangnya, anak memiliki kecemasan dalam berhubungan dengan orang lain terutama pada pasangan karena trauma dengan perselingkuhan orang tuanya.
Cara orangtua dalam meminimalisasi dampak buruk adalah dengan tidak melakukan hal itu di depan anak. Hindari pertengkaran dengan pasangan di hadapan anak. Jangan sampai anak menyaksikan luapan emosi itu. Meski tengah goncang, sampaikan ke anak bahwa ayah bunda masih sayang dan peduli pada anak.

Langkah terbaik bagi orangtua adalah memperbaiki hubungan keduanya, menyatukan kembali cinta yang tengah diuji kesetiaannnya, jadikan anak prioritas utama karena masa tumbuh kembang anak akan baik jika orangtuanya dalam kondisi harmonis. 

0 add comment:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.